Bantuan
Free Tele x

Cara Menurunkan Panas Anak dengan Bawang Merah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Jul 2022

Bagikan

Cara Menurunkan Panas Anak dengan Bawang Merah

Apakah benar bawang merah bisa menurunkan panas saat anak demam? Bagaimana caranya agar demam cepat mereda? Ini cara alami untuk menurunkan panas saat demam.

Telah dilakukan sejak dulu, ini adalah cara menurunkan panas anak dengan bawang merah. Tahukah Anda bahwa mayoritas orang India akan membaluri anaknya yang mengalami demam dengan bawang merah? Bawang merah telah lama dipercaya dan digunakan untuk menurunkan suhu tubuh yang panas dan guna meredakan rasa sakit atau nyeri. 

Baca juga: Ibu Wajib Tahu! Ini Cara Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

 

Cara Menurunkan Panas Anak dengan Bawang Merah

Cara menurunkan panas anak dengan bawang merah salah satunya yakni dengan memotong satu siung bawang merah menjadi dua bagian. Kemudian, balurkan bawang merah tersebut pada telapak kaki sang anak. Anda dapat melakukan hal ini sebanyak dua kali sehari guna membantu menurunkan demam anak. Di bawah ini adalah cara menurunkan panas anak dengan bawang merah yang lainnya:

  1. Bawang merah dengan minyak

Salah satu cara menurunkan panas anak dengan bawang merah yakni dengan mencampurnya dengan minyak. Bawang merah dapat dijadikan obat demam anak, yakni dengan cara mencampurnya dengan minyak seperti kayu putih atau minyak telon. Anda dapat menyiapkan dua sampai tiga siung bawang merah, kemudian kupas kulit bawang merah tersebut. lalu, iris bawang merah namun tidak sampai terlalu tipis. Apabila sudah selesai, maka Anda dapat mencampurkannya ke dalam minyak yang sudah disiapkan. Anda harus pastikan bahwa minyak yang dicampurkan tidak terlalu banyak, sebab fungsi minyak disini hanyalah untuk memudahkan bawang merah dioleskan. 

  1. Mengoleskan minyak ketika anak tidur

Cara menurunkan panas anak dengan bawang merah selanjutnya yakni mengoleskannya ketika anak tertidur nyenyak. Bila Anda ingin mengoleskan bawang atau minyak bawang langsung, sebaiknya Anda melakukannya ketika anak terlelap. Sehingga, anak menjadi lebih nyaman dan juga tidak terganggu karena aroma bawang merah yang menyengat dan mendominasi. Akan tetapi, walau cara menurunkan panas anak dengan bawang merah dipercaya ampuh, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Bukan hanya itu menjaga keamanannya, namun juga untuk mencegah demam anak semakin parah. Terlebih lagi, bawang merah dapat menyebabkan kulit anak mengalami iritasi. Maka dari itu, jika ingin menerapkan cara menurunkan panas anak dengan bawang merah, Anda sebaiknya sudah melakukan konsultasi dengan dokter. 

  1. Oleskan ke badan anak secara langsung

Cara menurunkan panas anak dengan bawang merah yang berikutnya yaitu dengan secara langsung mengoleskannya ke badan anak. Anda juga dapat mengoleskan bawang merah ke beberapa bagian tubuh anak secara langsung. Akan tetapi, berbeda dengan cara yang sebelumnya, pada cara ini Anda tidak perlu mengiris bawang merah dengan halus. Anda hanya perlu membelah bawang merah menjadi dua bagian dan mengoleskannya ke tubuh si Kecil. Cara ini dapat Anda pilih bila anak terganggu dengan adanya efek minyak kayu putih atau minyak telon. Di mana mungkin anak merasa minyak terlalu panas di badannya. Bawang merah yang telah dipotong menjadi dua bagian, dapat dibalurkan pada beberapa area seperti punggung, telapak kaki, ubun-ubun, lipatan tangan, dan dada. Agar Anda dapat lebih mudah mengoleskannya, maka anak dapat diminta untuk melepaskan pakaiannya terlebih dulu. Jika sudah, maka Anda dapat membiarkan anak berbaring dengan nyaman sembari bawang merah dioleskan dengan baik. Anda harus pastikan bahwa minyak dioleskan dengan baik dan dipijat agar anak merasa lebih nyaman. 

 

Bawang Merah Sebagai Obat Penurun Demam

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa bawang merah bisa dijadikan obat penurun panas. Bawang merah bisa meredakan panas si kecil sebab adanya kandungan organosulfur. Kandungan tersebut mempunyai sifat anti jamur, anti bakteri, dan juga anti virus. Kandungan organosulfur dalam bawang merah juga sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional seperti demam, flu, batuk, dan pilek. Bawang merah juga mempunyai banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti zink, magnesium, folat, zat besi, dan fosfor.

Perlu Anda ingat untuk melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter mengenai bawang merah sebagai obat penurun panas. Jika anak mengalami iritasi atau efek samping lainnya setelah menggunakan bawang merah, maka segera temui dokter untuk mendapat penanganan cepat dan tepat. 

Baca juga: Rekomendasi Buah Penurun Panas yang Baik untuk Demam

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

https://www.healthline.com/health/cold-flu/onion-in-sock

https://www.medicalnewstoday.com/articles/320167

https://thejoyfilledmom.com/how-to-fight-a-fever-naturally-with-an-onion

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang