Bantuan
Free Tele x

Kenali Cara Meningkatkan serta Tanda Kekurangan Hormon Serotonin

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Jun 2022

Bagikan

Kenali Cara Meningkatkan serta Tanda Kekurangan Hormon Serotonin

Dikenal sebagai salah satu hormon bahagia, serotonin juga berperan untuk menjaga mood Anda. Bagaimana cara meningkatkan hormon serotonin secara alami? Simak artikel ini. 

Serotonin berperan sebagai penyejuk agar suasana hati menjadi lebih baik. Tidak heran jika hormon serotonin berperan penting dalam kesehatan mental dan emosional seseorang. Selain itu, hormon serotonin dapat mempengaruhi fungsi sel otak dan hilangnya stres.

 

Apa Itu Hormon Serotonin?

Hormon serotonin dikenal sebagai hormon bahagia yang mana salah satu fungsinya adalah membawa pesan antar sel di dalam otak. Karena memiliki peran dalam mempengaruhi suasana hati, maka kandungan hormon serotonin di dalam tubuh dapat mengurangi depresi. Tidak hanya itu, hormon serotonin berperan penting dalam sejumlah fungsi tubuh seperti proses pembekuan darah, pencernaan, pembentukan tulang dan fungsi seksual.

 

Cara Meningkatkan Hormon Serotonin secara Alami

Untuk menjaga kadar serotonin di dalam tubuh tetap seimbang, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Berikut cara meningkatkan hormon serotonin secara alami, di antaranya:

1. Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh. Menurut peneliti dari University of Vermont, olahraga secara teratur dalam waktu 30 menit dapat memperbaiki suasana hati hingga 12 jam. Beberapa olahraga yang bisa Anda coba ialah bersepeda, jalan cepat, renang, lari dan hiking. Paling tidak olahraga 30 menit dapat membakar kalori dan meningkatkan kadar triptofan.

Baca juga: Terkenal Sebagai Olahraga Relaksasi, Ini Manfaat Yoga bagi Kesehatan Fisik dan Mental 

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi dan karbohidrat bisa jadi cara efektif untuk meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh. Anda bisa mengutamakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oatmeal dan roti gandum. Para pakar kesehatan sendiri, menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung triptofan setidaknya 25-30 gram setiap hari. 

3. Berjemur Setiap Pagi

Berjemur setiap pagi sekitar 15 menit di bawah sinar matahari langsung akan membantu pembentukan vitamin D yang juga berperan dalam proses produksi hormon serotonin. Namun perlu Anda ingat, paparan sinar matahari pada pukul 10.00-14.00 tidak dianjurkan karena memiliki paparan ultraviolet relatif tinggi. 

4. Meditasi

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa meditasi dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi tegangan pada jantung dan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit berbahaya. Selain itu, menurut penelitian dari Johns Hopkins University, meditasi selama 30 menit dapat membantu tubuh memperbaiki gejala depresi dan menstabilkan area otak agar tetap berpikir positif.

 

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Hormon Serotonin

Umumnya kadar normal hormon serotonin di dalam darah ialah 101 hingga 283 nanogram per mililiter. Jika tubuh kekurangan hormon serotonin maka beberapa tandanya dapat Anda rasakan sebagai berikut, di antaranya:

1. Gangguan Kecemasan

Kekurangan kadar hormon serotonin di dalam darah dapat menimbulkan gangguan kecemasan atau obsesif-kompulsif. Gangguan kecemasan ini meliputi perilaku kompulsif seperti mencuci tangan untuk mengatasi pikiran cemas yang kerap mengganggu seseorang sehingga perlu segera meningkatkannya.

2. Suasana Hati Jadi Tidak Stabil

Tanda kekurangan hormon serotonin di dalam darah selanjutnya adalah suasana hati jadi tidak stabil. Akibatnya seseorang jadi mudah tersinggung dan murung tanpa alasan. Dalam kondisi lebih parah, hormon serotonin dapat menimbulkan perasaan sedih, marah, putus asa, kelelahan dan muncul pikiran untuk mengakhiri hidup. 

3. Masalah Konsentrasi

Tanda kekurangan hormon serotonin selanjutnya ialah mengalami masalah konsentrasi dalam mempelajari informasi baru. Sehingga mereka yang mengalami kekurangan hormon serotonin akan mengalami masalah motivasi dalam belajar. Untuk mengembalikan konsentrasi, Anda bisa berolahraga dan mengurangi stres.

4. Perubahan Tidur

Tanda kekurangan hormon serotonin yang jelas bisa Anda rasakan ialah perubahan tidur karena hormon serotonin dapat mengatur tidur. Sehingga jika Anda merasa sangat lelah, sulit tidur atau terlalu banyak tidur bisa jadi Anda kekurangan kadar serotonin di dalam darah. 

Cara meningkatkan hormon serotonin secara alami bisa Anda coba dengan olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan bergizi, olahraga setiap pagi dan meditasi. Terlebih hormon serotonin memiliki fungsi penting di dalam tubuh seperti memperbaiki suasana hati, pembekuan darah, mengendalikan siklus tidur dan fungsi seksual.

Baca juga: Seluk-beluk Hormon Melatonin yang Mampu Meningkatkan Kualitas Tidur

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Brown, Emily. 7 Ways to Increase Serotonin (With or Without Medication). 2022. Available at: https://www.verywellhealth.com/how-to-increase-serotonin-food-pills-natural-tips-5209264#:~:text=Increasing%20serotonin%20levels%20can%20be,be%20increased%20synthetically%2C%20with%20antidepressants (Accessed: 21 April 2022).

Lamoreux, Karen. Serotonin Deficiency: What We Do and Don’t Know. 2021. Available at: https://www.healthline.com/health/serotonin-deficiency (Accessed: 21 April 2022).

Bagikan artikel ini