Bantuan
Free Tele x

Mengenal Herpes Zoster Ciri dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Jun 2022

Bagikan

Herpes Zoster: Apa itu, Ciri dan Cara Mengatasinya

Jika Anda mengalami Herpes Zoster, maka perlu mengetahui ciri-ciri Herpes Zoster mulai sembuh. Herpes Zoster adalah sebuah penyakit yang hampir sama dengan cacar. Proses penyembuhan pada Herpes Zoster ditandai dengan bintik-bintik yang timbul pada kulit semakin melepuh dan hampir pecah.

Waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari penyakit ini berkisar 3-5 minggu, tergantung pada tingkat keparahan kasus yang diderita.

Baca juga: Perhatikan, Ini Gejala Herpes yang Wajib Anda Ketahui



Mengenal Herpes Zoster

Herpes Zoster yang juga dikenal dengan cacar ular adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella-Zoster. Virus ini adalah virus yang juga menjadi penyebab terjadinya cacar air. Saat terinfeksi oleh virus, kulit akan mengalami ruam yang menyakitkan. Meskipun tidak berbahaya, tapi rasa sakit yang ditimbulkan akan sangat mengganggu. 

Bagi Anda yang pernah mengalami cacar air, kemungkinan besar berpeluang mengalami Herpes Zoster di kemudian hari. Hal ini dikarenakan virus tersebut tidak akan hilang dari tubuh melainkan dapat kembali aktif ketika kondisi imun tubuh melemah. 

 

Ciri-Ciri Herpes Zoster

Pada umumnya, munculnya Herpes Zoster ditandai dengan timbul ruam pada salah satu sisi tubuh atau wajah. Berbeda dengan cacar air yang dapat menyebar ke seluruh tubuh, Herpes Zoster hanya muncul pada bagian tertentu dan dalam area yang kecil. Salah satu tempat yang sering kali menjadi tempat munculnya Herpes Zoster adalah area sekitar pinggang. Berikut ini adalah ciri-ciri yang sering muncul.

  • Lepuhan yang berisi cairan

  • Muncul sensasi terbakar dan nyeri 

  • Kesemutan

  • Gatal

  • Mati rasa pada bagian kulit tertentu 

  • Demam dan sakit perut

Gejala yang dialami oleh setiap penderita dapat berbeda-beda. Sebagian orang yang mengalami Herpes Zoster hanya merasakan gejala ringan dan hanya mengalami gatal-gatal. Pada sebagian penderita yang lain, gejala yang dirasakan dapat menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

 

Tahap Pemulihan Herpes Zoster 

Infeksi virus ditandai dengan mulai munculnya ruam pada bagian tertentu tubuh. Ruam tersebut kemudian akan melepuh. Kemunculan ruam ini biasanya dapat disertai dengan gejala seperti flu dan demam. Meskipun tahap penyembuhan Herpes Zoster cukup lama, namun ini adalah ciri-ciri Herpes Zoster mulai sembuh. 

1. Lepuhan Mulai Pecah

Ruam yang melepuh akan mulai pecah setelah 5 hari sejak pertama kali ruam muncul. Kondisi ruam yang mulai pecah ini dapat berlangsung selama 7 hingga 10 hari kemudian. Pada kondisi ini, Anda perlu menghindari bertemu dengan orang lain karena virus dapat menular melalui cairan dari lepuhan yang pecah. 

2. Koreng

Setelah lepuhan pecah, maka akan timbul luka. Luka tersebut akan meninggalkan bekas luka atau koreng pada kulit. Keadaan ini dapat memakan waktu hingga 3 minggu. Agar tidak mengganggu penampilan dalam waktu yang lama, Anda dapat menggunakan produk-produk penghilang bekas luka untuk membantu menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan. 

3. Lepuhan Mengecil

Semakin lama, lepuhan yang timbul akan semakin mengecil dan tidak terlalu terasa sakit. Hal ini menunjukkan bahwa Herpes Zoster mulai sembuh. Keadaan ini secara umum membutuhkan waktu 3 hingga 5 minggu sampai kondisi kembali normal.  Lamanya waktu penyembuhan tergantung pada tingkat keparahan yang dialami. 

 

Tips Mengatasi Herpes Zoster

Rasa sakit ataupun gatal yang timbul pada area munculnya ruam pasti sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala yang muncul dan merasa lebih baik. 

  • Pakailah pakaian yang longgar. Memakai pakaian yang ketat hanya akan menambah rasa tidak nyaman yang muncul. 

  • Gunakan lotion yang dapat membantu menenangkan kulit. Lotion dapat membantu mengurangi sensasi panas pada kulit yang mengalami ruam.

  • Usapkan kain basah pada ruam untuk mengurangi rasa sakit. Gunakan juga untuk membantu mengeringkan cairan pada lepuhan yang pecah. 

  • Jangan menggaruk lepuhan. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka.

  • Hindari stres, dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Alihkan rasa sakit dengan melakukan hal lain. Stres hanya dapat menjadikan rasa sakit yang timbul semakin buruk. 

  • Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi seimbang. 

  • Menjaga jarak dengan orang yang belum pernah terkena cacar air, belum mendapatkan vaksin cacar, atau yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Anda bisa dengan mudah menyebarkan virus kepada mereka. 

Proses penyembuhan Herpes Zoster memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir jika kondisi-kondisi yang telah disebutkan sebelumnya mulai muncul karena hal tersebut adalah ciri-ciri Herpes Zoster mulai sembuh.

Jangan lupa menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan lakukan hal-hal yang dapat meringankan gejala yang diderita.

Baca juga: Lakukan Cara Ini Sebagai Bentuk Pencegahan Herpes

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi
  1. NIH. 2021. Shingles. Diakses 2022.
  2. LeBrun, Nancy. 2021. Recovery from Shingles: What to Expect. Diakses 2022.
  3. Tee-Melegrito, Rachel Ann. 2021. What To Know About Recovering From Shingles. Diakses 2022.

 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang