Bantuan
Free Tele x

Ketahui Penyebab Herpes di Kulit Serta Pengobatan yang Tepat

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 04 Aug 2022

Bagikan

Penyebab dan Pengobatan Herpes di Kulit

Herpes kulit adalah infeksi pada kulit akibat Herpes simplex virus (HSV). Terdapat dua jenis virus herpes, yaitu HSV-1 dan HSV-2. Gejalanya berupa lenting berisi cairan dengan dasar luka yang berwarna merah. Lokasi lenting tergantung pada daerah yang terkena infeksi. 

Herpes kulit dapat menyebabkan luka kecil yang muncul di permukaan kulit. Luka ini biasanya dapat berkembang di area sekitar mulut dan hidung, tetapi bisa muncul hampir di mana saja di tubuh. Lokasi ruam akan muncul tergantung pada di mana dan bagaimana orang tersebut tertular infeksi virus HSV-1 atau virus HSV-2.

Gejala awal berupa rasa kesemutan, kulit terasa terbakar dan gatal di daerah yang terinfeksi yang muncul sebelum munculnya lenting berisi cairan atau luka. Lenting akan pecah dan mengeluarkan cairan sehingga membentuk kerak sebelum sembuh. Ruam ini biasanya berlangsung selama sekitar 7-10 hari.

Penyebab Herpes Kulit

Herpes kulit adalah infeksi umum yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Salah satu gejala utamanya adalah ruam lepuh. Berikut ini adalah penjelasan mengenai seputar penyebab herpes kulit yang paling sering ditanyakan.

Baca juga: Obat Tradisional yang Ampuh Sembuhkan Cacar Air

Siapa Yang Dapat Terkena Herpes Kulit?

Kebanyakan orang bisa terkena virus HSV-1 (Herpes simplex tipe 1) saat bayi atau anak-anak. Virus ini dapat menyebar melalui kontak kulit dengan orang dewasa yang membawa virus tersebut. Ketahui bahwa orang dewasa tidak harus memiliki luka untuk menyebarkan virus HSV-1.

Selain itu, seseorang bisa terkena virus HSV-2 (Herpes simplex tipe 2) melalui kontak seksual. Sekitar 20% orang dewasa yang aktif secara seksual di Amerika Serikat dapat menularkan virus HSV-2. 

Beberapa orang lebih rawan terkena virus HSV-2, yaitu:

  • Seorang wanita

  • Memiliki banyak pasangan seks

  • Berhubungan seks pada usia muda

  • Memiliki infeksi menular seksual lainnya

  • Memiliki sistem kekebalan yang lemah, dapat dikarenakan penyakit atau obat-obatan

Apa Penyebab Herpes Kulit?

Virus herpes dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak dekat. Anda bisa mendapatkan virus herpes simpleks dari menyentuh luka herpes. Penularan virus ini bisa didapatkan tanpa adanya gejala.

Baca juga: Lakukan Cara Ini Sebagai Bentuk Pencegahan Herpes

Bagaimana Orang Bisa Mendapatkan Herpes Di Sekitar Mulut Mereka?

Seseorang dengan penyakit herpes kulit HSV-1 (Herpes simplex tipe 1) dapat menularkannya ke orang lain dengan cara seperti berikut:

  • Berciuman

  • Menyentuh kulit orang lain, seperti mencubit pipi anak

  • Berbagi barang pribadi seperti peralatan makan, pelembab bibir, atau pisau cukur.

Bagaimana Orang Bisa Mendapatkan Herpes pada Alat Kelamin Mereka?

Anda bisa terkena herpes kelamin setelah kontak dengan orang yang memiliki HSV-1 atau HSV-2. Kebanyakan orang mendapatkan herpes kelamin dari virus HSV-2, yang mereka dapatkan saat berhubungan seks. Jika seseorang mengalami infeksi HSV-1 pada mulut dan melakukan seks oral dapat meningkatkan penyebaran HSV-1 ke alat kelamin dan menyebabkan luka herpes pada alat kelamin.

Apa yang Terjadi Setelah Anda Terinfeksi HSV-1 atau HSV-2?

Seseorang yang telah terkena infeksi virus herpes, ketahui bahwa virus tidak pernah meninggalkan tubuh. Setelah wabah pertama, virus akan berpindah dari sel kulit ke sel saraf. Pada tahap ini, virus tersebut tidak aktif atau dorman. Penyebab virus aktif kembali jika adalah:

  • Stres

  • Penyakit lain

  • Demam

  • Paparan sinar matahari

  • Periode menstruasi

  • Operasi

Pengobatan Herpes Kulit

Sebelum dilakukan pengobatan, Anda perlu melakukan pemeriksaan atau diagnosis herpes kulit untuk memastikan bahwa Anda benar terpapar virus HSV.

Bagaimana Dokter Kulit Mendiagnosis Herpes Kulit?

Selama gejala berlangsung, seorang dokter kulit akan mendiagnosis herpes simpleks dengan melihat luka pada pasien. Dokter akan mengambil swab dari luka dan mengirimkan hasil swab ke laboratorium untuk dicek bahwa pasien menderita herpes simpleks. Bila selama gejala tidak ada luka, maka bisa dilakukan tes medis lainnya, seperti tes darah.

Baca juga: Muncul Herpes di Mulut, Berikut Gejala, Penyebab, Mengatasinya

Bagaimana Dokter Kulit Mengobati Herpes Kulit?

Tidak ada obat untuk penyakit herpes kulit. Namun, obat yang diminum hanyalah untuk meredakan gejala dan mempersingkat wabah. Kebanyakan pasien diobati dengan obat antivirus. Obat dapat berupa krim atau salep antivirus untuk meredakan gejala seperti, terbakar, gatal atau kesemutan. 

Resep obat antivirus oral yang disetujui untuk pengobatan kedua jenis herpes simpleks meliputi:

  • Asiklovir

  • Famciclovir

  • Valasiklovir

 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Mengenal Herpes Zoster Ciri dan Cara Mengatasinya

Referensi
  1. American Academy of Dermatology Association. 2022. Herpes Simplex: Diagnosis And Treatment. Diakses 2022.

  2. Medical News Today. 2019. How to identify and treat a herpes skin rash. Diakses 2022.

Bagikan artikel ini