Bantuan
Bantuan

Bingung dengan Prosedur Perawatannya? Berikut Ini Seluk Beluk Fisioterapi di Rumah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Nov 2021

Bagikan

Bingung dengan Prosedur Perawatannya? Berikut Ini Seluk Beluk Fisioterapi di Rumah

Apakah Anda bingung bagaimana cara fisioterapi di rumah? Mungkin pada umumnya, fisioterapi dilakukan di rumah sakit, akan tetapi saat ini ada beberapa fasilitas kesehatan yang menyediakan fisioterapi di rumah. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu menghubungi fasilitas kesehatan yang menyediakan pelayanan fisioterapi di rumah.

Namun sebelum Anda menjalani fisioterapi di rumah, alangkah baiknya Anda juga tahu mengenai seluk beluk fisioterapi. Simak terus penjelasan mengenai seluk beluk fisioterapi di bawah ini.

Jenis perawatan fisioterapi

Fisioterapi merupakan suatu perawatan yang dilakukan agar dapat mengembalikan fungsi dan juga gerakan tubuh seseorang. Ada beberapa cara perawatan yang dilakukan dalam fisioterapi. Berikut ini beberapa jenis perawatan yang biasanya dilakukan.

  1. Terapi manual

Jenis perawatan fisioterapi yang pertama yaitu terapi manual. Dalam terapi manual ini, para ahli terapi fisik akan menggunakan teknik yang akan melenturkan sendi dengan cara memijatnya menggunakan tangan. Cara ini dapat membantu mengembalikan fungsi dan juga gerakan pada tubuh seseorang.

  1. Terapi magnetik

Jenis perawatan fisioterapi yang selanjutnya yaitu terapi magnetik. Seperti namanya, jenis perawatan yang satu ini menggunakan suatu alat, yaitu elektromagnet dengan berbagai ukuran dan jenis. Alat elektromagnet ini akan meredakan rasa sakit yang terasa di berbagai tubuh.

  1. Taping

Salah satu jenis perawatan fisioterapi yaitu tapping. Tapping itu sendiri merupakan plester elastis yang akan menyembuhkan bagian tubuh secara alami. Cara kerja dari taping yaitu dengan menyangga serta menstabilkan otot dan sendi tanpa membuat gerakan menjadi terbatas. Selain itu, taping juga dapat meningkatkan sirkulasi, meringankan rasa sakit dan mempercepat pemulihan.

  1. Stimulasi saraf transkutan listrik

Jenis perawatan fisioterapi yang satu ini menggunakan suatu alat kecil. Alat kecil tersebut akan digunakan untuk mengalirkan arus listrik tingkat rendah melalui elektroda yang ditaruh dipermukaan kulit. Alat ini dapat meredakan rasa sakit pada berbagai tubuh.

  1. Diathermy

Jenis perawatan fisioterapi yang terakhir yaitu diathermy. Diathermy itu sendiri merupakan jenis terapi yang memanfaatkan panas dengan mengalirkannya melalui arus elektromagnetik berfrekuensi tinggi. Jenis perawatan ini bertujuan untuk menyembuhkan berbagai kondisi.

Jenis fisioterapi berdasarkan pengobatannya

Selain jenis perawatan, jenis fisioterapi juga dapat dibedakan berdasarkan sasaran pengobatannya. Hal ini karena, setiap sasaran pengobatan akan mendapatkan manfaat yang berbeda-beda. Apa saja jenis fisioterapi tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Fisioterapi Anak

Seperti namanya, fisioterapi yang satu ini bertujuan untuk membantu serta mengobati anak dan remaja yang memiliki beragam permasalahan fisik. Pada umumnya, terapi ini dilakukan pada anak-anak yang mengalami kesulitan menggerakan bagian tubuh. Dengan fisioterapi, makan dapat memaksimalkan perkembangan fisik, dan kemampuan bersosialisasi serta kemampuan anak untuk bermain.

  1. Fisioterapi Neurologis

Jenis fisioterapi yang selanjutnya yaitu fisioterapi neurologis. Fisioterapi yang satu ini dilakukan pada orang yang mengalami gangguan saraf atau neurologis. Beberapa contoh gangguan saraf yaitu, parkinson, alzheimer, stroke dan juga cedera tulang belakang. Stroke merupakan penyakit yang paling sering menggunakan fisioterapi.

  1. Fisioterapi Ortopedi

Jenis fisioterapi yang terakhir yaitu fisioterapi ortopedi. Fisioterapi ortopedi akan membantu mengendalikan, mengobati serta mendiagnosis gangguan serta cedera pada sistem muskuloskeletal. Tidak hanya itu, fisioterapi ortopedi juga dapat membantu proses penyembuhan setelah menjalani operasi ortopedi atau tulang.

Prosedur Fisioterapi

Selama fisioterapi berjalan, ada beberapa prosedur yang akan dilakukan oleh fisioterapis. Berikut ini beberapa prosedur fisioterapi yang akan dilakukan.

  • Edukasi. Fisioterapis akan memberikan berbagai saran secara menyeluruh mengenai hal-hal yang akan berpengaruh pada aktivitas keseharian Anda, seperti mengontrol berat badan dan melakukan olahraga rutin.

  • Latihan. Anda akan disarankan untuk melakukan beberapa aktivitas fisik untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Gerakan yang diberikan sudah disesuaikan dengan kondisi fisik Anda.

  • Terapi. Anda juga akan mendapatkan terapi manual agar membantu memperkuat bagian-bagian tubuh tertentu.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai seluk beluk fisioterapi. Apabila Anda ingin melakukan fisioterapi di rumah, cukup hubungi fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan fisoterapi di rumah. Setelah itu mereka akan datang dan menangani berbagai keluhan Anda.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Fisioterapi pada Kasus Cedera Ligamen Krusiatum Posterior (PCL)

 

Sumber:

Physiotherapy (2018) 

Sahi, Akshima. Physiotherapy Types (2018)

Tag :
Bagikan artikel ini