Bantuan
Free Tele x

Obat Tradisional yang Ampuh Sembuhkan Cacar Air

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Aug 2022

Bagikan

Obat Tradisional yang Ampuh Sembuhkan Cacar Air

Apakah ada obat alternatif cacar air yang bisa Anda gunakan untuk membantu penyembuhan penyakit cacar air? Selain obat dari dokter, Anda dapat menggunakan rebusan daun neem atau mimba. Daun nimba menduduki puncak daftar obat herbal untuk cacar air dan penyakit kulit lainnya. Herbal lainnya yang bisa dijadikan obat cacar air adalah Allium cepa (bawang merah), Allium sativum (bawang putih), Curcuma longa (kunyit), dan Aloe vera (lidah buaya). 

Cacar air adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Gejala berkembang menjadi lenting berisi cairan yang dapat pecah yang terjadi di kulit kepala, wajah dan dada. Biasanya penyakit ini terjadi pada anak-anak tetapi juga dapat menyebabkan komplikasi serius pada remaja, dewasa, wanita hamil, bayi baru lahir dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Gejala dapat muncul antara 10-21 hari sejak terpapar virus.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa cacar air umum terjadi pada individu yang tidak kebal, dan belum divaksinasi, dapat tertular cacar air dengan mudah dengan menyentuh orang yang terinfeksi. Dan pastinya kita semua akan mencari cara untuk mendapatkan obat cacar air ini.

Baca juga: Efektifkah Vaksin Cacar Air untuk Mencegah Penularan?

 

Obat Cacar Air Tradisional yang Ada di Sekeliling Kita 

Pemanfaatan bahan-bahan yang ada di sekitar kita atau di rumah dapat diaplikasikan untuk obat cacar air yang ampuh. Berikut adalah beberapa obat alternatif yang ampuh untuk cacar air, mari kita ulas lagi obat tradisional tersebut, diantaranya: 

1. Daun Neem atau Mimba 

Melihat penjelasan diatas daun mimba atau neem ini adalah sejenis tumbuhan herbal yang menjadi salah satu obat cacar air. Cara penggunaannya adalah merebus sekitar 20 lembar daun mimba ini dengan setengah liter air sampai daunnya lembut dan berubah warna hijau. Saring simpan di dalam botol. Gunakan dengan cara membasahi kapas dengan cairan daun mimba tadi lalu dioles ke bagian lentingan dan lepuhan cacar air. Adapun cara lain adalah menggunakan daun mimba ini untuk mandi, ini cocok untuk obat cacar air pada anak. Cukup menyiapkan air hangat untuk mandi dan tambahkan daun mimba, rendam selama 10-15 menit, baru kemudian pergunakan untuk anak Anda berendam selama 10-15 menit. Gunakan cara ini sehari sekali.

2. Bawang Putih 

Salah satu bumbu dapur ini pasti selalu ada di dapur rumah kita, kita dapat memanfaatkannya untuk dijadikan obat cacar air. Cara mengobati menggunakan bawang putih ini bisa secara langsung dengan menghancurkan bawang putih dan oleskan ke bagian ruam cacar, atau dengan cara membuat minyak bawang putih sebagai berikut:

Bahan:  8 siung bawang putih segar dan 450ml minyak zaitun/olive oil.

  • siapkan 8 siung bawang putih segar dan hancurkan atau keprek

  • siapkan toples dengan tutup yang kedap udara dan masukkan bawang putih yang sudah hancur tadi, tutup rapat dan kocok beberapa kali untuk mencampur bawang dan minyaknya.

Cara penggunaannya dengan cara di oles ke bagian ruam cacar dengan membasahi kapas. Fungsinya sebagai penghilang cacar secara perlahan, bawang putih juga bermanfaat untuk menghilangkan panas selama menderita cacar. 

3. Bawang Merah

Dan ternyata si bawang merah ini pun masuk sebagai obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi kekhawatiran terhadap anak kita ketika menderita cacar air. Bawang merah yang terus hadir menemani kelengkapan bumbu dapur ini punya banyak khasiat, lalu apakah penggunaannya sebagai obat cacar air ini sama dengan bawang putih?

Ya, kita dapat menggunakannya secara langsung dengan cara ditumbuk halus, lalu oleskan perlahan pada bagian ruam cacar air. Hal ini dapat mengurangi rasa gatal pada bintik-bintik ruam dan untuk mempercepat penyembuhan.

Baca juga: Cara Menurunkan Panas Anak dengan Bawang Merah

4. Kunyit

Sama halnya dengan daun mimba, bawang putih dan bawang merah, kunyit juga menjadi salah satu obat cacar air tradisional. Anda bisa pakai ini dengan menggunakannya menjadi obat oles untuk menghilangkan bekas luka cacar air. Kandungan zat alami kurkumin, minyak atsiri dan mineral tanah dapat membantu meregenerasi kulit. Dengan cara tradisional yang mana kunyit diparut atau blender hingga halus lalu tempelkan tipis-tipis pada setiap bagian ruam cacar air pada anak Anda.

5. Baking Soda/Soda Kue

Bahan dapur ini biasanya ada di rumah kita, dapat membantu meringankan gejala gatal akibat cacar air. Soda kue dapat dijadikan obat cacar air dengan menggunakannya menjadi bahan campuran air untuk mandi. Cukup siapkan air hangat dan tambahkan soda kue ini secukupnya. Anda juga dapat menjadikannya sebagai obat oles, cara membuatnya cukup siapkan soda kue lalu tambahkan air secukupnya hingga larut menjadi kental seperti salep. Oleskan pada lenting dengan menggunakan kapas. 

6. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat dijadikan obat tradisional untuk menghilangkan bekas luka lepuh cacar air secara alami. Fungsi lidah buaya sebagai obat adalah dapat melembabkan kulit dan menghidrasi lapisan kulit. Cara menggunakannya cukup ambil bagian gel daun lidah buaya, lalu oleskan pada kulit. Lakukan 2-3 kali sehari secara teratur.

Baca juga: Lidah Buaya, Tanaman Hias Penuh Khasiat

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Guardian. 2017. Neem tops list of herbs for treating chicken pox. https://guardian.ng/features/neem-tops-list-of-herbs-for-treating-chicken-pox/. Diakses pada 2022

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang