Memahami Gejala Kolesterol Tinggi: Kadar Normal, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Aug 2021

Bagikan

Gejala Kolesterol Tinggi Beserta Penyebab & Cara Mencegahnya

Gejala kolesterol tinggi merupakan suatu hal yang perlu diwaspadai oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Hal ini karena kolesterol yang tinggi dapat membahayakan tubuh manusia, dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya.

Untuk itu, memahami gejala kolesterol tinggi mulai dari kadar normalnya, hal-hal yang menjadi penyebabnya, dan cara-cara untuk mencegahnya, merupakan hal terpenting yang tidak bisa dilewatkan. Untuk lebih jelasnya, simak terus seluk beluk mengenai gejala kolesterol tinggi di bawah ini.

Kapan Kadar Kolesterol Dikatakan Tinggi?

Untuk mempermudah pemahaman mengenai kadar normal kolesterol, Anda perlu mengetahui 2 jenis kolesterol, yakni high density lipoprotein (HDL) yang merupakan jenis kolesterol baik, dan low density lipoprotein (LDL) yang merupakan jenis kolesterol jahat.

Kolesterol baik (HDL) berfungsi untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat lemak (ateroma), sedangkan kolesterol jahat (LDL) dapat menyebabkan ateroma.

Mengenai kadar normalnya sendiri, Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa kadar normal HDL dalam tubuh adalah kurang dari 40 mg/dL untuk pria, dan kurang dari 50 mg/dL untuk wanita. Lebih dari 60 mg/dL, maka dapat dikatakan bahwa risiko terjadinya penyakit jantung lebih rendah.

Artinya, semakin tinggi kadar kolesterol HDL, maka akan semakin rendah risiko Anda terserang penyakit jantung. Adapun untuk kadar LDL, normalnya adalah di bawah 100 mg/dL. Angka ini merupakan kadar yang dapat ditoleransi tubuh.

Lebih dari 190 mg/dL, kadar kolesterol LDL dalam tubuh dapat dikatakan sangat tinggi dan oleh karenanya akan membahayakan kesehatan Anda. Secara keseluruhan, kadar normal nilai kolesterol total berada pada angka di bawah 200 mg/dL. Lebih dari itu, angka kolesterol total dalam tubuh dapat dikatakan tinggi.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan gejala kolesterol tinggi. Dalam hal ini, untuk dapat terhindar dari gejala kolesterol tinggi, Anda perlu menghindari beberapa hal di bawah ini:

  1. Sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, terutama yang mengandung lemak trans, dan makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti produk susu dan daging merah. 

  2. Obesitas. Memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih tinggi dari 30, akan meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

  3. Kurang berolahraga. Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

  4. Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.

  5. Umur. Seiring dengan meningkatnya umur seseorang, maka risiko gejala kolesterol tinggi akan semakin meningkat, karena ginjal Anda menjadi semakin berkurang kemampuannya dalam menyingkirkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik dalam Tubuh yang Harus Diketahui

Gejala Kolesterol Tinggi

Ketika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, seseorang akan terpapar pada beberapa risiko tertentu, seperti serangan jantung, atau stroke. Adapun gejala-gejala yang menyertai meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh diantaranya adalah:

  1. Nyeri dada

  2. Tekanan darah tinggi

  3. Pusing dan sakit kepala

  4. Mudah merasa lelah

  5. Otot menjadi lemah

  6. Impotensi

  7. Mati rasa pada kaki dan tangan

  8. Benjolan pada kulit (xanthoma)

Kenali gejala kolesterol tinggi di atas, dan segera lakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah begitu Anda merasakan gejala-gejala di atas. Jika memungkinkan, rutinlah memeriksakan kadar kolesterol dalam tubuh Anda, terutama jika Anda memiliki berat badan berlebih dan sering merokok.

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Mengingat risiko yang mungkin ditimbulkan dari tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, maka mencegahnya merupakan hal yang bijak untuk menjaga tubuh tetap sehat. Adapun cara-cara untuk mencegah kolesterol tinggi diantaranya adalah:

  1. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol berlebihan

  2. Diet untuk menurunkan berat badan

  3. Rutin berolahraga

  4. Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak

  5. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

  6. Kelola stres dengan baik

Itulah dia seluk beluk mengenai gejala kolesterol tinggi, termasuk kadar normal, penyebab, hingga cara mencegahnya. Pastikan Anda rutin memeriksakan kadar kolesterol tubuh Anda untuk menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Dapatkah Konsumsi Teh Mempengaruhi Kadar Kolesterol?

 

Sumber:

1. Direktorat P2PTM Kementerian Kesehatan. 2018. Berapa Nilai Kolesterol Total Anda?. 

2. Mayo Clinic. 2019. High Cholesterol-Symptoms and causes.

3. Cafasso, Jacquelyn. 2018. Symptoms of High Cholesterol.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi