Bantuan

Penyebab, Gejala Serta Cara Pencegahan Ambeien yang Bisa Dilakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Feb 2022

Bagikan

ambeien

Ambien menjadi salah satu penyakit yang banyak benci karena menyebabkan penderita sulit duduk atau buang air besar. Ambeien itu sendiri merupakan pembengkakan yang terjadi pada usus besar bagian akhir atau dubur. Hal ini dapat terjadi karena adanya peradangan pada pembuluh vena di sekitar anus. 

Namun, Sudahkah Anda tahu apa gejala dan penyebab ambeien? Di dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai apa gejala dan penyebabnya. Tidak hanya itu, akan dijelaskan juga bagaimana cara mencegah terjadi ambeien pada Anda.  

Penyebab Ambeien

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ambeien disebabkan karena adanya peradangan pada pembuluh vena di anus. Kondisi tersebut dapat disebabkan beberapa kondisi sebagaimana berikut ini.

  1. Obesitas

Penyebab ambeien yang pertama, yaitu obesitas atau kelebihan berat badan. Kondisi berat badan berlebih ini akan membuat otot harus menopang berat badan serta bekerja lebih ekstra dalam menjalankan fungsi utama termasuk pembuluh darah pada anus. 

  1. Duduk terlalu lama

Terlalu dalam duduk saat buang air besar terutama pada toilet duduk akan meningkatkan risiko ambeien. Pasalnya, buang air besar pada toilet duduk akan membuat anus menjadi penopang seluruh berat badan. 

  1. Hubungan Seksual Melalui Anal

Tidak hanya menyebabkan penyakit kelamin, berhubungan seksual melalui anal juga dapat menyebabkan ambeien. Hal ini karena anus tidak memiliki pelumas alami layaknya organ genital wanita. 

  1. Kurangnya Asupan Serat

Mengonsumsi serat dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan manusia. Pada saat tubuh kekurangan serat, maka akan mengalami kesulitan dalam buang air besar. Hal ini akan membuat Anda mengejan terlalu keras karena feses sulit keluar dan akhirnya menyebabkan ambeien berdarah. 

  1. Kehamilan

Seorang ibu hamil akan merasakan pembengkakan pada area anus karena ukuran rahim yang semakin membesar. Membesarnya ukuran rahim ini akan menyebabkan tekanan pada pembuluh darah yang ada di sekitarnya termasuk anus. 

Gejala Ambeien

Gejala ambeien akan dirasakan berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Pada jenis ambeien eksternal atau ambeien luar, maka akan mengalami gejala yang meliputi gatal pada bagian anus, nyeri pada anus ketika duduk, dan munculnya benjolan yang keras dan terasa lembut, sedangkan untuk jenis ambeien internal atau internal, gejala yang dirasakan, yaitu nyeri dan gatal namun feses yang dikeluarkan disertai darah. 

Cara Mencegah Ambeien

Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya ambeien ataupun mencegahnya agar tidak kambuh? Tidak perlu khawatir, di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ambeien. 

  1. Mencukupi Kebutuhan Air

Cara mencegah ambeien yang pertama, yaitu dengan mencukupi kebutuhan air harian. Pasalnya, kebutuhan air yang tercukupi dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Apabila kekurangan cairan, maka tidak cukup untuk membuat feses menjadi lunak sehingga sulit buang air besar. 

  1. Mengonsumsi Serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat dapat mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan seperti sulit buang air besar. Pada saat Anda sulit buang air besar, maka akan membuat anus mendapatkan tekanan yang besar sehingga dapa menyebabkan terjadinya pembengkakan. Oleh karena itu, mengonsumsi makan berserat dapat mencegah terjadinya ambeien.  Anda bisa mendapatkan asupan serat dari biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran. 

  1. Menghindari Menunda Buang Air Besar

Cara mencegah ambeien yang selanjutnya, yaitu menghindari menunda buang air besar. Hal ini karena menunda buang air besar akan membuat feses menumpuk dan keras. Kebiasan seperti ini dapat menyebabkan perubahan pola buang air besar sehingga tidak ada dorongan yang dapat mengeluarkan feses yang mengeras. Oleh karena itu, Anda akan mengejan lebih keras sehingga meningkatkan risiko ambeien. 

  1. Aktif Bergerak

Cara mencegah ambeien yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu dengan aktif bergerak. Hal ini karena kebiasaan duduk terlalu lama akan menyebabkan tekanan yang besar pada pembuluh darah yang berada di anus. Oleh karena itu, Anda perlu sering-sering bergerak. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab, gejala, dan juga cara mencegah ambeien yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda selalu menerapkan beberapa cara di atas agar terhindar dari ambeien yang mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Waspada! Kenali Gejala Ambeien Pada Pria, Beserta Penyebabnya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Jewell, Tim. 2021. Hemorrhoids. https://www.healthline.com/health/hemorrhoids#risk-factors

Cleveland Clinic. 2018. 5 Simple Ways You Can Prevent Hemorrhoids. https://health.clevelandclinic.org/5-simple-ways-you-can-prevent-hemorrhoids/

Mayo Clinic. 2021. Hemorrhoids. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268

Myers, Wyatt. 2015. 6 Easy Ways to Prevent Hemorrhoids. https://www.everydayhealth.com/news/six-easy-ways-prevent-hemorrhoids/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang