Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi dengan Cepat? Ketahui Jawabannya Di Sini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Sep 2021

Bagikan

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi dengan Cepat? Ketahui Jawabannya i Sini!

Apakah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan rasa sakit gigi dengan cepat? Sakit gigi sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari, karena membuat penderitanya sulit makan, bahkan berbicara. Oleh karena itu, penderita sakit gigi ingin segera menghilangkan rasa sakit tersebut. Akan tetapi, bagaimana cara menghilangkan rasa sakit gigi dengan cepat? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Berkumur Air Garam

Cara menghilangkan rasa sakit gigi dengan cepat yang pertama yaitu berkumur menggunakan air garam. Berkumur menggunakan air garam akan membantu membersihkan sisa makanan yang berada disela-sela gigi. Tidak hanya itu, garam juga memiliki sifat yang menyerap air sehingga efektif dalam membunuh bakteri jahat. Cara berkumur menggunakan air garam yaitu dengan melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. 

  1. Menggunakan Bawang Putih

Cara menghilangkan rasa sakit gigi dengan cepat yang selanjutnya yaitu menggunakan bawang putih. Bawang putih berfungsi untuk meredakan nyeri serta membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi pada gigi. Cara menggunakannya yaitu dengan mengunyah bawang putih mentah di bagian gigi yang sakit. Cara lain yang bisa Anda gunakan yaitu dengan mengirisnya menjadi tipis dan gigit irisan tersebut menggunakan gigi yang sakit. 

  1. Menggunakan Cengkeh

Anda juga bisa menggunakan cengkeh untuk menghilangkan rasa sakit gigi. Hal ini karena cengkeh memilih senyawa eugenol yang berperan dalam menghilangkan rasa sakit.  Selain itu, cengkeh juga membantu meredakan peradangan serta membunuh bakteri. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggigit cengkeh utuh pada bagian yang sakit. Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh pada tisu dan menempelkannya pada bagian gigi yang sakit. 

  1. Mengunyah Daun jambu

Cara menghilangkan rasa sakit gigi dengan cepat yang selanjutnya yaitu mengunyah daun jambu. Daun jambu bersifat antimikroba dan juga pereda nyeri yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Cara yang dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit yaitu dengan mengunyah 1 hingga 2 lembar daun jambu hingga mengeluarkan air. Setelah itu, oleskan sari-sari daun yang keluar menggunakan lidah pada gigi yang sakit. 

  1. Kompres Es batu

Anda juga bisa menggunakan es batu untuk menghilangkan rasa sakit gigi. Rasa dingin yang berasal dari es batu dapat membuat saraf pemicu nyeri menjadi kebas sehingga rasa sakit dapat mereda. Tidak hanya itu, dingin dari es batu bisa merangsang penyempitan pada pembuluh darah dan memperlambat aliran darah menuju gigi yang sakit. Hal ini dapat membuat nyeri dan bengkak menjadi reda. Cara untuk melakukannya yaitu dengan memasukkan es batu ke dalam plastik yang dilapisi kain tipis kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. 

  1. Menggunakan Peppermint

Cara menghilangkan rasa sakit gigi dengan cepat yang selanjutnya yaitu menggunakan peppermint. Hal ini karena peppermint memiliki kandungan yang bisa meredakan rasa sakit. Selain itu, peppermint juga memiliki kandungan menthol yang bersifat antibakteri. Cara menggunakannya yaitu dengan merendam peppermint kering ke dalam air panas selama 20 menit. Setelah itu, berkumurlah menggunakan air rendaman tersebut atau bisa Anda minum. 

  1. Berkumur Air Madu

Cara menghilangkan rasa sakit gigi dengan cepat yang terakhir yaitu dengan berkumur air madu. Hal ini karena, madu memiliki sifat antiseptik dan juga antibakteri. Dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa madu dapat mencegah gigi berlubang dan juga radang gusi. Cara menggunakannya yaitu dengan melarutkan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, gunakan air larutan tersebut untuk berkumur selama 30 menit. 

Apabila rasa sakit gigi Anda sudah tidak tertahankan, maka disarankan untuk mengonsumi obat pereda nyeri.  Anda bisa mendapatkan obat sakit gigi tanpa resep dokter dengan pergi ke apotek dan bertanya ke apoteker. Namun, jangan lupa untuk bertanya mengenai dosis dan cara penggunaannya. Akan tetapi, lebih baik untuk memeriksakannya ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencegah Karies Gigi Dan Apa Perbedaannya Dengan Gigi Berlubang

 

Sumber: 

Johnson, Jon. How to get rid of a toothache at night (2019)  

 

Cronkleton. Emily. 10 Home and Natural Remedies for Toothache Pain (2017)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi