Bantuan

Lakukan Cara Ini Sebagai Bentuk Pencegahan Herpes

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Jun 2022

Bagikan

Pencegahan Penularan Herpes yang Harus Anda Ketahui

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara pencegahan herpes? Herpes merupakan penyakit yang umumnya dikenal dapat menimbulkan gejala pada kulit berupa munculnya lenting merah dan kulit melepuh. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara melakukan pencegahan herpes ini. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk dapat mencegah herpes menginfeksi Anda. 

Pencegahan Herpes

Lalu apa saja pencegahan herpes yang bisa dilakukan tersebut? Pencegahan herpes ini pada dasarnya berbeda-beda dengan penyakit yang ditimbulkan. Hal ini karena, virus herpes terdiri dari berbagai jenis dan menyebabkan penyakit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan pencegahan herpes yang bisa Anda lakukan berdasarkan penyakitnya. 

  1. Mencegah cacar air

Langkah pencegahan yang pertama, yaitu mencegah cacar air. Penyakit ini umumnya ditandai dengan lenting merah berair yang muncul hampir di sekujur tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu virus herpes, yaitu Varicella Zoster. Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini. 

  • Mendapatkan vaksin cacar untuk melindungi diri dari infeksi virus Varicella Zoster. Vaksin ini umumnya diberikan pada anak-anak di bawah 13 tahun dan orang dewasa yang belum pernah terkena cacar air. 

  • Jangan mendekati orang yang sedang menderita cacar air karena salah satu penularan tercepat, yaitu kontak langsung. 

  • Hindari menggunakan peralatan yang sama dengan penderita cacar air, seperti handuk, pakaian hingga sisir. 

  • Segera bersihkan tangan dan benda-benda yang pernah berkontak langsung dengan penderita cacar air menggunakan sabun atau cairan antiseptik. 

  1. Mencegah herpes oral dan genital

Selain cacar air, herpes juga dapat menyebabkan munculnya herpes oral dan herpes genital. Kedua penyakit ini disebabkan oleh Herpes Simplex Virus I dan Herpes Simplex Virus II. Pada herpes oral umumnya akan menimbulkan gejala berupa luka dan ruam serta rasa nyeri pada area mulut. Sedangkan herpes genital, akan menimbulkan rasa nyeri, ruam, dan luka di area kelamin. Untuk mencegah kondisi ini terjadi pada Anda, maka Anda bisa melakukan pencegahan berikut ini. 

  • Hindari hubungan seksual tanpa kondom jika berhubungan dengan pasangan yang Anda tidak kenal. Hal ini karena Anda tidak tahu apakah pasangan Anda bebas dari virus herpes atau tidak. 

  • Hindari berhubungan seksual dengan banyak pasangan karena penyebaran virus akan semakin tinggi. 

  • Hindari melakukan oral seks karena virus herpes dapat berpindah dari kelamin ke mulut ataupun sebaliknya.

  • Hindari berhubungan seksual dengan pasangan yang sedang mengalami luka pada kelamin, hingga luka tersebut benar-benar sembuh. 

  1. Mencegah mononukleosis

Mononukleosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh salah satu virus herpes, yaitu virus Epstein-Barr. Penyakit ini juga sering disebut dengan istilah the kissing disease karena penyebabnya yaitu air liur saat penderita berciuman dengan orang lain. Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini, yaitu radang tenggorokan dan  pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher dan bawah ketiak. Lalu bagaimanakah cara mencegah penyakit ini? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan. 

  • Jangan berciuman dengan penderita penyakit ini karena media penularannya adalah air liur. 

  • Gunakan masker saat berada di kerumunan terutama di dekat penderita penyakit ini karena droplet air liur dapat keluar saat penderita bersin, batuk bahkan bercerita. 

  • Hindari menggunakan peralatan secara bersama-sama terutama peralatan makan dengan penderita penyakit mononukleosis. 

  • Selalu cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara teratur, terutama setelah menyentuh benda-benda yang tidak diketahui kebersihannya.

  • Cukupi waktu tidur dan berolahraga yang rutin agar daya tahan tubuh meningkat sehingga tidak mudah terinfeksi virus. 

  • Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. 

Nah, itulah beberapa pencegahan herpes berdasarkan penyakitnya yang bisa Anda lakukan. Apabila Anda telah terinfeksi penyakit herpes ini, usahakan untuk selalu menjaga diri dari orang lain agar tidak menularkan virus ke orang lain. Selain itu, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan pengobatan yang lebih tepat dan menghindari terjadinya komplikasi yang lebih buruk lagi.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Deretan Pengobatan Herpes yang Bisa Anda Lakukan

Referensi

Mayo Clinic. 2020. Genital herpes. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/genital-herpes/symptoms-causes/syc-20356161

Johns Hopkins Medicine. Oral Herpes. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/herpes-hsv1-and-hsv2/oral-herpes

Cleveland Clinic. 2020. Shingles. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/11036-shingles

Bagikan artikel ini