Mulai Dari Garam Sampai Cuka Apel, Simak Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Berikut Ini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Cara Mencegah & Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami!

Simak cara menghilangkan bau mulut secara alami ini, untuk anda yang memiliki masalah bau mulut. Memiliki aroma mulut yang wangi dan bersih tentu keinginan semua orang, mungkin semua orang pernah mengalami hal ini. Sehingga membuat anda merasa tidak nyaman karena nafas yang tidak sesegar seharusnya.

Banyak cara yang mungkin pernah anda coba lakukan untuk mengatasi bau mulut, agar tetap percaya diri saat bersama rekan kerja, teman, dan keluarga. Bau mulut dapat terjadi karena adanya sisa makanan dalam mulut. Kebersihan gigi yang buruk, dimana anda tidak sering menyikatnya. Sehingga bakteri dalam mulut terus tumbuh, serta lapisan tipis bakteri atau plak menumpuk pada gigi. 

Nah, ketika plak tersebut tidak dibersihkan, maka akan menghasilkan bau busuk, dan kerusakan gigi lainnya. Tak hanya mulut yang menjadi sumber penyebab bau mulut, namun adanya infeksi, gagal ginjal, dan komplikasi diabetes dapat menyebabkan bau mulut. Tidak harus mahal, cara menghilangkan bau mulut secara alami bisa dengan mudah anda lakukan. Bahkan, mungkin bahannya ada di dapur rumah anda. 

Bahan Alami Untuk Mengatasi Bau Mulut

Berikut ini beberapa bahan alami untuk mengatasi bau mulut :

  1. Garam, cara alami ini cukup mudah, dimana anda hanya perlu menambahkan garam ke segelas air hangat, aduk rata, lalu usapkan di sekitar mulut dan gigi selama tiga puluh detik. Ulangi cara ini, untuk napas lebih segar secara alami dan instan. Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan Tubuh

  1. Cengkeh, bahan satu ini bisa membantu menyegarkan napas secara alami dan membuat mulut anda terasa manis. Cengkeh juga memberikan manfaat lain, seperti membantu melawan bakteri jahat di mulut anda yang mana dapat menyebabkan gigi berlubang. Caranya mudah, anda hanya perlu menghisap beberapa cengkeh dalam sehari.

  2. Konsumsi buah dan sayuran, seperti seledri, wortel, atau apel untuk bantu menyegarkan napas anda. Buah dan sayuran ini dapat menjadi cara menghilangkan bau mulut secara alami karena bertindak sebagai sikat gigi alami. Juga membantu hilangkan bau yang menyebabkan bakteri menempel pada gigi anda. Selain itu, akan membantu merangsang produksi air liur yang bantu melawan bau mulut.

  3. Sari cuka apel, caranya mudah yaitu dengan menambahkan sejumlah sari cuka apel, ke dalam segelas air. Lalu jadikan obat kumur, yang akan menetralisir bau tak sedap dan menyegarkan napas anda secara alami. 

  4. Tea tree oil, dimana dapat membantu melawan bakteri dan mikroba penyebab bau mulut. Caranya tidak sulit, anda hanya perlu menambahkannya ke rutinitas kebersihan mulut anda. Tambahkan tea tree oil ke pasta gigi, atau anda dapat menyikat gigi dengan minyaknya saja.

  5. Susu, menjadi salah satu cara alami terkenal untuk menghilangkan bau mulut. Penelitian menunjukkan bahwa minum susu setelah mengonsumsi bawang putih, dapat secara signifikan menghilangkan bau tak sedap. Anda dapat meminum segelas susu, selama atau sesudah mengonsumsi makanan yang mengandung bawang bombay atau bawang putih.

  6. Yoghurt, cara menghilangkan bau mulut secara alami ini cukup mudah, bahkan mungkin akan anda sukai. Anda hanya perlu mengonsumsi yoghurt tawar tanpa lemak, setidaknya satu porsi. Yoghurt mengandung bakteri baik, yang dapat membantu memerangi bakteri jahat di berbagai bagian tubuh anda seperti usus. Adanya kandungan probiotik, efektif untuk mengurangi keparahan bau mulut.

Cara Mencegah Bau Mulut

Lebih baik mencegah daripada mengobati, anda dapat mencegah penumpukan bakteri penyebab bau mulut, dengan melakukan perawatan gigi yang baik. Berikut langkah menjaga kebersihan mulut yang bisa anda lakukan :

  1. Menyikat gigi setiap sesudah makan dan flossing dua kali dalam sehari.

  2. Pemeriksaan dan pembersihan gigi secara teratur.

  3. Mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali.

  4. Menyikat lidah secara berkala untuk menghilangkan bakteri.

  5. Membersihkan gigi palsu atau peralatan gigi seperti kawat gigi, secara menyeluruh setidaknya sehari sekali.

Apabila setelah melakukan langkah di atas, bau mulut tetap tidak enak. Maka anda dapat menemui dokter gigi untuk mengetahui penyebab bau mulut, agar segera diberikan solusi yang tepat untuk menghilangkannya secara permanen. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mudah dan Ampuh, Begini Cara Memutihkan Gigi dan Menghilangkan Karang Gigi

 

Referensi:

1. https://www.periozone.com/blog/6-easy-home-remedies-fresh-breath/

2. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bad-breath

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi