Bantuan
Free Tele x

Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 27 Jun 2022

Bagikan

Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Mungkin beberapa dari Anda pernah melihat kebiasaan orang-orang zaman dahulu yang mengunyah daun sirih atau yang dikenal dengan menyirih. Bagi mereka, mengunyah daun sirih ini membawa banyak manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut.

Namun apakah mengunyah daun sirih benar-benar membawa kesehatan bagi gigi dan mulut? Untuk mendapatkan jawabannya, Anda perlu menyimak terus penjelasan yang ada di artikel ini. 

 

Manfaat Daun Sirih untuk Gigi dan Mulut

Setiap bagian dari tumbuhan sirih ini bisa dimanfaatkan sebagai obat terutama bagian daunnya. Hal ini karena, di daun sirih terdapat kandungan antioksidan dan antibakteri. Oleh karena itu, wajar saja daun sirih ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk gigi dan mulut.

Baca juga: Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Daun Sirih, Mitos Atau Fakta?

Adapun beberapa manfaat daun sirih untuk gigi dan mulut yang bisa Anda dapatkan yaitu sebagai berikut ini. 

1. Mencegah bau mulut

Manfaat daun sirih yang bisa Anda dapatkan pertama yaitu mampu mencegah bau mulut. Hal ini karena, di dalam daun sirih terdapat kandungan minyak atsiri yang mana ada zat allylpyrocatechol. Zat in bermanfaat mengikat bakteri-bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. 

2. Mencegah pembentukan plak gigi

Selain mencegah bau mulut, daun sirih juga bermanfaat mencegah terbentuknya plak gigi. Hal ini terjadi karena, kandungan daun sirih akan membuat rongga di dalam mulut cenderung basa sehingga bakteri-bakteri penyebab plak gigi akan berkurang.

Baca juga: Perawatan Scaling: Mengenal Cara dan Harga Bersihkan Karang Gigi

3. Mengurangi risiko karies

Manfaat daun sirih untuk gigi dan mulut yang selanjutnya yaitu mengurangi risiko karies gigi. Manfaat yang satu ini disebutkan dalam sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa terjadi perubahan keasaman air liur sebelum dan sesudah menyikat gigi dengan kandungan ekstrak daun sirih. Kondisi air liur yang basa ini membuat bakteri penyebab karies tidak dapat bertahan. 

4. Mengobati sakit gigi

Manfaat yang bisa didapatkan dari daun sirih yang terakhir yaitu mampu mengobati sakit gigi. Umumnya, sakit gigi disebabkan oleh bakteri-bakteri yang tertinggal karena sisa-sisa makanan, namun dengan mengunyah daun sirih bakteri penyebab sakit gigi ini akan terbunuh sehingga sakit gigi pun akan mereda. 

 

Efek Samping Penggunaan Daun Sirih

Walaupun daun sirih terkenal dengan manfaatnya untuk gigi dan mulut, namun penggunaannya yang kurang tepat bisa berdampak buruk. Hal ini karena, kegiatan mengunyah daun sirih atau menyirih yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu melibatkan beberapa bahan-bahan tertentu yang harus dicampurkan. 

Beberapa bahan campuran untuk mengunyah daun  sirih ini, dikhawatirkan bersifat karsinogenik yang dapat berdampak pada kondisi kesehatan. Jika dilakukan dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin muncul beberapa penyakit seperti kanker mulut, kanker esofagus, dan kanker tenggorokan.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan?

 

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Melihat manfaat dan efek sampingnya, Anda perlu berhati-hati jika ingin melakukan kegiatan menyirih. Sebaiknya Anda menggunakan daun sirih yang telah diekstrak atau daun sirih tanpa tambahan apapun. Namun, alangkah lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai cara penggunaannya. 

Selain menggunakan daun sirih, Anda juga bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara-cara sederhana. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

  • Rutin Menyikat Gigi: Rutin menyikat gigi merupakan salah satu kunci penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Menyikat gigi akan membantu mengangkat sisa makanan sehingga bakteri tidak dapat berkembang biak. 

  • Gunakan Benang Gigi: Selain menyikat gigi, Anda juga perlu menggunakan benang gigi (dental floss). Pasalnya, ada beberapa sisa-sisa makanan yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. 

  • Gunakan Obat Kumur: Untuk memastikan bahwa mulut dan gigi bersih dari bakteri, Anda bisa menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi. 

Nah, itulah dia penjelasan mengenai manfaat daun sirih untuk gigi dan mulut yang bisa Anda dapatkan. Untuk memastikan kondisi kesehatan gigi, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan gigi secara rutin agar berbagai masalah bisa dideteksi secepat mungkin.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Bowers, Madigan Talmage. 2018. How Dangerous Is Betel Nut?. https://www.healthline.com/health/betel-nut-dangers

WebMD. Betel Nut - Uses, Side Effects, and More. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-995/betel-nut

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang