Bantuan
Bantuan

Benarkah Efek Radiasi HP Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Benarkah Efek Radiasi HP Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh?

Benarkah tersimpan efek radiasi hp yang berbahaya bagi kesehatan tubuh? Sekarang ini hampir seluruh orang menggunakan hp untuk aktivitas hariannya, baik pekerjaan, sekolah, ataupun lainnya. Namun, tahukah anda bahwa hp menghasilkan radiasi, yang mana merupakan kombinasi energi listrik dan magnet bergerak melalui ruang dengan kecepatan cahaya.

Hal ini disebut sebagai radiasi elektromagnetik. Banyak penelitian mengenai efek radiasi hp terhadap tubuh. Terdapat perbedaan antara efek biologis, efek pada tubuh, dan efek kesehatan.

Misalnya, radiasi hp memiliki efek biologis menaikkan suhu pada area otak. Efek ini tidak secara otomatis membawa risiko kesehatan apapun, karena tubuh manusia dilengkapi untuk menghadapi variasi suhu yang sangat luas.

Efek Radiasi HP Bagi Kulit

Beberapa efek yang menonjol dari radiasi pada kulit adalah sebagai berikut :

  1. Dermatitis 

Kondisi dimana kulit mengalami peradangan. Biasanya menyebabkan kulit menjadi merah, gatal, dan bisa terjadi dalam berbagai bentuk karena berbagai  penyebab juga. Kadang, terdapat ruam bengkak, lecet, dan keluar cairan atau mengelupas.

Efek radiasi hp akan mempercepat antigen daripada mereka yang menderita alergi. Tak hanya itu, penggunaan nikel dan kobalt dalam hiasan telepon juga dapat menyebabkan dermatitis kulit.

  1. Leher Mengalami Keriput

Memainkan hp dengan menatap ke bawah terus-menerus dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan kerutan di leher. Hal ini dapat menjadi salah satu tanda awal penuaan. Menatap hp terus-menerus dalam waktu lama secara bertahap dapat merusak kolagen di leher.

  1. Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Menjadi salah satu efek radiasi hp yang banyak orang amati. Cahaya biru yang keluar dari ponsel mempengaruhi pola tidur seseorang. Semakin sedikit tidur maka semakin besar kemungkinan munculnya kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata. 

  1. Alergi Kulit dan Jerawat 

Ponsel menjadi pembawa utama bakteri dan kuman. Banyak ahli yang menyebutkan bahwa ponsel lebih tidak higienis daripada toilet umum. Permukaan ponsel atau hp anda sepanjang hari terkena bakteri atau kuman, yang tak terhitung jumlahnya.

Sehingga, mungkin tanpa disadari, kita memberikan akses bagi kuman masuk ke dalam tubuh. Lalu menyebabkan, alergi dan jerawat pada kulit. 

  1. Kerutan Pada Sudut Mata

Biasanya disebabkan karena menatap hp terlalu lama dan menatap ke bawah dapat menyebabkan pembentukan kerutan di sekitar mata dan leher. Keadaan akan semakin parah, apabila ukuran font yang lebih kecil, serta kecerahan yang kurang.

Baca Juga: Kiat Menjaga Kulit Tampak Lebih Muda di Masa Tua

Cara Mengurangi Efek Radiasi HP

Untuk membantu mengurangi efek radiasi hp untuk kulit anda, berikut ini tips yang dapat anda ikuti :

  1. Jangan menatap layar hp anda untuk waktu yang lama.

  2. Jangan simpan hp anda di samping tubuh, misalnya di dalam saku.

  3. Gunakan speaker atau headset saat melakukan panggilan.

  4. Jangan tidur di samping hp atau perangkat lain.

  5. Jaga hp dalam mode pesawat saat anda tidak menggunakannya.

  6. Gunakan produk yang ditujukan untuk mengurangi radiasi, seperti penutup perangkat.

  7. Hindari menggunakan hp sebelum tidur.

  8. Bersihkan hp anda secara teratur sepanjang hari, dengan menggunakan pembersih atau penyeka alkohol.

  9. Jangan gunakan hp saat terlalu panas untuk mengurangi produksi melanin kulit, dan memberi anda warna kulit tidak merata dan bahkan bintik hitam.

  10. Waspadai masalah kulit yang berkaitan dengan sisi dominan wajah anda yang sering bersentuhan dengan hp.

Efek radiasi hp mungkin sering kali dianggap remeh, namun penggunaan hp yang berlebihan dapat berbahaya. Kebutuhan dan ketergantungan pada hp sebagai media sosial, media komunikasi, dan banyak penggunaan lainnya tidak dapat diabaikan atau dikurangi.

Kecanduan ponsel dan berbagai efek berbahaya yang ditimbulkannya bagi pikiran, tubuh, dan kesehatan seseorang perlu diperhatikan dengan baik. Efek radiasi hp yang paling tidak diketahui oleh orang, namun sangat serius dapat disebabkan oleh penggunaan ponsel adalah pada kulit.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, efek radiasi hp dapat menimbulkan beberapa permasalahan pada kulit anda. Hanya karena anda tidak dapat merasakan, melihat, mencium, atau mendengar radiasi, tidak berarti bahwa emisi dari elektronik tidak berbahaya.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bahaya Gadget Bagi Kesehatan Mata

 

Sumber:

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/mobile-phones-and-your-health#radiation-in-relation-to-mobile-phone-use

https://www.columbiaindiahospitals.com/health-articles/radiation-effects-of-mobile-phones-on-human-skin

https://www.healthline.com/health-news/fcc-investigating-smart-phone-radiation-iphones-emitting-double-reported-levels#What-you-can-do-to-reduce-exposure

Bagikan artikel ini