Bantuan
Free Tele x

Kenali Macam-Macam Bahaya Asam Lambung Yang Tidak Ditangani

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Kenali Macam-Macam Bahaya Asam Lambung Yang Tidak Ditangani

Apakah Anda tahu apa saja bahaya asam lambung jika tidak segera ditangani? Asam lambung merupakan asam yang dihasilkan oleh lambung yang bertugas untuk memecah makanan dan juga menyingkirkan zat yang berbahaya. Akan tetapi, asam lambung ini akan menjadi berbahaya jika naik ke kerongkongan. 

Ketika asam lambung naik ke kerongkongan akan menimbulkan beberapa gejala. Apabila gejala yang ditimbulkan karena naiknya asam lambung tidak diobati, maka dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk. 

Bahaya Asam Lambung

Lalu apa saja bahaya asam lambung yang tidak ditangani tersebut? Untuk mengetahi jawaban mengenai bahaya asam lambung, Anda perlu menyimak penjelasan di bawah ini 

  1. GERD

Bahaya asam lambung yang pertama yaitu GERD atau penyakit asam lambung. Kondisi ini merupakan tahap kronis ketika asam lambung yang kembali ke tenggorokan membuat dinding kerongkongan menjadi iritasi. Penyakit asam lambung atau GERD ini umumnya akan ditandai dengan munculnya nyeri pada ulu hati yang kadang muncul 2 kali dalam seminggu. Cara mengatasi kondisi ini yaitu dengan menjauhi alkohol dan mulai hidup dengan gaya hidup yang sehat. 

  1. Penyempitan Kerongkongan

Bahaya asam lambung yang selanjutnya yaitu terjadinya penyempitan kerongkongan. Hal ini terjadi karena gejala asam lambung yang tidak diobati akan  memicu munculnya peradangan sehingga terbentuknya parut. Tidak hanya itu, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan munculnya jaringan abnormal pada kerongkongan.

Pada akhirnya kondisi ini akan menyebabkan kerongkongan menjadi kaku dan menyempit. Tentu saja penyempitan kerongkongan ini akan menyebabkan penderitanya kesulitan menelan makanan dan minuman bahkan menyebabkan sesak napas. 

  1. Esofagus Barrett

Esofagus barrett merupakan bahaya asam lambung yang selanjutnya. Esofagus barrett itu sendiri terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan tidak diobati selama bertahun-tahun. Dengan kata lain, esofagus barrett merupakan tahap kronis dari penyakit GERD yang dibiarkan.

Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan yang ada di tenggorokan yang menghubungkan mulut dengan lambung. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini umumnya mirip dengan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit GERD.

Baca Juga: Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

  1. Esofagitis 

Esofagitis merupakan bahaya asam lambung yang tidak diobati. Asam lambung itu sendiri merupakan peradangan yang terjadi pada kerongkongan  yang disebabkan naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. Biasanya, penyakit yang satu ini akan menimbulkan gejala berupa sakit perut, sakit tenggorokan dan juga suara serak. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, bisa saja berkembang menjadi penyakit yang lebih parah yaitu kanker kerongkongan, 

  1. Striktur Kerongkongan 

Bahaya asam lambung yang perlu Anda waspadai selanjutnya yaitu striktur kerongkongan. Striktur kerongkongan itu sendiri merupakan kondisi di mana lapisan kerongkongan mengalami kerusakan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Pada umumnya, gejala yang ditimbulkan dari penyakit yang satu ini yaitu sulit menelan atau sakit saat menelan. Hal ini disebabkan karena kerongkongan mengalami penyempitan. 

  1. Infeksi Paru-Paru

Ternyata bahaya asam lambung juga dapat menyebabkan infeksi paru-paru. Kondisi ini terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan terhirup lalu masuk ke dalam paru-paru. Beberapa gejala yang umumnya muncul yaitu demam, batuk, nyeri dada, sesak napas, kulit pucat dan kelelahan. Sebaiknya Anda tidak meremehkan kondisi ini, karena infeksi paru-paru dapat mengancam nyawa jika tidak ditangani. 

  1. Kanker Kerongkongan

Bahaya asam lambung yang wajib Anda waspadai terakhir yaitu kanker kerongkongan. Bagi Anda yang menderita penyakit esofagus barret maka, akan memiliki risiko yang semakin besar mengalami kanker kerongkongan. Beberapa gejala yang umumnya ditimbulkan yaitu batuk, suara serak, sensasi terbakar di dada dan juga nyeri ada. Pada tahap awal, penyakit yang satu ini kadang tidak menimbulkan gejala. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan untuk mendeteksinya.  

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai bahaya asam lambung yang tidak segera diobati. Jika Anda tidak ingin mengalami penyakit-penyakit yang telah disebutkan di atas, cobalah untuk melakukan  pencegahan. Akan tetapi, jika Anda mengalami gejala asam lambung, maka segeralah untuk mengobati gejala asam lambung tersebut.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

 

Sumber:

1. Vandergriendt, Carly. 2020. Can Acid Reflux Cause Life Threatening Complications?

2. Mayo Clinic. Gastroesophageal reflux disease (GERD).

Bagikan artikel ini