Bantuan
Free Tele x

Pahami Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Pahami Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan Berikut Ini

Tahukah Anda, otak terdiri dari otak kiri dan otak kanan? Otak merupakan organ yang sangat rumit dan terdiri dari 100 milyar sel saraf serta 100 triliun sambungan sel saraf. Selain itu, otak juga berperan sebagai pusat komando tubuh dan terbagi menjadi dua yaitu otak kanan dan otak kiri. Akan tetapi, apa yang membedakan antara otak kanan dan otak kiri? Temukan jawabannya di bawah ini. 

Perbedaan otak kanan dan otak kiri

  1. Otak kanan

Otak kanan berfungsi dalam menafsirkan informasi berupa visual dan juga spasial. Sebagai contoh, otak kanan akan terlibat pada saat Anda mencoba membuat peta atau memberikan petunjuk arah. Tidak hanya itu, otak kanan juga terlibat dalam imajinasi, kreativitas, musik serta mengekspresikan emosi. Oleh karena itu, orang  yang dominan menggunakan otak kanan akan menjadi orang yang kreatif. 

  1. Otak kiri

Otak kiri berfungsi untuk mengatur penalaran, kemampuan bicara dan juga bahasa. Tidak hanya itu, pada umumnya otak kanan diidentikkan dengan hal yang logis, angka, fakta hingga analisis. Oleh karena itu, orang yang cenderung dominan menggunakan otak kiri memiliki kemampuan dalam hal kuantitatif dan analitis. 

Fungsi otak saling terhubung

Walaupun otak terbagi menjadi otak kanan dan otak kiri, akan tetapi keduanya saling terhubung. Antara otak kanan dan otak kiri terdapat komunikasi konstan yang membuatnya bekerja selaras dan membuat Anda bisa merasakan kehidupan seperti sekarang ini.  

Kedua otak saling terhubung oleh serat saraf yang bernama corpus callosum. Saraf ini memungkinkan Anda dapat memproses serta membagi data secara efisien antara setiap bagian otak. Apabila Antara otak kiri dan otak kanan tidak saling terhubung, maka akan terjadi gangguan dalam perpindahan informasi dan berdampak pada kehidupan sehari-hari. 

Untuk lebih memahaminya, berikut ini contohnya. Seseorang tidak akan bisa menyebut nama dari suatu benda walaupun ia sudah mengetahui benda tersebut. Hal ini terjadi karena informasi berupa pengenalan benda yang berasal dari otak kanan tidak dapat berpindah ke otak kiri yang berperan dalam berbahasa. Apabila terjadi hal ini, maka seseorang hanya bisa mengenali suatu benda tanpa bisa menyebut namanya. 

Oleh karena itu, berdasarkan penjelasan di atas, maka fungsi otak kiri dan otak kanan tidak dapat dipisahkan. Walaupun keduanya memiliki fungsinya masing-masing, namun keduanya tetap harus bekerja sama agar kerja otak menjadi normal. 


Baca Juga: Manfaat olahraga bagi otak


Dominasi Otak

Banyak yang beranggapan bahwa, manusia cenderung lebih dominan pada salah satu otak, apakah hal tersebut benar? Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa antara otak kanan dan otak kiri bekerja dengan saling terhubung. Sehingga, pada dasarnya baik otak kanan dan otak kiri akan digunakan secara seimbang dan tidak ada yang lebih dominan. 

Dalam berbagai penelitian, tidak ditemukan bahwa salah satu otak lebih dominan. Tidak hanya itu, pada penelitian lain juga yang dilakukan pada otak manusia dengan tes pencitraan MRI menunjukkan bahwa aktivitas otak antara otak kanan dan otak kiri tidak mempengaruhi kepribadian. 

Menjaga kesehatan otak

Mengingat begitu pentingnya fungsi otak, maka Anda perlu menjaga kesehatan otak. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan otak? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Melakukan aktivitas fisik

Cara menjaga kesehatan otak yang pertama yaitu melakukan aktivitas fisik. Olahraga dapat memperbaiki kinerja pembuluh darah kecil, sehingga pasukan oksigen menuju otak lancar. Aktivitas fisik yang baik untuk otak yaitu senam, jogging atau berjalan kaki. 

  1. Memenuhi asupan omega-3

Memenuhi asupan omega-3 merupakan salah satu cara menjaga kesehatan otak. Omega-3 merupakan jenis asam lemak yang baik untuk kesehatan otak. Selain itu, omega 3 juga mampu mencegah terjadinya penurunan fungsi otak. 

  1. Menghindari makanan yang tinggi kolesterol

Cara menjaga kesehatan otak lainnya yaitu menghindari makanan yang tinggi kolesterol. Kelebihan kolesterol akan menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah otak. 

Nah, itulah pembahasan fungsi otak kiri dan otak kanan serta cara menjaga kesehatannya. Apabila Anda mengalami gangguan pada otak, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Makanan yang Tepat untuk Perkembangan Otak Anak


Sumber:

Shmerling, Robert H. Right brain/left brain, right? (2019) 

Pietrangelo, An. Left Brain vs. Right Brain: What Does This Mean for Me? (2019) 

The Difference Between the Left and Right Brain  (2021) 

Bagikan artikel ini