Bantuan

Sayang untuk Dilewatkan, Berikut Ini Adalah Ragam Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Sayang untuk Dilewatkan, Berikut Ini Adalah Ragam Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Sebagai salah satu makanan yang sering disajikan saat sarapan, sudahkah Anda mengetahui manfaat oatmeal? Makanan yang terbuat dari biji oat ini diklaim merupakan salah satu superfood dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itulah, makanan yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. 

Nah, biar lebih yakin lagi dalam memasukkan oatmeal ke dalam jadwal menu sehari-hari, ada baiknya Anda mengetahui ragam manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh. Manfaat oatmeal ini datang dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Apa saja? Simak terus pembahasan mengenai kandungan nutrisi dan manfaat oatmeal berikut. 

Kandungan nutrisi oatmeal

Apabila Anda mengonsumsi sekitar 1 cangkir oatmeal (sekitar 78 gram), tidak hanya Anda akan merasa lebih kenyang karena kandungan kalorinya yang mencapai 300 kalori, Anda juga akan mendapatkan nutrisi sebagai berikut:

  • Karbohidrat: 50 gram

  • Protein: 13 gram

  • Serat: 8 gram

  • Lemak: 5 gram

  • Mangan

  • Fosfor

  • Magnesium

  • Zat besi

  • Tembaga

  • Zinc

  • Kalsium

  • Kalium

  • Vitamin B1, B3, B5, dan B6

Selain itu, oatmeal juga mengandung kandungan antioksidan unik yang dalam hal ini hanya ditemukan pada biji oat saja, yakni fitoestrogen dan avenanthramides. Dengan kandungan yang melimpah tersebut, oatmeal menjadi kaya akan manfaat, mulai dari mengurangi peradangan hingga mencegah berbagai penyakit. 

Manfaat oatmeal

Saat Anda mengonsumsi oatmeal, tubuh akan mendapatkan lebih banyak nutrisi, pada akhirnya banyak manfaat yang akan Anda rasakan, yakni sebagai berikut. 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat oatmeal bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan pertama, yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena oatmeal memiliki kandungan avenanthramide atau antioksidan yang berfungsi dalam mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Apabila penyumbatan pada pembuluh darah dapat dicegah, maka risiko penyakit jantung pun akan berkurang. Bahkan, mengkonsumsi oatmeal secara rutin dapat membantu proses pemulihan dari serangan jantung. 

Baca Juga: Efek Makan Daging Kambing Berlebihan, Meningkat Risiko Penyakit Jantung dan Masih Banyak Lagi!

  1. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi oatmeal juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Manfaat yang satu ini datang dari kandungan serat larut di dalam oatmeal. Serat larut itu sendiri bertugas dalam menghambat penyerapan kolesterol jahat yang bisa memicu terjadinya serangan jantung ataupun stroke. Tidak hanya itu, oatmeal juga memiliki kandungan zat beta glukan yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. 

  1. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat oatmeal bagi kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat mengontrol kadar gula darah. Oatmeal sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena manfaatnya yang mampu mengontrol gula darah. Tidak hanya itu, dalam sebuah penelitian juga dibuktikan bahwa oatmeal efektif dalam memperbaiki kinerja insulin dan mampu menurunkan glukosa di dalam darah. 

Baca Juga: Disebut dapat Menurunkan Gula Darah, Apa Itu Daun Insulin?

  1. Menurunkan berat badan

Ternyata mengonsumsi oatmeal juga dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat yang satu ini disebabkan kandungan serat larut di dalam oatmeal yang dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu, zat beta glukan juga dapat memicu hormon kenyang. Tidak hanya itu, karbohidrat yang dikandung oleh oatmeal juga mampu memberikan suplai energi yang cukup agar Anda tidak merasa lesu ketika diet. 

  1. Mencegah gangguan pencernaan

Kandungan vitamin B6, vitamin B12, dan juga folat di dalam oatmeal  mampu mencegah terjadinya gangguan pencernaan. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa lansia yang rutin mengonsumsi oatmeal  mampu terbebas dari obat-obatan pencahar. Oleh karena itu, oatmeal bisa dikatakan bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan. 

Demikianlah penjelasan mengenai oatmeal dan manfaatnya. Bagaimana, sudah tertarik untuk mengonsumsi oatmeal sebagai makanan sehari-hari? Perlu diketahui bahwa manfaat oatmeal bisa pula Anda dapatkan dengan cara lain tanpa harus mengonsumsinya langsung. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan oatmeal sebagai masker ataupun untuk keperluan membersihkan tubuh. 

Selain itu, meskipun oatmeal ini merupakan makanan yang bergizi dan kaya akan berbagai manfaat, menjadi lebih sehat dan terhindar dari banyak penyakit juga butuh dibarengi pula dengan pola makan yang seimbang dan olahraga yang teratur. Anda juga perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti mengonsumsi alkohol ataupun merokok untuk menjaga tubuh tetap sehat dan senantiasa berada dalam kondisi prima.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Palsdottir, Hrefna. 2016. 9 Health Benefits of Eating Oats and Oatmeal

Taub-Dix, Bonnie. 2019. 7 Reasons You Should Eat Oatmeal Every Day. 

Fletcher, Jenna. 2019. What are the benefits of oatmeal?.

Bagikan artikel ini