Bantuan
Bantuan

Gejala Asam Lambung Naik Yang Wajib Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Gejala Asam Lambung Naik Yang Wajib Anda Ketahui

Sudahkah Anda tahu apa saja gejala asam lambung saat naik ke tenggorokan? Mungkin banyak dari Anda yang masih belum mengetahui apa saja gejala asam lambung naik ke tenggorokan. Padahal, gejala asam lambung yang dibiarkan dan disepelekan dapat menyebabkan terjadinya berbagai gangguan kesehatan jika terjadi secara berulang dan jangka waktu yang lama.

Ada berbagai macam penyebab naiknya asam lambung mulai dari makan terlalu cepat, gaya hidup tidak sehat, berat badan berlebih, Merokok dan kafein serta masih banyak lagi. Ketika asam lambung yang seharusnya bekerja di lambung naik hingga ke tenggorokan, maka dapat menimbulkan berbagai gejala yang akan Anda rasakan. Lantas apa saja gejala asam lambung yang wajib diketahui tersebut? Simak terus penjelasan mengenai gejala asam lambung di bawah ini.

  1. Heartburn atau Sensasi Terbakar

Gejala asam lambung yang wajib Anda ketahui pertama yaitu sensasi terbakar atau heartburn. Ketika asam lambung naik ke tenggorokan, maka Anda akan merasakan sensasi terbakar yang dimulai dari bagian perut atas. Sensasi ini kemudian akan  menyebar  ke dada, punggung bahkan leher. Kondisi ini akan semakin parah ketika Anda berbaring, membungkuk maupun setelah makan. Apabila gejala asam lambung yang satu ini tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan GERD.

  1. Mulut Terasa Asam

Gejala asam lambung naik yang selanjutnya yaitu mulut terasa asam. Kondisi ini dapat terjadi karena otot bukaan antara perut dan kerongkongan tidak menutup dengan sempurna setelah makan. Kondisi ini dapat menyebabkan asam lambung dan makanan dapat kembali naik ke kerongkongan  sehingga Anda akan merasakan asam di mulut. Untuk mengatasi kondisi ini, cukup dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat. 

  1. Sulit Menelan

Gejala asam lambung naik yang selanjutnya yaitu sulit menelan atau dalam dunia medis disebut disfagia. Disfagia itu sendiri merupakan suatu kondisi di mana, Anda membutuhkan waktu dan usaha yang lebih untuk dapat menurunkan makanan ke lambung. Kondisi ini disebabkan oleh kerongkongan yang luka dan iritasi karena asam lambung. Luka ini akan menyebabkan saluran pencernaan menjadi sempit sehingga Anda pun menjadi sulit menelan.

Baca Juga: Beberapa Pilihan Jenis Obat Asam Lambung Di Apotek 

  1. Suara Serak dan Sakit Tenggorokan

Saat asam lambung naik, maka dapat menyebabkan munculnya gejala berupa serak dan sakit tenggorokan. Kondisi ini disebabkan karena asam lambung yang naik ke tenggorokan akan membuat pita suara mengalami iritasi sehingga suara menjadi serak. Selain itu, bagi penderita GERD, asam lambung yang naik dapat menimbulkan tekanan pada bagian belakang kerongkongan. Apabila tidak segera diatasi, kondisi ini akan menyebabkan kerongkongan menjadi rusak 

  1. Panas Pada Kerongkongan

Ternyata sensasi terbakar atau panas tidak hanya dirasakan pada perut dan dada, namun juga pada kerongkongan. Pasalnya, naiknya asam lambung akan membuat lapisan kerongkongan menjadi rusak. Kerusakan ini dapat menyebabkan munculnya sensasi panas dan rasa nyeri. Apabila kondisi ini dibiarkan, maka akan menyebabkan terjadinya peradangan yang membuat kerongkongan mengalami luka seperti borok.  

  1. Sendawa

Sendawa adalah reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan udara yang berlebih di dalam saluran pencernaan. Akan tetapi, sendawa yang terjadi berulang kali atau lebih dari dua kali dalam waktu yang berdekatan bisa menjadi pertanda gejala asam lambung. Kondisi ini disebabkan menyempitnya kerongkongan sehingga sulit menelan. Ketika Anda sulit menelan, maka udara yang ada di dalam pun tidak dapat dikeluarkan dengan lancar. 

  1. Dispepsia

Gejala asam lambung yang wajib Anda ketahui terakhir yaitu dispepsia. Dispepsia itu sendiri merupakan berbagai gejala yang menggambarkan kondisi perut yang tidak nyaman seperti kembung, sakit perut, mual, dan muntah. Untuk menghindari gejala asam lambung yang satu ini, mulailah dengan menerapkan pola makan sehat dan hindari berbaring setelah makan. 

Nah itulah dia beberapa gejala asam lambung naik yang wajib Anda ketahui. Apabila Anda mengalami gejala asam lambung tersebut, cobalah untuk meredakannya dengan beberapa pengobatan rumahan. Jika gejala asam lambung tidak kunjung sembuh atau justru semakin parah, maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Daftar Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi

 

Sumber:

1. Healthline. 2018. Symptoms of Acid Reflux.

2. Cleveland Clinic. GERD (Chronic Acid Reflux).

3. MacGill, Markus. 2018. Everything you need to know about GERD.

Bagikan artikel ini