Bantuan

Tanpa Perlu Batal, Ini Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa yang Mudah dan Efektif

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Apr 2022

Bagikan

cegukan

Cara mengatasi cegukan saat puasa merupakan suatu hal yang kerap dipertanyakan, terutama saat bulan Ramadhan menjelang. Hal ini penting, karena umumnya cegukan diatasi dengan cara minum air putih. Pada saat berpuasa, tentu cara yang satu ini tidak bisa dilakukan oleh umat Muslim, mengingat puasa mengharuskan kita untuk dapat menahan lapar dan dahaga selama seharian.

Lantas, bagaimana cara mengatasi cegukan saat puasa tersebut? Adakah cara lain yang dapat ditempuh? Tidak perlu khawatir, karena berikut ini akan dijelaskan beberapa cara mengatasi cegukan tanpa harus minum air putih dan membatalkan puasa. Namun sebelum itu, pahami dulu apa saja penyebab cegukan muncul saat seseorang berpuasa.

Penyebab Cegukan Ketika Berpuasa

Mengetahui penyebab cegukan saat berpuasa merupakan hal yang penting. Hal ini akan menjaga kita agar bisa mengantisipasi dan mencegah terjadinya cegukan saat berpuasa. Dengan itu, kita tidak perlu repot-repot mencari cara mengatasi cegukan saat puasa. 

Umumnya, cegukan terjadi ketika otot diafragma sedang mengalami kontraksi. Otot diafragma sendiri merupakan struktur yang terletak tepat di atas perut dan di bawah ulu hati. Adapun beberapa faktor yang dapat memicu kontraksi otot diafragma saat berpuasa adalah sebagai berikut.

  • Terburu-buru ketika makan dan minum ketika sahur.

  • Makan terlalu banyak ketika sahur.

  • Konsumsi minuman bersoda ketika sahur.

  • Perubahan emosi yang meledak-ledak, seperti cemas, stres, hingga semangat yang tidak stabil.

  • Perubahan suhu tubuh yang mendadak.

Semua hal tersebut dapat memengaruhi saraf penghubung diafragma dengan otak, hingga terjadi gangguan yang menyebabkan timbulnya cegukan. Meskipun dapat hilang dalam beberapa menit, masih banyak lagi kasus cegukan yang terjadi secara terus-menerus hingga terasa sangat mengganggu. Untuk itulah, simak ulasan cara mengatasi cegukan berikut ini, agar Anda tidak perlu membatalkan puasa di bulan Ramadhan.

Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa

Cegukan merupakan salah satu kondisi yang sangat mengganggu. Pada situasi biasanya, kita akan langsung minum air putih untuk mengatasi cegukan yang mengganggu tersebut. Adapun untuk di bulan Ramadhan dan saat sedang menjalani ibadah puasa, cara ini cenderung tidak dapat diandalkan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi cegukan saat puasa.

  1. Memijat lembut area ulu hati

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, cegukan sejatinya dipicu oleh otot diafragma yang mengalami kontraksi. Karena letaknya berada dekat dengan area ulu hati, maka cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk meredakan cegukan adalah dengan memijat area tersebut dengan lembut. Lakukan pijatan secara lembut dengan menggunakan ujung jari selama 20-30 detik. 

  1. Menekuk lutut ke dada

Cara mengatasi cegukan berikutnya yang dapat Anda lakukan tanpa harus membatalkan puasa adalah dengan menekuk lutut dan mengarahkannya ke dada sedekat mungkin. Dengan melakukan posisi ini, area diafragma akan tertekan hingga pada akhirnya udara di dalamnya akan dapat keluar. Pertahankan posisi ini hingga dua menit agar cegukan segera mereda.

  1. Menggunakan kantong kertas untuk bernapas

Selain dua cara di atas, Anda juga dapat bernapas di kantong kertas untuk menghentikan cegukan. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menghirup udara dalam-dalam, lalu menghembuskannya ke dalam kantong kertas. Untuk cara yang satu ini, kantong kertas tidak dapat digantikan dengan kantong plastik karena akan membahayakan mulut dan hidung.

  1. Menekan hidung lalu menelan

Untuk dapat mengatasi cegukan saat berpuasa, cara lainnya yang dapat Anda praktikkan adalah dengan menekan hidung sambil di saat bersamaan melakukan gerakan menelan. Cara ini penting untuk membantu otot diafragma yang kejang agar dapat menjadi rileks kembali.

  1. Menahan napas

Menahan napas adalah cara yang paling umum dilakukan karena cenderung lebih sederhana, praktis dan mudah dilakukan. Dalam hal ini, cobalah untuk menahan napas dalam 10 hitungan yang lambat. Setelah hitungan selesai, Anda dapat bernapas kembali dengan normal, lalu ulangi kembali tindakan menahan napas ini sebanyak 3-4 kali dalam 20 menit, hingga cegukan mereda. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi cegukan saat puasa. Dengan melakukan cara-cara di atas, Anda tidak perlu membatalkan ibadah puasa dan pada akhirnya bisa melanjutkan prosesi beribadah dengan nyaman sepanjang hari.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Takut Maag Kambuh? Ini Tips agar Tidak Maag Saat Puasa yang Bisa Anda Lakukan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Newman, Tim. 2017. How to cure hiccups. https://www.medicalnewstoday.com/articles/9896

MED-MASH.Ru. 4 Ways to Overcome Hiccups When You Are Fasting. https://med-mash.ru/healthy-tips/4-ways-to-overcome-hiccups-when-you-are-fasting-12223

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang