Bantuan

Mari Mengenal Manfaat Singing Bowl Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Jun 2022

Bagikan

Viral Karena Dipakai Pawang Hujan, Mari Mengenal Manfaat Singing Bowl Bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat singing bowl yang umumnya jarang diketahui oleh masyarakat luas bahkan bendanya cukup asing. Namun sejak kemunculannya dalam aksi pawang hujan, di Lombok saat acara MotoGP berlangsung, singing bowl memicu rasa penasaran, kira-kira apa saja manfaatnya? Mari cari tahu sejumlah manfaat singing bowl melalui ulasan berikut ini.

Baca juga: Benarkah Efek Radiasi HP Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh?



Apa Itu Singing Bowl?

Singing bowl merupakan salah satu jenis lonceng yang bisa menghasilkan suara ketika dibunyikan dengan cara dipukul atau dilingkari oleh palu. Bentuknya menyerupai mangkuk serta dilengkapi dengan pukulan untuk menghasilkan suara dan getaran (sering disebut untuk puja). Selain itu, singing bowl diyakini sebagai instrumen untuk proses relaksasi dan memberikan manfaat psikologis. 

 

Manfaat Singing Bowl

Singing bowl sebetulnya telah ada sejak ribuan tahun lalu tapi masih jarang diketahui manfaatnya. Singing bowl memiliki kapasitas untuk memindahkan energi dan mengembalikan pikiran, tubuh atau jiwa ke keadaan seimbang. Sementara itu, ada beberapa bukti ilmiah bahwa dalam frekuensi tertentu memiliki kemampuan untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Berikut manfaat singing bowl yang perlu Anda ketahui selengkapnya, di antaranya: 

1. Merangsang Gelombang Otak Tenang

Salah satu manfaat singing bowl adalah untuk merangsang gelombang otak tenang seperti alfa dan theta. Gelombang ini berkaitan dengan keadaan yang damai, dalam dan mediatif sehingga sangat kondusif untuk proses penyembuhan. Selain itu, gelombang suara singing bowl bisa memperlambat detak jantung dan pernapasan sehingga bisa menciptakan efek restoratif dan terapeutik.

Baca juga: Pahami Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan Berikut Ini

2. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Health Promotion pada tahun 2014, mendengarkan singing bowl selama 12 menit dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan detak jantung dibandingkan sebelumnya. Dengan begitu, jantung bisa menyuplai darah yang berisi oksigen ke seluruh tubuh dengan baik. 

3. Meredakan Stres

Manfaat singing bowl selanjutnya ialah untuk meredakan stres. Ini karena singing bowl bisa meningkatkan relaksasi dan mengurangi rasa cemas. Dengan relaksasi dan rasa cemas yang berkurang maka singing bowl bisa memperbaiki suasana hati dan mengurangi gejala depresi akibat banyak pikiran.

Baca juga: Redakan Stres di Alam Terbuka

4. Menyeimbangkan dan Menyelaraskan Tubuh

Menyeimbangkan dan menyelaraskan tubuh merupakan manfaat singing bowl yang tidak kalah penting. Jadi getaran singing bowl dapat menghasilkan perubahan yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti menyelaraskan sel-sel dan menjaga keseimbangan energi di dalam tubuh. Tidak hanya itu, singing bowl bisa Anda kombinasikan dengan pengobatan lainnya agar tubuh tetap sehat. 

 

Efek Samping Singing Bowl

Selain manfaat yang dimilikinya, singing bowl memiliki sejumlah efek samping. Sebagian besar jenis terapi alternatif dan suara memang memiliki risiko potensial. Berikut efek samping singing bowl, di antaranya:

1. Plasebo

Salah satu efek samping penggunaan singing bowl ialah plasebo. Namun jika Anda menggunakannya untuk sekedar bersantai maka efek plasebo tidak terlalu berpengaruh. Tapi jika Anda menggunakan singing bowl sebagai satu-satunya pengobatan untuk mengurangi tekanan darah, mengurangi depresi dan meningkatkan laju pernapasan maka dapat menimbulkan perasaan plasebo (pengobatan tidak nyata).

2. Pengobatan Efektif Jadi Berkurang

Jika Anda menelan mentah-mentah seputar manfaat singing bowl untuk mengobati berbagai penyakit maka bisa menghambat pengobatan efektif berlangsung. Sebab dalam beberapa kondisi medis, pasien harus mencoba beberapa pengobatan efektif yang direkomendasikan oleh dokter di samping menggunakan singing bowl. 

3. Sakit Kepala

Penggunaan singing bowl yang terlalu sering dan dalam jarak dekat dapat menimbulkan sakit kepala baik untuk diri sendiri maupun orang yang berada di dekat kita. Sehingga Anda perlu menggunakannya sesuai aturan, jangan terlalu sering karena efek suaranya cukup membuat kepala sakit. Jadi bukannya mengobati, justru menambah rasa sakit.

Baca juga: Sakit Kepala Hebat? Waspadai, Bisa Saja Itu Vertigo

Dalam psikologis, manfaat singing bowl diyakini dapat meredakan stres dan merangsang gelombang otak tenang sehingga cocok digunakan untuk relaksasi bagi Anda yang sedang banyak pikiran. Namun penggunaan singing bowl yang terlalu sering tidak direkomendasikan karena memiliki sejumlah efek samping seperti plasebo, pengobatan efektif jadi terhambat dan sakit kepala.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Tag :
Referensi

Hersh, Erica. Are Tibetan Singing Bowls Dangerous? 2020. Available at: https://www.healthline.com/health/dangers-of-singing-bowls (Accessed: 14 April 2022). 

Cherry, Kendra. What Is a Tibetan Singing Bowl? 2022. Available at: https://www.verywellmind.com/tibetan-singing-bowls-for-healing-89828 (Accessed: 14 April 2022).

Bagikan artikel ini