Bantuan
Free Tele x

Apa Saja Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Apa Saja Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan?

Manfaat daun sirih bagi kesehatan sudah dikenal dan dilakukan sejak zaman dahulu sebagai obat tradisional. Tahukah Anda apa saja manfaat daun sirih bagi kesehatan? Namun, sebelum itu sebaiknya Anda mengetahui beberapa efek sampingnya terlebih dahulu, agar digunakan secara hati-hati dan tidak berlebihan.

 

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih dikenal memiliki banyak manfaat, sebagai pengobatan alami. Namun dalam penggunaannya, Anda juga perlu berhati-hati agar tidak berlebihan, karena bisa menimbulkan beberapa efek samping di atas. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan petunjuk yang benar. Berikut beberapa manfaat daun sirih yang perlu Anda ketahui, diantaranya: 

  1. Meringankan sembelit

Salah satu manfaat daun sirih yang bisa Anda rasakan ialah meringankan sembelit. Daun sirih dikenal sebagai sumber antioksidan yang mampu membersihkan radikal bebas dari dalam tubuh. Selain itu, daun sirih juga membantu mengembalikan tingkat pH normal dalam tubuh dan membantu sakit perut. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara menghancurkan daun sirih ke dalam air semalaman, dan minumlah pada saat pagi hari dalam kondisi perut kosong, untuk melancarkan buang air besar.

  1. Antiseptik dan anti jamur

Manfaat daun sirih yang bisa Anda rasakan berikutnya ialah sebagai antiseptik karena mengandung polifenol terutama chavicol yang berguna untuk memberikan perlindungan ganda dari kuman. Daun sirih juga digunakan secara luas untuk mengobati radang sendi dan orkitis. Selain itu, daun sirih memiliki sifat anti jamur dengan cara menerapkan pasta daun sirih untuk membunuh infeksi jamur didaerah yang terkena.

  1. Menurunkan kolesterol

Manfaat daun sirih yang tak kalah penting, yaitu untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Daun sirih memiliki kandungan eugenol yang bermanfaat untuk menghambat jumlah kolesterol yang dihasilkan oleh hati dan membantu mengurangi jumlah lipid yang diserap oleh usus.

  1. Meningkatkan kesehatan mulut

Daun sirih banyak digunakan oleh masyarakat di India untuk menyegarkan mulut, sehingga bisa meningkatkan kesehatan mulut Anda. Manfaat daun sirih untuk kesehatan mulut ini, bisa mengurangi pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan mencegah berbagai macam infeksi dan penyakit mulut.

  1. Anti Malaria

Tahukah Anda bahwa daun sirih juga bisa digunakan sebagai anti malaria? Daun sirih memiliki senyawa anti malaria yang kuat dan flavonoid yang memiliki sifat anti parasit yang kuat, dalam membantu melawan strain malaria terkait parasit. Daun sirih ini bisa melindungi Anda dari bahaya malaria yang mematikan.

  1. Mengobati Maag

Manfaat daun sirih yang terakhir ialah untuk mengobati penyakit maag. Daun sirih mengandung fitokimia, memiliki sifat anti oksidan dan anti maag. Sakit maag bisa menimbulkan kerusakan lapisan perut, menurunkan produksi lendir lambung, dan stres oksidatif. Jika Anda mengonsumsi daun sirih, sakit maag yang Anda alami akan berangsur sembuh, jumlah lendir lambung meningkat dan stres oksidatif menurun karena antioksidan.

 

Efek Samping Daun Sirih

Daun sirih memang memiliki manfaat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, seperti mengatasi masalah sistem pencernaan, pernapasan, dan kondisi lainnya. Namun meskipun demikian, Anda perlu mewaspadai beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan, diantaranya:

  1. Menimbulkan Sariawan

Penggunaan daun sirih yang berlebihan bisa menyebabkan sariawan dan memicu pertumbuhan sel kanker di mulut. Kondisi ini cukup berisiko untuk kesehatan mulut dan saluran pencernaan atas. Jika kondisi ini terjadi pada Anda, Anda akan merasa kesulitan untuk mengunyah dan menelan makanan serta kesulitan pada saat berbicara. 

  1. Menyebabkan Kecanduan

Adapun efek samping daun sirih yang perlu Anda pertimbangkan ialah bisa menyebabkan kecanduan. Kondisi ini bisa terjadi pada Anda, jika Anda mengombinasikan daun sirih dengan tembakau, walaupun porsinya hanya sedikit. Untuk menghindari efek samping ini, Anda perlu membatasi penggunaan daun sirih dan tembakau.

  1. Menyebabkan Masalah Kehamilan

Daun sirih tidak baik digunakan pada saat hamil, karena bisa menyebabkan risiko cacat lahir dan keguguran. Selain itu, daun sirih juga bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker. Namun, jika kondisinya mendesak, Anda bisa menggunakannya dalam jumlah kecil. 

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat daun sirih bagi kesehatan. Meskipun memiliki banyak manfaat, pastikan bahwa Anda juga mempertimbangkan efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi daun sirih jika digunakan secara berlebihan. Sebaiknya tetap konsultasikan penggunaannya dengan dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Bhalla, Nikita. 5 health benefits of chewing paan or betel leaves nobody told you about. 2016

 

Sewlani, sneha sadhwani. What is betel leaf? 2016. 

Bagikan artikel ini