Bantuan
Free Tele x

Kenali Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Dec 2021

Bagikan

Kenali Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Apakah Anda tahu jenis-jenis asuransi kesehatan yang ada di Indonesia? Asuransi kesehatan merupakan sebuah bentuk perlindungan kesehatan bagi peserta asuransi. Asuransi kesehatan dapat melindungi Anda dari segi kesehatan dan juga ekonomi yang berhubungan dengan  risiko kesehatan. 

Setiap jenis asuransi memiliki manfaat yang berbeda-beda. Selain itu, manfaat yang didapatkan akan semakin besar apabila premi yang Anda banyak juga besar. Berikut ini jenis-jenis asuransi yang perlu Anda ketahui. 

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

  1. Berdasarkan Perawatannya

Jenis asuransi yang pertama yaitu dilihat dari perawatannya. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa tipe perawatan yang sering digunakan oleh penyedia asuransi seperti rawat inap atau In-Patient Treatment dan rawat jalan atau Out-Patient Treatment

  1. Berdasarkan Biaya Yang Ditanggung

Selain dilihat berdasarkan perawatannya, jenis asuransi juga dapat dilihat dari biaya yang ditanggung. Biaya yang ditanggung peserta meliputi biaya atas rawat inap yang akan digunakan untuk menanggung semua fasilitas rawat inap, mulai dari kamar, biaya dokter hingga biaya lainnya.

Setelah itu, ada biaya atas rawat jalan yang digunakan untuk menanggung biaya pemeriksaan harian, biaya perawatan jalan dan biaya perawatan lainnya. Dan yang terakhir yaitu biaya atas manfaat khusus yang digunakan untuk menanggung biaya kendaraan ambulans, kursi roda, laporan medis dan lainnya. 

  1. Berdasarkan Pihak Yang Ditanggung

Jenis-jenis asuransi juga dapat dilihat berdasarkan pihak yang ditanggung. Pada umumnya, asuransi kesehatan digunakan oleh kelompok maupun individu. Semakin banyak orang yang diberikan perlindungan, maka semakin banyak premi yang harus dibayarkan.

Tidak hanya itu, asuransi kesehatan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Sebagai contoh, apabila Anda seorang karyawan kantoran, mungkin saja akan diwajibkan mengikuti asuransi kesehatan yang sudah ditetapkan oleh kantor yang akan dipotong melalui gaji.

Baca Juga: Apa Itu Asuransi? Mari Cari Tahu Seluk Beluknya

  1. Berdasarkan Jenis Pembayaran

Jenis-jenis asuransi juga dapat dilihat dari jenis pembayaran klaim yang dilakukan. Terdapat dua jenis pembayaran klaim yang digunakan pada penyedia asuransi di Indonesia yaitu cashless dan reimburse. Jenis pembayaran cashless merupakan jenis pembayaran yang dilakukan di awal. Yang mana nantinya, Anda akan mendapatkan kartu yang akan diberikan ke pihak rumah sakit ketika menjalani perawatan sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang.

Sedangkan metode pembayaran reimburse, Anda harus membayar biaya perawatan rumah sakit menggunakan uang pribadi terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mengajukan penggantian biaya rumah sakit dan melalui beberapa proses, ketika pengajuan Anda diterima, maka uang Anda akan kembali. 

  1. Berdasarkan Kepemilikan Penyelenggara

Jenis-jenis asuransi yang terakhir dapat dilihat berdasarkan kepemilikan penyelenggara. Kepemilikan penyelenggara ini dapat dibedakan menjadi dua yaitu swasta dan juga pemerintah. Asuransi swasta merupakan asuransi kesehatan yang dikelola oleh perusahan asuransi swasta. Sedangkan asuransi pemerintah, merupakan asuransi yang dikelola oleh pemerintah. Salah satu contoh asuransi yang dikelola oleh pemerintah yaitu BPJS Kesehatan. 

Manfaat Asuransi Kesehatan

Lantas, apakah manfaat mengikuti asuransi kesehatan? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui manfaat asuransi kesehatan. 

  1. Dapat Memberikan Ketenangan

Manfaat asuransi kesehatan yang pertama yaitu dapat memberikan ketenangan. Hal ini karena, sakit merupakan suatu kondisi yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Dengan menggunakan asuransi kesehatan, dapat membuat Anda merasa terlindungi.  Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu panik atau bingung untuk meminta bantuan kepada orang lain. 

  1. Dapat Menjadi Investasi

Selain membuat Anda menjadi lebih tenang, asuransi kesehatan juga dapat menjadi salah satu wadah investasi. Anda bisa memilih asuransi dengan fasilitas plus investasi. Biasanya ada pilihan tahun yang dapat Anda pilih mulai dari 5, 7 dan 10 tahun. 

  1. Dapat Meminimalkan Kerugian

Asuransi juga dapat meminimalkan kerugian akibat kejadian yang tak terduga. Beberapa bantuan kerugian yang diberikan biasanya berupa bantuan biaya kerugian kebakaran, biaya rumah sakit dan juga kecelakaan. 

Itulah jenis-jenis asuransi kesehatan dan juga manfaat yang didapatkan. Apabila Anda ingin mengikuti asuransi kesehatan, pastikan memilih perusahan asuransi yang sudah resmi dan dapat dipercaya. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya penipuan ataupun gagal bayar premi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Asuransi Kesehatan dan Urgensinya

Bagikan artikel ini