Jangan Panik, Mari Kenali Tanda-Tanda Luka akan Sembuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Jangan Panik, Mari Kenali Tanda-Tanda Luka akan Sembuh

Pada setiap orang, tanda-tanda luka akan sembuh mungkin akan berbeda. Hal ini akan bergantung pada tingkat keparahan luka itu sendiri, perawatannya, dan lain sebagainya.

Meskipun begitu, setiap luka akan melalui beberapa tahap penyembuhan hingga akhirnya menunjukkan tanda-tanda luka akan sembuh. Lantas bagaimana tahap penyembuhan luka dan tanda-tanda luka akan sembuh tersebut? Simak terus penjelasan mengenai hal ini pada pembahasan berikut. 

Baca Juga: Begini Cara Membalut Luka Dengan Benar

Tahap-Tahap Penyembuhan Luka

  1. Hemostasis

Tahapan pertama dalam penyembuhan luka yaitu hemostasis atau proses penghentian perdarahan. Proses ini terjadi pada saat kulit mengalami luka atau berdarah, maka dalam beberapa menit sel darah akan berkumpul dan bergumpal.

Gumpalan darah ini berperan dalam mencegah darah keluar lebih banyak dan melindungi luka. Pada gumpalan darah ini terdapat trombosit dan juga fibrin yang akan membentuk jaring agar gumpalan darah tetap di tempatnya. 

  1. Inflamasi 

Tahapan selanjutnya dalam proses penyembuhan luka yaitu inflamasi atau proses peradangan. Proses ini terjadi pada saat gumpalan darah mengeluarkan zat kimia sehingga terjadi peradangan.

Oleh karena itu, pada saat Anda mengalami luka maka akan muncul kemerahan atau pembengkakan. Pada proses ini juga sel darah putih akan menuju luka dan melawan bakteri serta kuman agar tidak terjadi infeksi. Sel darah putih nantinya akan mengeluarkan suatu zat kimia yang bernama growth factors. 

  1. Proliferasi

Proliferasi merupakan proses pembangunan jaringan baru dalam proses penyembuhan luka. Proses ini terjadi setelah sel darah putih membersihkan luka dari bakteri, sehingga sel darah merah dapat membangun kembali jaringan yang rusak pada area luka.

Pada proses ini, tubuh mulai memproduksi kolagen yang berfungsi untuk menyangga jaringan yang sedang mengalami perbaikan. Pada proses ini, bekas luka yang awalnya kemerahan akan mulai memudar. 

  1. Maturasi

Tahapan terakhir dalam proses penyembuhan luka yaitu penguatan jaringan atau maturasi. Pada proses ini, bekas luka akan terlihat seperti tertarik yang merupakan cara yang dilakukan tubuh agar jaringan kulit yang baru benar-benar kuat. Penyembuhan total ini biasanya akan memakan waktu beberapa hari hingga tahun, tergantung dari keparahan luka yang dialami.

Baca Juga: Inilah Ciri Luka Infeksi yang Perlu Anda Ketahui!

Tanda-Tanda Luka Akan Sembuh

Apabila Anda mempertanyakan bagaimana tanda-tanda luka akan sembuh? Maka jawabannya secara singkat adalah sembuhnya luka akan ditandai dengan luka yang menutup atau merapat dengan sempurna. Adapun tanda-tanda luka akan sembuh lainnya adalah sebagai berikut.

  • Luka telah mengering dengan baik

  • Luka yang ada mulai tertutup oleh jaringan yang baru

  • Pada beberapa kesempatan, area sekitar luka akan mengalami rasa gatal. Hal ini sejatinya normal dan merupakan salah satu tanda luka akan sembuh.

  • Warna kemerahan pada area sekitar luka mulai memudar

Mengapa Luka Susah Sembuh?

Semakin cepat atau lamanya luka sembuh akan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, keturunan, hingga kondisi gizi dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Pada beberapa orang, proses penyembuhan luka akan memakan waktu yang cukup lama. Adapun beberapa alasan mengapa luka susah sembuh adalah sebagai berikut.

  • Stres

Tahukah Anda bahwa kondisi psikis juga dapat mempengaruhi kondisi fisik seseorang, termasuk berhubungan dengan lamanya penyembuhan luka. Dalam hal ini, stres yang diiringi pula dengan konsumsi alkohol, hilangnya nafsu makan, hingga kesulitan tidur, akan membuat luka susah sembuh. 

  • Tubuh Kekurangan Gizi

Status gizi seseorang akan mempengaruhi lamanya waktu yang diperlukan untuk penyembuhan luka. Dalam hal ini, apabila tubuh mengalami kekurangan nutrisi, terutama vitamin A, vitamin C, zinc, protein, dan zat besi, maka proses penyembuhan luka akan terhambat.

  • Aliran Darah Terhambat

Dalam proses penyembuhan luka, dibutuhkan oksigen yang dalam hal ini dibawa oleh darah. Apabila alirannya terhambat, maka darah tidak akan bisa mengantarkan oksigen ini sehingga menyebabkan proses penyembuhan luka terganggu. Aliran darah yang terhambat dapat disebabkan oleh adanya penyumbatan.

  • Infeksi

Apabila luka yang dialami terinfeksi, maka kemungkinan luka akan cepat sembuh menjadi lebih kecil. Dalam hal ini, luka yang terinfeksi akan semakin membesar sehingga dibutuhkan lebih lama lagi untuk pulih.

Itulah dia penjelasan mengenai tanda-tanda luka akan sembuh, dan beberapa hal yang dapat menjadi luka lama sembuh. Apabila luka Anda tidak kunjung sembuh dalam waktu yang cukup lama, bahkan mengalami perdarahan, maka segeralah kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cara Mengobati Luka Bakar

 

Sumber:

1. Wound Source. 2016. The Four Stages of Wound Healing

2. Lariccia, Lesa. 2020. 6 reasons why your wound won’t heal. 

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi