Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Daun Sirih, Mitos Atau Fakta?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Dec 2021

Bagikan

Mengobati Mata Katarak Dengan Daun Sirih, Mitos Atau Fakta?

Cara mengobati mata katarak dengan daun sirih, apakah benar efektif? Daun sirih adalah tanaman yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Daun ini sering kali dijadikan obat tradisional untuk berbagai macam pengobatan. Daun sirih tumbuh dengan merambat, yang mana tergolong sebagai tanaman yang memiliki banyak kandungan air. Sekitar 90 persen daun sirih mengandung air, maka dari itu daun sirih dikenal juga karena kandungan kalori dan lemaknya yang rendah.

Di tanah air, terdapat tradisi dimana daun sirih ini dikunyah bersamaan dengan pinang, gambir, kapur, dan tembakau. Tradisi ini diyakini memiliki manfaat untuk memperkuat gigi. Tak hanya itu, daun sirih juga diyakini memiliki kandungan untuk mencegah gigi berlubang. Namun, adanya kebiasaan ini kerap kali dikaitkan dengan kanker mulut serta pengerutan gusi, yang mengakibatkan gigi tanggal. 

Beberapa kandungan yang dimiliki oleh daun sirih adalah seperti minyak atsiri, karoren, asam nikotinat, riboflavin, dan juga tiamin. Kandungan lainnya adalah zat samak, kavikol, tannin, vitamin C, asam amino, pati, gula, dan diastase. Kandungan yang disebutkan tersebut, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda yakni sebagai berikut:

  1. Atasi gangguan pernapasan

  2. Membunuh kuman

  3. Bantu mengeluarkan dahak

  4. Redakan nyeri

  5. Jaga kesehatan rongga mulut

  6. Menahan saat terjadinya perdarahan

  7. Tingkatkan nafsu makan

  8. Bantu sembuhkan luka di kulit

  9. Atasi gangguan pencernaan

Melihat banyaknya manfaat kesehatan yang dapat daun sirih berikan, membuat masyarakat juga percaya bahwa daun sirih dapat mengatasi masalah atau gangguan pada mata. Salah satunya adalah mata katarak.
Baca Juga: Mengenal Seluk Beluk Katarak, Mulai Dari Penyebab Dan Cara Mencegahnya

Mitos atau Fakta, Cara Mengobati Mata Katarak dengan Daun Sirih

Disebutkan bahwa air sirih umum digunakan dalam pengobatan tradisional. Dimana hasil rebusan daun sirih ini akan menghasilkan ekstrak daun sirih dengan warna kekuningan. Air hasil rebusan daun sirih ini juga memiliki sifat asam. Jika semakin banyak daun sirih direbus, maka air rebusan juga akan menjadi lebih pekat. Tingkat keasamannya juga akan semakin meningkat. Lalu, apakah benar adanya cara mengobati mata katarak dengan daun sirih?

Ternyata tidak, karena kandungan pH atau keasaman yang dimiliki air hasil rebusan daun sirih tidak sesuai atau tidak cocok dengan pH normal yang ada pada permukaan mata manusia. pH yang tidak sesuai ini akan memunculkan reaksi perubahan keasaman di permukaan mata. Utamanya adalah di lapisan epitel kornea serta konjungtiva, yang mana kondisi ini akan menyebabkan kerusakan pada permukaan mata Anda.

Kerusakan yang terjadi adalah misalnya luka di kornea atau biasa disebut ulkus kornea. Maka dari itu, cara mengobati mata katarak dengan daun sirih perlu Anda pikirkan ulang. Hal ini karena jika permukaan mata mengalami kerusakan, maka akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada mata anda. 

Bukan hanya itu, daun sirih juga memiliki sifat tidak steril, yang mana pada permukaan daun sirih ada mikroorganisme. Mikroorganisme di permukaan daun sirih ini bisa menyebabkan infeksi pada mata Anda. mikroorganisme yang sering kali ditemukan pada daun sirih adalah jamur. Saat kerusakan di permukaan mata terjadi dan juga ada mikroorganisme, maka akan terbentuklah lingkungan dengan risiko yang tinggi untuk mengalami infeksi. Terutama pada area permukaan kornea mata.

Dengan adanya kondisi ini maka Anda sebaiknya menghindari cara mengobati mata katarak dengan daun sirih, karena terdapat risiko terjadinya penyakit keratitis jamur. Dimana jika terlambat diterapi dan ditangani dengan baik dan tepat, maka dapat memperparah kondisi mata katarak, bahkan menyebabkan kebutaan. 

Sehingga, dapat disebutkan bahwa manfaat daun sirih untuk mata katarak adalah mitos. Maka dari itu, sudah sebaiknya Anda tidak perlu percaya lagi dengan mitos ini. Mata merupakan organ yang sangat penting dan juga sangat penting. Jadi, jika Anda mengalami gangguan atau masalah pada mata, maka sebaiknya segera temui dokter mata untuk segera mendapat penanganan yang tepat. Pengobatan yang asal atau sembarangan, akan menambah risiko mata Anda mengalami kerusakan yang parah.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Simak Beberapa Gejala Yang Mengharuskan Seseorang Menjalani Operasi Katarak 

 

Referensi:

1. Frontiersin.org

2. Medical Spices and Vegetables From Africa

3. Liputan6.com

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi