Mari Cari Tahu Penyebab Asam Lambung Naik Untuk Langkah Pencegahan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Penyebab Asam Lambung Naik Untuk Langkah Pencegahan

Sudahkah Anda tahu apa saja penyebab asam lambung naik? Asam lambung naik merupakan kondisi ketika asam lambung yang seharusnya berada di lambung malah naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami gejala berupa sensasi terbakar di dada, mual dan muntah, bau mulut, serta rasa pahit di dalam mulut.

Akan tetapi apa sebenarnya yang menyebabkan asam lambung dapat naik ke tenggorokan? Untuk mengetahui lebih lanjut, maka simak terus penjelasan di bawah ini. 

Penyebab Asam Lambung Naik

Pada dasarnya, penyebab asam lambung naik yaitu produksi hormon gastrin yang berlebihan. Hormon gastrin itu sendiri berfungsi dalam menstimulasi lambung untuk memproduksi asam lambung. Oleh karena itu, hormon gastrin dapat menyebabkan produksi asam lambung berlebih dan naik ke tenggorokan. Berikut ini ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi.

  1. Kelebihan Berat Badan

Penyebab naiknya asam lambung ke kerongkongan yang pertama yaitu obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini karena, kelebihan berat badan dapat menyebabkan lemak yang ada di perut akan menekan area perut sehingga meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Tidak hanya itu, bahkan jika Anda memiliki penyakit asam lambung lainnya, maka gejala yang ditimbulkan  akan semakin buruk. 

  1. Jadwal Makan Tidak Teratur

Ternyata, jadwal makan yang tidak teratur juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Jadwal makan yang paling berpengaruh yaitu jam makan malam. Hal ini karena ketika Anda usai makan, maka tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makan. Ketika Anda makan lalu langsung tidur, maka tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk makan malam 2 jam sebelum Anda tidur. 

  1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Penyebab asam lambung naik yang selanjutnya yaitu karena gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa gaya hidup yang tidak sehat yaitu kebiasan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi minuman berkafein dan lainnya. Beberapa kebiasaan tersebut dapat memicu naiknya asam lambung. Jadi, jika tidak ingin mengalami asam lambung naik, mulailah untuk menghentikan gaya hidup tidak sehat tersebut.

Baca Juga: Cara Memulai Pola Hidup Sehat dan Manfaatnya

  1. Mengonsumsi Makanan Pedas dan Asam

Tahukah Anda, ternyata makanan yang Anda konsumsi juga bisa mempengaruhi naiknya asam lambung. Beberapa contoh makanan pemicu asam lambung yaitu makanan pedas dan asam. Hal ini karena beberapa makanan pedas memiliki kandungan lemak, minyak dan juga cabai yang dapat menstimulasi produksi asam lambung. Selain makanan pedas, ada beberapa makanan asam juga yang dapat menyebabkan asam lambung naik. Beberapa makanan diantaranya yaitu tomat, jeruk, jeruk bali, dan lemon. 

  1. Kerusakan Sfingter Esofagus

Penyebab asam naik yang selanjutnya yaitu karena kerusakan sfingter esofagus. Sfingter esofagus itu sendiri merupakan otot bagian bawah kerongkongan yang berfungsi sebagai gerbang lambung. Ketika otot ini tidak dapat bekerja maksimal karena sudah terlalu lemah atau kendur, maka gerbang tidak dapat tertutup dengan sempurna. Kondisi inilah yang membuat asam lambung yang seharusnya di lambung dapat naik hingga ke kerongkongan. 

  1. Efek Samping Obat-Obatan

Tahukah Anda, ternyata asam lambung yang naik ke tenggorokan juga dapat disebabkan oleh efek samping obat-obatan. Beberapa obat yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung yaitu obat antiinflamasi nonsteroid. Bahkan obat asam lambung H2 blocker yang seharusnya digunakan untuk mengatasi asam lambung justru dapat memicu asam lambung naik ke tenggorokan.

  1. Penyakit Ginjal Kronis

Penyebab asam lambung naik yang terakhir yaitu karena penyakit ginjal kronis. Hal ini karena, ketika ginjal mengalami gangguan maka fungsinya tidak dapat berjalan dengan normal. Kondisi ini berpotensi tidak dapat membersihkan hormon gastrik dengan baik. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan peningkatan kadar gastrin dan menghasilkan lebih banyak asam lambung. 

Nah itulah dia beberapa penyebab asam lambung dapat naik ke tenggorokan. Jika Anda tidak ingin mengalaminya, sebisa mungkin untuk menghindari beberapa penyebab naiknya asam lambung tersebut. Apabila Anda mengalami gejala asam lambung, segeralah untuk mengatasinya agar tidak menjadi penyakit yang lebih buruk.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Gejala Asam Lambung Naik Yang Wajib Anda Ketahui

 

Sumber:

1. Stuart, Annie. 2020. What Is Acid Reflux Disease?.

2. Schulman, Jill Seladi. 2020. What to Know About High Stomach Acid.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi