Bantuan

Tidak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengobati Ambeien Luar yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Mar 2022

Bagikan

Tidak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengobati Ambeien Luar yang Bisa Anda Lakukan

Sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara mengobati ambeien luar? Ambeien atau wasir merupakan kondisi di mana terjadi pelebaran dan peradangan pada pembuluh vena yang terletak disekitar anus dan rektum. Ambeien juga dibedakan menjadi dua yaitu ambeien dalam dan ambeien luar. Dari kedua jenis tersebut, ambeien luar lah yang sering muncul dan menyebabkan rasa yang tidak nyaman. 

Ambeien luar itu sendiri merupakan kondisi di mana terdapat benjolan pada permukaan kulit di sekitar lubang anus. Benjolan yang muncul ini umumnya akan terasa perih, sakit gatal dan tidak nyaman. Bahkan dalam beberapa kasus, benjolan tersebut akan berdarah ketika buang air besar. 

Cara Mengobati Ambeien Luar 

Lantas bagaimana cara mengobati ambeien luar tersebut? Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati ambeien luar.

  1. Memperbanyak Konsumsi Serat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin mengobati ambeien luar yaitu memperbanyak konsumsi serat. Pasalnya, salah satu penyebab gangguan pada sistem pencernaan seperti ambeien luar yaitu kurangnya asupan serat. Ketika Anda mencukupi konsumsi serat, maka tinja akan menjadi lebih lunak sehingga anus tidak perlu bekerja dengan ekstra. Anda bisa mendapatkan asupan serat dari sayur-sayuran, buah-buahan hingga suplemen. 

  1. Jangan Menunda Buang Air Besar

Tahukah Anda, ternyata menunda-nunda buang air besar sangat berbahaya bagi penderita ambeien. Mungkin beberapa dari Anda melakukan hal ini karena berbagai alasan, namun sebaiknya hentikan sekarang juga. Pasalnya, menunda-nunda BAB dapat menyebabkan tinja akan terkumpul semakin banyak sehingga menyebabkan tekanan pada ambeien semakin besar. Oleh karena itu, penderita ambeien sebaiknya menjadwalkan waktu buang air besar dengan teratur. 

  1. Olahraga dengan Rutin

Cara mengobati ambeien luar yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan rutin berolahraga. Hal ini karena olahraga yang teratur akan membantu melancarkan buang air besar sehingga dapat menurunkan risiko ambeien luar. Tidak hanya itu, buang air besar yang lancar juga dapat membantu ambeien cepat sembuh. Anda bisa melakukan olahraga rutin selama 20 hingga 30 menit setiap harinya. Olahraga yang disarankan yaitu olahraga aerobik. 

  1. Berendam Air Hangat

Anda juga bisa merendam pinggul dan bokong menggunakan air hangat agar dapat meredakan keluhan pada ambeien seperti gatal dan iritasi. Caranya melakukannya cukup mudah yaitu dengan duduk di ember yang berisi air hangat sebatas pinggang. Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan lain seperti cuka apel dan garam epsom. Lakukan cara ini selama 20 menit setiap setelah buang air besar. Jika telah selesai berendam, pastikan Anda mengeringkan daerah anus dengan lembut. 

  1. Memperbanyak Konsumsi Air 

Kurangnya cairan tubuh merupakan salah satu penyebab ambeien luar dapat terjadi. Pasalnya, kekurangan cairan dapat menyebabkan tinja menjadi kering dan keras. Kondisi ini tentunya menyulitkan tinja keluar sehingga ketika buang air besar akan terasa menyakitkan. Oleh karena itu, untuk mengobati ambeien luar Anda perlu memperbanyak konsumsi air putih. Setidaknya Anda perlu mengonsumsi air sebanyak 8 gelas per harinya. 

  1. Mengenakan Pakaian Longgar

Ternyata pakaian yang Anda gunakan juga berpengaruh pada kondisi ambeien luar yang dialami. Oleh karena itu, Anda disarankan menggunakan pakaian yang berbahan katun dan juga longgar. Hal ini bertujuan untuk menjaga kulit anus tetap bersih dan kering sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan ambeien luar. 

  1. Mengoleskan Obat

Cara mengobati ambeien luar yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu mengoleskan obat untuk dapat mengurangi rasa sakit. Obat yang digunakan untuk mengobati ambeien luar ini berbentuk krim dan memiliki kandungan sesuai tujuannya. Biasanya krim yang digunakan untuk mengurangi rasa nyeri memiliki kandungan anestesi lokal. Selain itu, ada juga krim yang memiliki kandungan hidrokortison yang dapat meredakan peradangan. 

Nah, itulah beberapa cara mengobati ambeien luar yang bisa Anda lakukan. Perlu diperhatikan, jika telah terjadi pendarahan pada anus Anda harus segera mengunjungi dokter. Terlebih lagi jika disertai dengan gejala pusing dan pingsan, maka perlu pertolongan medis secepat mungkin. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mari Cari Tahu Penyebab Ambeien dan Cara Mencegahnya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mayo Clinic. 2021. Hemorrhoids. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/diagnosis-treatment/drc-20360280 

Gotter, Ana. 2017. 8 Home Remedies for Hemorrhoids. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hemorrhoids#otc-ointments

Johnson, Jon. 2020. Six home remedies for hemorrhoids. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317114

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang