Mengenal Lebih Jauh Mengenai Gula Darah Normal

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Aug 2021

Bagikan

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Kadar Gula Darah Normal

Penting bagi Anda untuk menjaga kadar gula darah normal, agar terhindar dari penyakit diabetes. Gula darah merupakan istilah yang digunakan pada tinggi rendahnya glukosa di dalam darah.

Kadar glukosa atau gula darah normal diperlukan sebagai sumber energi utama untuk sel-sel tubuh, yang dialirkan melalui darah. Untuk mencapai kadar gula darah normal di dalam tubuh, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, rendah karbohidrat dan rendah gula.

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai gula darah normal. Ada beberapa tips untuk menjaga kadar gula darah normal yang perlu Anda ketahui, diantaranya: 

Tips Menjaga Kadar Gula Darah Normal

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Bagi Anda yang sedang menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh, Anda bisa mengkonsumsi air putih yang cukup, menghindari minuman jus yang mengandung gula dan minuman beralkohol. Minum air putih delapan gelas sehari bisa menurunkan kandungan gula darah di dalam tubuh. 

  1. Memantau Gula Darah Dengan Cermat

Anda bisa menjaga kadar gula darah normal dengan memantau menggunakan monitor glukosa di rumah dan memeriksanya tiga kali sehari, karena kadar gula darah dengan tinggi hingga 200 mg/dL seringkali tidak menimbulkan gejala, sehingga penting bagi Anda untuk memeriksa gula darah secara rutin.

  1. Kurangi Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Menurut beberapa peneliti, makanan yang mengandung karbohidrat rendah dan protein tinggi bisa mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh. Karbohidrat di dalam tubuh bisa terpecah menjadi gula, yang kemudian menjadi sumber energi. Namun, bagi beberapa penderita diabetes, makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat bisa menyebabkan gula darah melonjak tinggi.

  1. Makanan Dengan Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik merupakan tolak ukur atau peringkat berbagai makanan berdasarkan tingkat pengaruhnya pada kenaikan gula darah. Program diet dengan indeks glikemik rendah bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan dengan indeks glikemik rendah ialah makanan dengan skor indeks glikemik di bawah 55, misalnya biji gandum, ubi jalar, susu rendah lemak, sayuran non-tepung, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, daging dan ikan.

  1. Banyak Mengkonsumsi Serat

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat bisa menjaga kandungan gula darah di dalam tubuh, karena serat bisa memperlambat laju karbohidrat yang rusak dan menyerap gula yang dihasilkan.

Terdapat 2 jenis serat, yaitu serat larut dan tidak larut. Serat larut merupakan jenis serat yang paling membantu dalam mengendalikan gula darah. Misalnya kacang merah, kacang hitam, buah pir, ubi jalar, alpukat, brokoli dan makanan lainya.

  1. Menjaga Berat Badan

Olahraga yang cukup bisa membantu seseorang menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan bisa meningkatkan resiko terkena diabetes dan resistensi insulin yang lebih besar. 

 Baca Juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? Berikut Ini Rekomendasi Menu Diet Keto Yang Bisa Dicoba

Grafik gula darah

Untuk menjaga gula darah normal, Anda bisa memantaunya dalam grafik gula darah yang dikeluarkan oleh dokter atau dengan memantau sendiri dirumah dengan menggunakan monitor glukosa.

Sebagian besar rencana perawatan diabetes, menggunakan grafik gula darah sebagai bahan untuk tes gula darah dan target penyembuhannya. Berikut beberapa target gula darah normal yang perlu Anda ketahui berdasarkan waktu pemeriksaannya:

  1. Sebelum Makan

Kadar gula darah normal sebelum makan untuk orang tanpa menderita diabetes adalah kurang dari 100 mg/dL, sedangkan orang yang menderita diabetes ditargetkan 80 hingga 130 mg/dL.

  1. Satu Sampai Dua Jam Setelah Makan

Kadar gula darah normal setelah 1 hingga 2 jam setelah makan untuk orang tanpa menderita diabetes adalah kurang dari 140 mg/dL, sedangkan orang yang menderita diabetes ditargetkan kurang dari 180 mg/dL.

  1. Selama Periode 3 Bulan

Dalam periode 3 bulan, kadar glukosa dalam darah bisa juga diperiksa dengan tes A1C. Kadar glukosa untuk orang tanpa menderita diabetes ialah 5,7%, sedangkan untuk orang yang menderita diabetes ditargetkan kurang dari 180 mg/dL atau 7%.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kadar gula darah normal dan tingkatanya, berdasarkan waktu pemeriksaan yang perlu Anda ketahui. Gula darah rendah sering dialami beberapa orang sebelum sarapan atau menjelang makan.

Sebaliknya, gula darah paling tinggi sering dialami beberapa jam setelah makan. Jika Anda memiliki kadar glukosa pada kisaran sangat rendah atau 50 hingga 90 dan diatas 160, segeralah hubungi dokter, agar bisa segera ditindaklanjuti.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Disebut dapat Menurunkan Gula Darah, Apa Itu Daun Insulin?

 

Sumber:

1. Huizen, Jennifer. (2019). What are the ideal blood sugar levels?

2. Single Care Team. (2021). What are normal blood glucose levels?

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi