Sakit Kepala Hebat? Waspadai, Bisa Saja Itu Vertigo

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 03 Jan 2022

Bagikan

Sakit Kepala Hebat? Waspadai, Bisa Saja Itu Vertigo

Vertigo merupakan salah satu gejala penyakit yang jarang disadari oleh penderitanya. Mereka kerap menganggap gejala pusing yang dialaminya sebagai penyakit pusing biasa dan tidak mencoba mencari pengobatan yang tepat. Tahukah Anda apa saja penyebab vertigo dan cara mengobatinya? Mari cari tahu beberapa penyebab dan cara mengobati vertigo di sini.

Baca Juga: Pusing Tidak Tertahankan, Ini Obat Vertigo yang Bisa Anda Coba

Apa Itu Vertigo?

Vertigo merupakan suatu penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami pusing seperti berputar dan sering muncul secara tiba-tiba. Seseorang yang mengalami vertigo dikhawatirkan akan terjatuh saat berdiri ataupun berjalan. Maka dari itu penting bagi mereka yang sedang mengalami vertigo untuk beristirahat terlebih dahulu. Terlebih serangan vertigo pada tahap serius bisa menyebabkan sakit kepala yang begitu hebat sehingga tidak memungkinkan untuk menjalankan aktivitas secara normal.

Penyebab Vertigo

Sakit vertigo berbeda dengan sakit kepala biasa karena sakit vertigo bisa membuat penderitanya merasa kliyengan, mual, lemas, dan ingin pingsan. Sementara sakit kepala biasa hanya menimbulkan sensasi kepala berdenyut-denyut dan kepala terasa seperti diikat. Penyebab penyakit vertigo tentunya berbeda dengan penyebab penyakit kepala biasa. Berikut beberapa penyebab vertigo yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1. Benign Paroximal Positional Vertigo (BPPV)

Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) merupakan penyakit biasa yang dialami oleh kepala karena posisi tertentu. Misalnya karena memiringkan kepala terlalu ke bawah atau ke atas, sehingga kondisi ini jarang berakibat serius. Hanya saja penderitanya akan mengalami gejala pusing dengan sensasi berputar atau vertigo, kehilangan keseimbangan, dan mual. Penyakit Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) merupakan penyebab paling umum seseorang mengalami vertigo.

  1. Labirinitis

Labirinitis merupakan infeksi telinga bagian dalam yang menyebabkan saluran bagian dalam telinga mengalami peradangan dan berpengaruh pada pendengaran penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang mampu mengganggu fungsi saraf dalam menjaga keseimbangan tubuh. Penyakit labirinitis merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami vertigo karena penyakit labirinitis selain menyebabkan kehilangan pendengaran juga menimbulkan vertigo (sensasi pusing berputar) yang disertai dengan mual.

  1. Penyakit Menierre

Vertigo merupakan salah satu gejala penyakit yang biasanya disebabkan oleh penyakit yang menyerang pendengaran atau karena posisi kepala yang tidak benar. Salah satu penyakit yang menimbulkan vertigo adalah penyakit menierre. Penyakit menierre merupakan kelainan yang terjadi pada telinga bagian dalam dan menimbulkan beberapa gejala seperti vertigo, telinga berdenging, tekanan pada bagian dalam telinga, dan tuli yang hilang timbul.

Baca Juga: Tepat Atasi Vertigo dan Gejala Pusing

Cara Mengatasi Vertigo

Vertigo merupakan suatu gejala penyakit yang masih bisa di atasi dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu atau melalui terapi medis. Berikut beberapa cara mengatasi vertigo yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  • Melalui Obat

Seseorang yang mengalami gejala penyakit vertigo biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi obat antibiotik untuk mengurangi nyeri kepala atau obat steroid untuk mengobati peradangan dan infeksi. Sebelum mengonsumsi obat ini sebaiknya Anda konsultasikan lebih dulu dengan dokter agar tidak melebihi dosis yang ditentukan.

  • Manuver Reposisi Kanalith

Cara mengatasi vertigo yang bisa Anda coba selanjutnya adalah maneuver reposisi kanalith. Cara ini dilakukan jika penyebab vertigo adalah Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV). Sebuah maneuver diperlukan pada BPPV agar deposit kalsium keluar dari kanal telinga Anda, sehingga telinga bisa kembali bersih.

  • Rehabilitasi Vestibular 

Rehabilitasi vestibular merupakan terapi yang bertujuan untuk memperkuat sistem vestibular yang memiliki fungsi untuk mengirim sinyal gerakan tubuh ke otak. Rehabilitasi vestibular cukup efektif dilakukan pada penderita yang sering mengalami vertigo. Tujuan lain dari terapi vestibular ialah melatih respon tubuh terhadap perubahan posisi kepala.

Vertigo merupakan suatu gejala yang disebabkan karena adanya beberapa kondisi tertentu. Melalui pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui beberapa penyakit yang menimbulkan gejala vertigo atau pusing berputar. Dalam beberapa kondisi vertigo bisa hilang dengan sendirinya, namun dalam kondisi serius vertigo bisa menandakan adanya penyakit dalam tubuh Anda, sehingga bagi Anda yang mengalami gejala vertigo dan beberapa gejala lainnya, Anda perlu berhati-hati. Jika Anda mengalami beberapa gejala penyakit di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Umum sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Referensi
  1. NHS Inform: Vertigo. 2021. 
  2. Metzger K Geri. Vertigo. 
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Umum sekarang!

Pesan Konsultasi