Bantuan

Mari Ketahui Beragam Penyakit yang Mengintai saat Mudik

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Apr 2022

Bagikan

penyakit yang mengintai saat mudik

Agar mudik berjalan lancar, Anda perlu mengetahui berbagai penyakit yang mengintai saat mudik. Mendekati hari raya Idul Fitri, banyak orang yang memutuskan untuk mudik ke kampung halaman. Namun, ada beberapa penyakit yang sering menimpa para pemudik ini. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui berbagai penyakit ini agar bisa mencegahnya.

Lantas apa saja penyakit yang mengintai saat mudik tersebut? Mari simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai penyakit yang mengintai saat mudik. 

Penyakit yang Mengintai saat Mudik

Perjalanan selama berjam-jam serta dalam kondisi berpuasa, tentunya meningkatkan risiko berbagai penyakit menyerang Anda. Selain itu, lalu lintas yang macet juga bisa menguras banyak energi yang membuat Anda semakin rentan terhadap penyakit.  Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit yang mengintai saat mudik berikut ini. 

  1. Mabuk perjalanan

Penyakit yang paling sering mengintai saat melakukan perjalanan yaitu mabuk perjalanan. Orang-orang yang mengalami mabuk perjalanan akan merasakan mual, muntah, lemas, pusing dan lainnya. Mabuk perjalanan ini bisa disebabkan karena penglihatan dan pendengaran yang tidak selaras. Pasalnya, selama perjalanan Anda hanya diam namun penglihatan dan pendengaran Anda bergerak. Untuk mengatasi mabuk perjalanan ini, Anda bisa duduk di bagian depan atau bisa minum obat anti mabuk. 

  1. Sembelit

Sulit buang air besar atau  sembelit merupakan penyakit yang mengintai saat mudik selanjutnya. Kondisi ini terjadi karena Anda terlalu lama duduk selama berjam-jam. Tidak hanya itu, beberapa orang mungkin akan membatasi asupan makanan dan minuman agar tidak terlalu sering buang air. Untuk mengatasinya sulit buang air besar ini, pastikan Anda minum air putih yang cukup banyak serta mencukupi makanan yang tinggi serat. Dengan begitu, feses yang telah mengeras bisa kembali lunak sehingga buang air besar bisa kembali lancar.

  1. Diare

Ternyata, diare juga menjadi penyakit yang sering mengintai saat mudik. Kondisi ini terjadi, karena Anda makan makanan yang kurang bersih yang di jual di pinggir jalan. Pasalnya, di dalam makanan yang kurang bersih mungkin terdapat bakteri atau virus yang membawa penyakit, salah satunya yaitu diare. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa bekal sendiri yang bisa dijamin kebersihannya. Selain itu, pastikan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyantap makanan. 

  1. ISPA

Penyakit yang mengintai saat mudik selanjutnya yaitu ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas. Penyakit ini lebih berisiko saat Anda mudik dengan menggunakan kendaraan darah terutama sepeda motor. Pasalnya, di jalan terdapat banyak kendaraan pemudik lainnya yang mengeluarkan debu dan asap, sehingga terhirup oleh pemudik. Ditambah lagi, daya tahan tubuh yang menurun saat mudik membuat penyakit ISSPA ini semakin berisiko. 

  1. Influenza

Penyakit yang sering mengintai saat mudik terakhir yaitu influenza. Pasalnya, selama perjalanan daya tahan tubuh akan mengalami penurunan. Kondisi ini tentunya membuat tubuh Anda rentan mengalami infeksi seperti virus influenza. Ditambah lagi, jika Anda melakukan perjalanan menggunakan kendaraan umum. Pasalnya, di dalam kendaraan umum terdapat banyak orang yang mungkin saja membawa virus atau bakteri. Untuk mencegah penyakit ini, pastikan menggunakan masker dan menjaga kebersihan tangan. 

Tips Aman Mudik

Selain mengetahui berbagai penyakit yang mengintai saat mudik, Anda juga perlu mengetahui tips-tips aman saat mudik. Dengan begitu, Anda bisa mudik dengan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Berikut ini beberapa tips aman mudik yang perlu  Anda terapkan.

  • Pastikan kondisi fisik Anda sedang dalam kondisi yang prima. 

  • Cukupi asupan nutrisi dan juga cairan agar tubuh tetap segar selama perjalanan. 

  • Coba melakukan perjalanan di malam hari, untuk menghindari panas matahari yang menyebabkan dehidrasi dan bisa bebas makan dan minum. 

  • Bawa obat-obatan yang diperlukan seperti obat anti mabuk, obat sakit kepala hingga kotak P3K. 

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai penyakit yang mengintai saat mudik yang perlu Anda waspadai. Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Lebaran Sudah Dekat, Ini Tips agar Tidak Mabuk Saat Mudik yang Bisa Anda Terapkan

Tag :
Referensi

GOV. 2013. Travelling during Ramadan. https://www.gov.uk/guidance/travelling-during-ramadan

CDC. Motion Sickness. https://wwwnc.cdc.gov/travel/page/motion-sickness 

Bagikan artikel ini