Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Batu Amandel Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Kenali Penyebab & Cara Menghilangkan Batu Amandel

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan batu amandel? Meskipun batu amandel bukanlah kondisi yang berbahaya, namun batu amandel ini dapat mengganggu penderitanya. Beberapa gejala yang muncul akibat batu amandel yaitu nyeri pada tenggorokan hingga bau tidak sedap. Oleh karena itu, kondisi ini perlu untuk segera ditangani. 

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan batu amandel tersebut? Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, Anda perlu terus mengikuti penjelasan di bawah ini. 

Penyebab Batu Amandel

Sebelum mengetahui cara menghilangkan batu amandel, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa penyebab batu amandel bisa muncul. Kondisi ini dapat terjadi karena berbagai kebiasaan buruk penderitanya seperti tidak menjaga kebersihan mulut dan kebiasaan merokok.

Mengapa kebiasaan tersebut bisa menyebabkan munculnya batu amandel? Hal ini karena amandel memiliki banyak celah. Sehingga, jika kebersihan mulut tidak terjaga, maka berbagai serpihan seperti sisa makanan akan masuk ke dalam celah tersebut. Lama-kelamaan celah tersebut akan penuh dengan serpihan dan mulai mengeras. Pengerasan berbagai serpihan inilah yang disebut dengan batu amandel. 

Cara Menghilangkan Batu Amandel

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat menghilangkan batu amandel, mulai dari cara yang alami hingga melalui tindakan medis. Lalu apa saja cara menghilangkan batu amandel tersebut? Mari simak penjelasan mengenai cara menghilangkan amandel di bawah ini.

  1. Berkumur Menggunakan Air Garam

Cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan batu amandel yang pertama yaitu dengan berkumur menggunakan air garam. Selain membantu mengeluarkan batu amandel, berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang pada tenggorokan. Tidak hanya itu, cara ini juga mampu menghilangkan bau tidak sedap yang disebabkan oleh batu amanel. 

  1. Berkumur Menggunakan Sari Cuka Apel

Selain menggunakan garam, Anda juga bisa berkumur menggunakan sari cuka apel. Hal ini karena, sari cuka apel akan membantu melonggarkan batu amandel sehingga lebih mudah untuk keluar. Untuk menggunakannya, Anda perlu melarutkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air hangat. Jika menginginkan hasil yang maksimal, sebaiknya berkumurlah sebanyak 3 kali dalam sehari.

Baca Juga: Membunuh Kuman Hingga Turunkan Berat Badan, Ketahui Manfaat Cuka Apel Berikut Ini

  1. Keluarkan Menggunakan Jari

Tahukah Anda, ternyata batu amandel bisa Anda keluarkan secara langsung menggunakan jari. Cara ini bisa Anda lakukan jika batu amandel dapat terlihat. Namun perlu diperhatikan. Pastikan Anda tidak mengeluarkan batu amandel menggunakan benda-benda tajam atau keras. Cara ini hanya akan menyebabkan terjadinya pendarahan dan juga infeksi. 

  1. Batuk dengan Sengaja

Anda juga bisa menghilangkan batu amandel dengan batuk sengaja. Hal ini karena, batuk akan memberikan tekanan sehingga batu amandel dapat keluar dengan sendirinya dari mulut. Oleh karena itu, cobalah batuk dengan sengaja jika memiliki batu amandel. Akan tetapi, jika batuk tidak berhasil mengeluarkan batu amandel, sebaiknya untuk tidak melakukannya berulang kali. Pasalnya, batuk yang berulang akan membuat tenggorokan menjadi sakit. 

  1. Operasi Laser Amandel

Selain dengan cara alami, ada juga cara medis yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan batu amandel. Salah  satu cara medis yang sering dilakukan yaitu melalui operasi laser amandel. Seperti dengan namanya, operasi ini akan dilakukan menggunakan laser untuk menghilangkan batu amandel. Jika dibandingkan dengan operasi amandel lainnya, maka operasi laser ini merupakan operasi dengan risiko yang terkecil. 

  1. Operasi Pengangkatan Amandel

Cara menghilangkan batu amandel yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu melalui operasi pengangkatan amandel atau tonsilektomi. Cara ini umumnya dilakukan ketika ukuran batu amandel terlalu besar dan terjadi peperangan yang parah sehingga menyebabkan penurunan kualitas hidup penderitanya. Namun untuk melakukan cara ini, dibutuhkan pertimbangan yang matang sehingga Anda perlu untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai penyebab dan cara menghilangkan batu amandel yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda tidak ingin mengalami kondisi ini, maka sebaiknya jagalah kebersihan mulut dengan rajin menyikat gigi. Hal yang sama juga perlu Anda lakukan, ketika batu amandel Anda telah hilang, agar batu amandel tidak muncul kembali.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Radang Amandel dan Perbedaannya dengan Radang Tenggorokan

 

Sumber:

1. Gotter, Ana. 2018. Tonsil Stones: What They Are and How to Get Rid of Them.

2. Villines, Zawn 2018. What you should know about tonsil stones.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi