Bantuan

Apa Penyebab Anak Susah Makan? Berikut Ini Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Mar 2022

Bagikan

Anak susah makan

Sudahkah Anda tahu apa penyebab anak susah makan? Bagi seorang ibu, anak susah makan sering kali membuatnya merasa khawatir. Oleh karena ibu, mengetahui penyebabnya bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Perlu diingat, apabila Anda memiliki anak yang susah makan janganlah memaksanya untuk makan. Untuk mengatasi kondisi ini, sangat dibutuhkan kesabaran dari seorang ibu.

Penyebab Anak Susah Makan

Lalu apa yang penyebab anak susah makan tersebut? Berikut ini beberapa penyebab anak susah makan yang perlu Anda sebagai orang tua ketahui. 

  1. Terlalu Banyak Pilihan

Penyebab anak susah yang pertama, yaitu terlalu banyak pilihan makanan. Pasalnya, hal ini akan membuat anak menjadi bingung dengan pilihan makanan dan pada akhirnya memilih untuk tidak mau makan. Oleh karena itu, apabila Anda menyediakan banyak menu yang bisa dipilih oleh anak mulailah untuk menguranginya. 

  1. Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan juga bisa menjadi salah satu penyebab anak susah makan yang selanjutnya. Pasalnya, setelah sembuh dari suatu penyakit biasanya makanan akan terasa hambar. Oleh karena itu, apabila Anak mengalami kondisi seperti ini jangan memaksa dia untuk makan. Anda perlu memberi waktu kepada anak untuk pulih sepenuhnya hingga bisa merasakan rasa makan kembali. 

  1. Stres

Tahukah Anda ternyata stres bisa menjadi penyebab anak susah makan. pasalnya, stres bisa menyebabkan emosi negatif pada anak sehingga membuatnya kehilangan nafsu makan. Stres pada anak ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari kematian hewan peliharaan hingga kematian anggota keluarga. Tidak hanya itu,  bullying yang diterima anak juga bisa menjadi penyebab stres pada anak.

  1. Anemia

Anemia adalah kondisi di mana terjadi kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Susah makan yang  disebabkan anemia bisa ditandai dengan letih, lemas lesu, dan lunglai pada anak. Tidak hanya itu, anak juga akan menjadi lebih mudah rewel dan marah dari yang biasanya. Anda sebagai orang tua perlu mewaspadai kondisi ini karena dapat memengaruhi tumbuh kembang sang anak. 

  1. Konstipasi

Penyebab anak susah makan yang selanjutnya, yaitu konstipasi atau sulit buang air besar. Kondisi ini tidak hanya memengaruhi pencernaan anak, tetapi juga memengaruhi nafsu makan sang anak. Oleh karena itu, apabila anak susah makan dan tidak buang air besar hingga dua atau tiga hari berturut-turut bisa menjadi pertanda mengalami masalah pada sistem pencernaannya. 

  1. Alergi Makanan

Alergi makanan tertentu merupakan penyebab anak susah makan yang selanjutnya. Tanda-tanda anak mengalami alergi makanan tertentu bisa dilihat ketika anak menghindari beberapa makanan  tertentu. Apabila anak konsisten menghindari suatu jenis makanan tertentu, berarti sang anak terindikasi memiliki alergi. 

  1. Memilih Makanan Tertentu

Penyebab anak susah makan yang terakhir, yaitu memilih makanan tertentu. Hal ini umumnya terjadi pada balita yang baru bisa mengenal makanan padat. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua perlu sabar untuk memberikan anak waktu mengenal berbagai bentuk makanan mulai dari rasa, warna hingga teksturnya. 

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Setelah mengetahui apa penyebab anak susah makan, tentunya Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi anak susah makan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak susah makan. 

  • Buatlah jadwal makan yang teratur. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan anak terbiasa dan tahu apa yang harus dilakukan pada waktu-waktu tertentu. 

  • Berikan porsi makan yang kecil namun sering. Ketika susah makan dan diberi porsi besar, hanya akan membuat anak makan dalam porsi kecil. Oleh karena itu, lebih baik memberinya porsi kecil namun sering. 

  • Berikan makanan dengan tampilan yang menarik. Umumnya anak akan tertarik dengan sesuatu yang memiliki tampilan menarik. 

  • Hindari memberi anak minum ketika makan. Minum saat makan hanya akan membuat perut anak menjadi kembung sehingga enggan untuk menghabiskan makanannya. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab anak susah makan dan tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Perlu diingat lagi, ketika anak Anda susah makan, sebaiknya jangan dipaksa. Anda harus sabar dalam menghadapinya dan menerapkan strategi yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalah tersebut. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Jangan Biarkan Terbiasa, Ini Dampak Anak Main Gadget Secara Berlebihan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Family Doctor. 2019. When Your Toddler Doesn’t Want to Eat. https://familydoctor.org/when-your-toddler-doesnt-want-to-eat/

Gelner. 2019. WHY IS MY CHILD SUDDENLY NOT EATING?. https://healthcare.utah.edu/the-scope/shows.php?shows=0_xs2o10ra

Healthy Children. 2018. 10 Tips for Parents of Picky Eaters. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/toddler/nutrition/Pages/Picky-Eaters.aspx

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang