Bantuan

Lakukan Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Puasa Berikut Ini Agar Puasa Tidak Batal

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Apr 2022

Bagikan

cara mengatasi sakit gigi

Apakah Anda sedang mencari cara mengatasi sakit gigi saat puasa? Sakit gigi merupakan salah satu keluhan yang bagi banyak orang sangat menyebalkan. Terlebih lagi jika terjadi selama menjalankan ibadah puasa, tentu akan semakin menyebalkan. Namun tahukah Anda, ternyata ada cara mengatasi sakit gigi tanpa harus batal puasa. 

Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Puasa

Lantas apa saja cara mengatasi sakit gigi saat puasa tersebut? Mari cari tahu apa saja cara mengatasi sakit gigi saat puasa pada penjelasan di bawah ini. 

  1. Kompres es batu

Cara mengatasi sakit gigi saat puasa yang bisa Anda lakukan pertama yaitu dengan mengompresnya menggunakan es batu. Cukup masukkan es batu ke dalam plastik kecil, lalu tempelkan ke area gigi yang sakit. Rasa dingin yang berasal dari es batu ini mampu mempersempit pembuluh darah sehingga nyeri dapat mereda. Selain meredakan nyeri, kompres es batu ini juga dapat meredakan peradangan dan juga pembengkakan. 

  1. Berkumur dengan air garam

Anda juga bisa mengatasi sakit gigi saat puasa dengan menggunakan garam. Caranya yaitu dengan melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, gunakan campuran tersebut untuk berkumur namun jangan sampai tertelan. Dipercaya, garam memiliki sifat analgesik yang dapat meredakan rasa nyeri. Tidak hanya itu, air  garam ini juga dapat membunuh bakteri  penyebab sakit gigi. 

  1. Berkumur dengan cairan hydrogen peroxide

Tidak hanya air garam, Anda juga bisa menggunakan cairan hydrogen peroxide untuk mengatasi sakit gigi. Akan tetapi, sebelum menggunakan cairan ini untuk berkumur, pastikan terlebih dahulu telah mencampurkannya dengan air. Pasalnya, cairan hydrogen peroxide murni dapat menyebabkan gusi terluka. Jika sudah dicampur, gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama 1 menit lagi bilas dengan air putih. 

  1. Berkumur dengan air cuka

Cara mengatasi sakit gigi saat puasa yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan berkumur menggunakan air cuka. Hal ini karena, cuka memiliki kandungan antimikroba dan antibakteri sehingga dapat membunuh bakteri dan kuman yang menjadi penyebab sakit gigi. Sebelum berkumur dengan air cuka, larutkan terlebih dahulu ½ sendok teh cuka ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, gunakan larutan tersebut untuk  berkumur selama 30 menit. 

  1. Oleskan minyak cengkeh

Minyak cengkeh dipercaya mampu mengobati sakit gigi karena memiliki senyawa eugenol sebagai anestesi alami. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskannya menggunakan kapas ke gigi yang sakit. Saat dioleskan, usahakan untuk tekan dengan perlahan selama beberapa menit hingga sakitnya mereda. Namun, sebelum mengaplikasikan minyak cengkeh ini, Anda wajib membersihkan area gigi yang sakit terlebih dahulu.

  1. Mengoleskan ekstrak vanila

Selain minyak cengkeh, Anda juga bisa mengoleskan ekstrak vanila. Di dalam ekstrak vanila ini terdapat kandungan alkohol yang bisa meredakan nyeri. Oleh karena itu, ekstrak vanila sering dijadikan obat sakit gigi. Cara menggunakan yaitu dengan menuangkan sedikit ekstrak vanila ke kapas. Setelah itu, oleskan secara merata ke gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit. 

  1. Beristirahat dengan kepala lebih tinggi

Cara mengatasi sakit gigi saat puasa yang terakhir yaitu dengan berbaringlah. Mungkin beberapa  orang akan merasakan rasa sakit gigi yang tidak tertahankan. Untuk itu, cobalah untuk beristirahat dengan berbaring sejenak. Namun, pastikan posisi kepala selalu lebih tinggi dari pada tubuh. Hal ini bertujuan agar peredaran darah ke kepala tetap lancar. Jika peredaran darah ke kepala terhambat, maka dapat menyebabkan rasa nyeri yang semakin parah. 

Mungkin beberapa dari Anda mempertanyakan, apakah boleh berkumur dengan bahan-bahan yang disebutkan di atas. Jawabannya adalah boleh, puasa Anda akan batal jika ada yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan berkumur dengan hati-hati agar tidak ada cairan yang masuk ke dalam tenggorokan. 

Nah, itulah dia beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi sakit gigi saat puasa yang bisa Anda lakukan. Apabila sakit gigi masih terus berlanjut, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Sering Dikeluhkan, Coba Lakukan Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cronkleton, Emily. 2021. 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache

WebMD. 2020. Toothache Home Remedies. https://www.webmd.com/oral-health/home-remedies-toothache 

Johnson, Jon. 2019. How to get rid of a toothache at night. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326133#9-remedies

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang