Bantuan
Bantuan

Yuk, Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 11 Dec 2020

Bagikan

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Terdapat beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut anak yang perlu diketahui. Masalah gigi dan mulut merupakan salah satu aspek kesehatan anak yang perlu diperhatikan sedini mungkin.

Sakit pada daerah oral dapat menyebabkan berbagai gangguan lain yang dapat menurunkan kualitas hidup dari anak tersebut, misalnya:

  • Ketidaknyamanan akibat nyeri
  • Kesulitan tidur
  • Kehilangan rasa percaya diri
  • Perkembangan sosial terhambat
  • Kurangnya nutrisi dan lain sebagainya.

Sampai saat ini, kerusakan pada gigi anak masih menjadi permasalahan kesehatan masyarakat. Tak sedikit diantara mereka yang berujung mengalami kondisi kesehatan oral yang lebih buruk di masa depan.

Maka dari itu, berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak.

1. Jaga Kebersihan Mulut Sebelum Gigi Anak Terlihat

Walaupun tidak terlihat, bukan berarti anak tidak memiliki gigi. Anak sudah memiliki 20 gigi susu sejak ia memasuki trimester kedua di dalam kandungan.

Orang tua dapat membersihkan bagian gusi anak menggunakan washcloth yang basah dan lembut guna membersihkan regio oral dari bakteri jahat.

2. Sikat Gigi Minimal Dua Kali Sehari

Ketika gigi anak sudah mulai terlihat, mulailah lakukan sikat gigi pada anak sebanyak dua kali sehari. Sesuai dengan guideline dari American Dental Association, gunakan sikat gigi yang halus dan pasta gigi yang mengandung fluor.

Anak dapat mulai membersihkan gigi menggunakan floss apabila sudah memiliki dua gigi yang berdekatan. Ketika anak sudah memasuki usia 2 tahun, ia harus belajar untuk membuang sisa busa setelah ia melakukan sikat gigi.

Disarankan untuk selalu memantau anak ketika ia sedang menyikat gigi, karena dikhawatirkan ia akan menelan sisa pasta gigi yang berada di dalam mulutnya.

Baca Juga: Panduan Merawat Gigi Anak Bagi Orang Tua

3. Dianjurkan untuk Mengunjungi Dokter Gigi pada Ulang Tahun Pertamanya

Dokter gigi akan menjelaskan cara untuk menyikat gigi dan menggunakan floss. Konsultasi tersebut tidak hanya dilakukan sekali seumur hidup. Orang tua dianjurkan untuk secara rutin membawa anaknya ke dokter gigi untuk mengetahui perkembangan dan kesehatan gigi anak.

4. Batasi Beberapa Jenis Makanan

Makanan dengan kandungan gula tinggi, jus, dan permen merupakan makanan yang dapat merusak enamel gigi dan membentuk kavitas (lubang).

Anak dianjurkan untuk membersihkan gigi dan mulutnya ketika selesai mengonsumsi makanan tersebut untuk menghilangkan sisa gula yang tertinggal di dalam mulutnya.

Berikut tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak. Kondisi oral yang baik pada anak dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan, perkembangan, dan kualitas hidupnya. Ingat, senyum yang indah berasal dari kesehatan oral yang baik.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mudah dan Ampuh, Begini Cara Memutihkan Gigi dan Menghilangkan Karang Gigi

 

Referensi:

1. Rowan-Legg A. Oral health care for children – a call for action. Paediatr Child Health. 2013 Jan; 18(1): 37-43.

2. Children’s Oral Health [internet]. Atlanta: Centers for Disease Control and Prevention; [updated: 2019 May 14; cited: 2020 Jul 26]. Available from: https://www.cdc.gov/oralhealth/basics/childrens-oral-health/index.html

3. Ben-Joseph EP. Keeping Your Child’s Teeth Healthy [internet]. KidsHealth; [updated: 2018 Jun; cited: 2020 Jul 26]. Available from: https://kidshealth.org/en/parents/healthy.html

Tag :
Bagikan artikel ini