Lidah Buaya, Tanaman Hias Penuh Khasiat

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 May 2021

Bagikan

Lidah Buaya, Tanaman Hias Penuh Khasiat

Selain bentuk tanamannya yang unik sehingga menjadi salah satu tanaman hias populer, ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat kesehatan yang melimpah. Yuk, kenalan lebih dekat dengan tanaman ini!


Apa itu tanaman lidah buaya?

Tanaman lidah buaya, atau aloe vera, merupakan tanaman sukulen yang memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya untuk keperluan medis sejak zaman Mesir Kuno. Habitat asli tanaman ini ialah di daerah Afrika Utara, Eropa Selatan, serta Kepulauan Canaria. Pada masa kini, aloe vera tumbuh di berbagai daerah beriklim tropis di seluruh dunia. Berbagai khasiatnya yang menakjubkan di antaranya adalah mengatasi maag dan memperlambat penyebaran kanker payudara. Hingga saat ini berbagai penelitian terus berlanjut untuk mengeksplorasi khasiat lidah buaya yang melimpah. Berikut adalah beberapa manfaat tanaman lidah buaya yang patut disimak.


Mengurangi rasa sakit pada maag

Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2010 membuktikan bahwa mengonsumsi 1 hingga 3 ons gel lidah buaya pada jam makan siang dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease), yaitu sejenis penyakit sistem pencernaan yang menimbulkan maag. Lidah buaya merupakan tanaman yang aman untuk mengobati maag. 


Alternatif untuk obat kumur

Berdasarkan suatu penelitian di tahun 2014, ekstrak lidah buaya merupakan bahan yang aman dan efektif untuk dijadikan alternatif obat kumur kimia. Kandungan vitamin C dalam lidah buaya mampu mencegah pembentukan plak. Ekstrak lidah buaya juga memiliki manfaat untuk mengobati gusi yang berdarah atau bengkak.


Menurunkan kadar gula darah

Menurut jurnal Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok makan cairan lidah buaya tiap hari dapat menurunkan kadar gula darah secara drastis pada pasien pengidap diabetes tipe 2. Melihat manfaat ini, penelitian tentang manfaat lidah buaya untuk mengobati penyakit diabetes terus dikembangkan. 


Di sisi lain, perlu diperhatikan bahwa konsumsi cairan lidah buaya yang bersamaan dengan medikasi diabetes dapat menurunkan kadar gula darah menjadi terlalu rendah yang dapat membahayakan.


Perawatan kulit

Lidah buaya dapat digunakan untuk melembabkan serta membersihkan kulit wajah. Manfaat ini ada karena tanaman ini tumbuh di area yang kering dengan iklim yang tidak stabil, sehingga untuk bertahan hidup pada kondisi yang sulit ini, lidah buaya cenderung menyimpan banyak cadangan air pada daunnya. Dedaunan yang terisi air ini dapat dimanfaatkan sebagai pelembab kulit wajah serta peredam rasa sakit yang efektif apabila dikombinasikan dengan suatu zat dalam tanaman yang disebut dengan karbohidrat kompleks.


Zat laksatif alami

Tanaman lidah buaya memiliki efek laksatif. Sejumlah studi telah mengkaji manfaat tanaman ini untuk mengatasi masalah-masalah pencernaan. Akan tetapi, hasil yang didapatkan berbeda-beda.

Satu studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Nigeria terhadap tikus laboratorium membuktikan bahwa gel lidah buaya dapat mengatasi sembelit (konstipasi). Studi lainnya mengobservasi konsumsi ekstrak daun aloe vera, dan ditemukan bahwa terdapat pertumbuhan tumor pada usus besar di tubuh tikus laboratorium.

Oleh karena itu, konsumsi lidah buaya untuk mengatasi penyakit konstipasi disarankan dilakukan dalam jumlah yang sedikit. Dosis yang disarankan yaitu sejumlah 0,04 - 0,17 g cairan lidah buaya yang telah dikeringkan.

Apabila Anda mengidap penyakit Crohn, kolitis, atau hemoroid, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi lidah buaya, karena dapat menimbulkan kram perut dan diare yang parah. Apabila Anda sedang menjalani medikasi, konsumsi lidah buaya perlu dihentikan sementara, karena dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap obat-obat medikasi tersebut.


Lidah buaya memiliki banyaka kegunaan untuk kesehatan. Para peneliti terus mengembangkan penelitiannya untuk memanfaatkan lidah buaya dalam aspek kesehatan. Pastikan Anda konsultasi ke dokter apabila berencana untuk mengonsumsi lidah buaya sebagai pengobatan, terutama apabila Anda masih menjalankan medikasi.


Baca Juga: Kenali Manfaat Lidah Buaya


Referensi:

  1. https://www.healthline.com/health/7-amazing-uses-aloe-vera 

  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318591 

  3. https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-aloe-vera#1 

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi