Bantuan
Free Tele x

Mengenal Generasi X dan Ciri-cirinya yang Beragam

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jun 2022

Bagikan

Mengenal Generasi X dan Ciri-cirinya yang Beragam

Generasi X diapit oleh generasi baby boomer dan milenial, mereka lahir pada tahun 1965 sampai 1976 yang merupakan awal perkembangan teknologi serta informasi. Pada zaman itulah mulai digunakan personal computer atau PC, internet, video games, serta TV kabel. Generasi ini dapat beradaptasi dan juga menerima perubahan yang ada dengan cukup baik. Oleh karenanya, mereka yang lahir pada kurun waktu tersebut sering disebut sebagai generasi yang terbuka. 

Sedikit karakteristik dari generasi X adalah mandiri, banyak akal, lebih suka sesuatu yang tidak formal, lebih memiliki kemampuan dagang atau bisnis dibandingkan dengan generasi sebelumnya atau baby boomers. Bukan hanya itu, generasi X juga membutuhkan validasi secara emosional. Generasi ini mempunyai keseimbangan antara pekerjaan dan juga kehidupan pribadi, menyukai lingkungan kerja yang positif, menginginkan kebebasan untuk dapat berkembang, serta memanfaatkan kesempatan yang ada. 

 

Generasi X dan Ciri-cirinya

Generasi X dan ciri-cirinya yang perlu Anda ingat yakni mereka yang lahir pada tahun 1965 sampai 1976. Generasi X juga disebut sebagai generasi sandwich, yang mana berada antara dua generasi yang banyak dibicarakan. Generasi yang paling banyak dibicarakan tersebut yaitu generasi baby boomer dan generasi Y atau milenial. Di bawah ini adalah generasi X dan ciri-cirinya yang unik.

Baca juga:

1. Skeptis

Generasi X dan ciri-cirinya yang pertama adalah skeptis dan tidak mau terlibat dalam kegiatan, yang mereka nilai tidak menguntungkan seperti misalnya pemilu.

2. Work-life balance

Soal karier, generasi X tidaklah terlalu ambisius, namun mereka juga tidak akan menyepelekan pekerjaan. Generasi X berusaha untuk meluangkan waktu membahagiakan diri sendiri, meskipun sedang dalam situasi sibuk bekerja. 

3. Menunda memiliki anak atau menikah

Kebahagiaan atau kesuksesan dirinya sendiri menjadi fokus utama generasi X. Oleh karena itu, generasi ini segan untuk memiliki anak atau menikah. 

4. Memiliki banyak akal

Salah satu ciri-ciri generasi X lainnya yaitu keahliannya berdagang daripada generasi baby boomer. Hal ini karena generasi ini memiliki banyak akal serta memang menyukai hal informal.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa generasi X lahir pada pertengahan tahun 60. Dimana generasi X ini adalah angkatan kerja yang sangat mandiri serta memiliki keinginan untuk beradaptasi di lingkungan baru. Generasi X memiliki sifat mandiri karena kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu di rumah dari kecil. 

Bukan hanya menghabiskan waktu di rumah sendirian, ada juga dari mereka yang menghabiskan waktu di penitipan anak. Hal ini karena percepatan era industri yang menyebabkan orang tua generasi X ini, banyak menghabiskan waktu di tempat kerja. Di era ini juga para ibu banyak yang menjadi wanita karir. 

Generasi X yang diasuh dengan pola asuh tersebut menjadikan mereka lebih pesimis dan skeptis saat menghadapi tantangan. Akan tetapi, hal tersebut juga membuat mereka lebih toleran dan bersedia menerima berbagai perbedaan yang ada. Saat generasi X lahir, teknologi informasi mulai masuk, oleh karenanya mereka bisa berpikir dengan inovatif. 

Dengan ciri seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, generasi ini menyukai bekerja dengan cara cerdas yakni efisien. Baik itu dari segi waktu dan cara guna memperoleh hasil yang maksimal. Generasi ini juga menyukai struktur yang jelas, akan tetapi suasana lingkungan kerja informal dan tidak kaku. 

Selain itu, mereka juga memerlukan informasi yang berhubungan dengan manajemen perusahaan. Hal ini diperlukan karena generasi X lebih menginginkan kejelasan dalam jenjang karir. Mereka juga memiliki prinsip yang harus dihargai berdasarkan upaya atau produktivitas, bukan hanya dinilai dari jam kehadiran bekerja.

Selain generasi X, tentu ada generasi lainnya yakni generasi baby boomer yang lahir pada 1946 sampai 1964. Kemudian, setelah generasi X, ada generasi Y yang mana lahir pada 1977 sampai 1994, generasi Z yang lahir pada 1995 sampai 2010, dan generasi alpha yang lahir pada 2010 sampai 2025. 

Setiap generasi memiliki karakteristik, dimana hal tersebut biasanya dipengaruhi lingkungan. Tiap generasi mempunyai ciri khas yang berbeda, baik dari sisi bagaimana berinteraksi maupun cara belajar.

Baca juga: Mari Mengenal Lebih Jauh Generasi Alpha dan Cirinya

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

https://fourhooks.com/marketing/the-generation-guide-millennials-gen-x-y-z-and-baby-boomers-art5910718593/

https://www.inc.com/peter-economy/9-powerful-tips-for-communicating-better-with-millennials.html

https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-truisms-wellness/201602/baby-boomers-generation-z

http://socialmarketing.org/archives/generations-xy-z-and-the-others/

https://parent.binus.ac.id/wp-content/uploads/2018/11/Generasi-X-Y-Z.pdf

https://www.familysearch.org/en/blog/baby-boomer-generation-characteristics

https://parenting.firstcry.com/articles/generation-alpha-characteristics-and-parenting-tips/

Bagikan artikel ini