Bantuan
Free Tele x

Apa Itu Asuransi? Mari Cari Tahu Seluk Beluknya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Apa Itu Asuransi? Mari Cari Tahu Seluk Beluknya

Tahukah Anda apa itu asuransi? Asuransi merupakan perjanjian antara pihak tertanggung atau pihak yang diasuransikan dengan pihak perusahaan penanggung asuransi. Pihak tertanggung diwajibkan membayar uang asuransi setiap bulan atau tahunnya, sedangkan perusahaan penanggung akan membayarkan uang pertanggungan ketika suatu kondisi menimpa pihak tertanggung.

Jenis-Jenis Asuransi

Banyak sekali jenis asuransi yang bisa Anda ikuti, berikut beberapa jenis asuransi yang perlu Anda ketahui:

1. Asuransi Jiwa

Apa itu asuransi jiwa? Asuransi jiwa merupakan asuransi yang diberikan ketika pihak tertanggung meninggal dunia. Bagi Anda tulang punggung keluarga, Anda bisa mengambil asuransi jiwa, agar jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, keluarga Anda mendapatkan uang asuransi untuk modal kehidupan setelah Anda tidak bisa membiayai keluarga Anda lagi. 

2. Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor mengacu pada kebijakan yang menawarkan bantuan keuangan jika terjadi kecelakaan yang melibatkan mobil atau sepeda motor Anda. Asuransi kendaraan bermotor bisa dicairkan untuk tiga kategori kendaraan bermotor, seperti asuransi mobil, kendaraan roda dua termasuk sepeda dan asuransi kendaraan komersial. 

3. Asuransi Kesehatan

Apa itu asuransi kesehatan? Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi umum, yang memberikan bantuan keuangan kepada Anda, jika Anda dirawat di rumah sakit untuk perawatan. Asuransi tersebut mencakup biaya perawatan yang dilakukan di rumah, sebelum rawat inap atau setelah keluar dari rumah sakit yang sama.

Baca Juga: Mengenal Asuransi Kesehatan dan Urgensinya

4. Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi berikutnya ialah asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan memastikan keamanan finansial seorang pelancong selama perjalanan. Oleh karena itu, jika dibandingkan dengan kebijakan asuransi lainnya, asuransi perjalanan merupakan perlindungan jangka pendek. Asuransi perjalanan menawarkan bantuan keuangan di berbagai waktu, seperti saat kehilangan bagasi, pembatalan perjalanan, dan banyak lagi. 

5. Asuransi Properti

Asuransi properti merupakan asuransi setiap bangunan atau struktur tidak bergerak, bisa  berupa tempat tinggal atau ruang komersial Anda. Jika ada kerusakan menimpa properti Anda, Anda bisa mengklaim bantuan keuangan dari penyedia asuransi. 

6. Asuransi Seluler

Asuransi seluler telah menjadi keharusan untuk mengasuransikan telepon seluler yang harganya semakin tinggi. Asuransi seluler memungkinkan Anda untuk mendapatkan kembali uang yang Anda habiskan untuk memperbaiki telepon, ketika terjadi kerusakan yang tidak disengaja. Selanjutnya, Anda juga bisa mendapatkan asuransi ketika telepon Anda dicuri.

7. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan bermanfaat bagi Anda yang mempunyai anak yang akan bersekolah. Asuransi pendidikan memberikan jaminan biaya pendidikan sampai tingkat kuliah.  Tergantung berdasarkan produk asuransi pendidikan yang Anda pilih. 

8. Asuransi Penyakit Kritis

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit kritis atau mematikan, Anda bisa mendaftar asuransi ini. Asuransi penyakit kritis mirip dengan asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis bisa menutupi keseluruhan atau sebagian dari tagihan biaya rumah sakit terkhusus penyakit tertentu. Contohnya risiko 3 penyakit penyebab kematian, yaitu serangan jantung, stroke, dan kanker.

Manfaat Asuransi

Beberapa jenis asuransi di atas bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Setelah Anda mengetahui apa itu asuransi berdasarkan jenisnya. Anda bisa menentukan asuransi apa yang akan Anda pilih nantinya. Adapun beberapa manfaat mengikuti asuransi yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  1. Memberikan Keamanan Untuk  Masa Depan

Dengan adanya asuransi, keuangan Anda akan lebih stabil. Sehingga jika terjadi beberapa risiko yang mempengaruhi keuangan Anda, Anda bisa meminimalisirnya dengan asuransi yang Anda miliki. Dengan begitu, uang Anda bisa di dialokasikan untuk kebutuhan lainya, seperti investasi atau memulai suatu bisnis.

  1. Meminimalisir Kerugian

Keseluruhan risiko yang Anda alami dalam hidup, bisa Anda alihkan pada asuransi. Sehingga Anda tidak perlu berhutang demi menutupi risiko finansial atau mengambil uang tabungan yang sudah Anda simpan untuk keperluan lain, atau bahkan mengambil dari dana darurat yang sudah Anda miliki. 

  1. Alat Pengalihan Risiko

Asuransi bisa mengalihkan risiko finansial yang Anda miliki. Dengan asuransi, Anda bisa mengalihkan beban risiko finansial Anda. Contohnya dengan asuransi kesehatan, Anda tidak perlu membayar keseluruhan atau sebagian biaya tagihan rumah sakit pada saat jatuh sakit. Risiko tersebut bisa dialihkan atau ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Itulah beberapa jenis asuransi, apa itu asuransi dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui. Beberapa jenis asuransi di atas bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk mengurangi risiko kerugian yang bisa menimpa Anda. Dengan memiliki asuransi, Anda bisa tetap mempertimbangkan penanganan segala risiko yang menimpa Anda melalui asuransi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Anda Perlu Tahu, Ini Penyakit Yang Wajib Rawat Inap

Bagikan artikel ini