Bantuan
Free Tele x

Terkenal Sebagai Olahraga Relaksasi, Ini Manfaat Yoga bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Jan 2022

Bagikan

Terkenal Sebagai Olahraga Relaksasi, Ini Manfaat Yoga bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Sudahkan Anda mengetahui apa manfaat yoga? Salah satu manfaat yang terkenal dari yoga, yaitu sebagai relaksasi. Akan tetapi, manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga yoga tidak hanya itu saja. Masih banyak lagi manfaat yang bisa di dapatkan. 

Apa Itu Yoga?

Yoga merupakan olahraga yang telah ada sejak lama di India. Yoga berasal dari kata “Yuj” dalam bahasa sanskerta yang dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat membawa raga dan jiwa kembali menuju kenyataan. Oleh karena itu, yoga dikenal sebagai suatu  aktivitas fisik yang berguna untuk mereaksi diri. Dalam melakukannya, yoga melibatkan aktivitas fisik yang dipadukan dengan teknik pernapasan, peregangan, kelenturan hingga keseimbangan. 

Baca Juga: Olahraga Yoga untuk Penderita Diabetes

Manfaat Yoga

Manfaat yoga bisa berpengaruh bagi kesehatan tubuh dan kesehatan fisik. Lalu apa saja manfaat yoga tersebut? Berikut ini beberapa manfaat yoga bagi kesehatan mental dan juga kesehatan fisik. 

  1. Mengurangi stres

Manfaat yoga bagi kesehatan mental yang pertama, yaitu dapat mengurangi stres. Pasalnya yoga dapat membantu tubuh untuk mengurangi kadar hormon kortisol atau hormon penyebab stres. Selain itu, yoga juga mampu memberikan efek relaksasi pada tubuh. Tidak hanya itu, dalam berbagai penelitian juga telah menguatkan bahwa yoga bermanfaat dalam mengurangi stres. 

  1. Mengurangi perasaan cemas

Selain mengurangi stres, yoga juga mampu mengurangi perasaan cemas yang Anda rasakan. Hal ini karena gerakan yoga membuat Anda akan meningkatkan kesadaran dan pengalaman sehingga membantu Anda menjadi lebih sadar akan suasana hati negatif yang sedang Anda rasakan. Tidak hanya itu, yoga juga dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang sedang dihadapi. 

Baca Juga: Perhatikan Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Berolahraga Bagi Anda Pejuang Diet

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Yoga juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang jauh lebih baik. Orang yang memiliki stres atau sedang banyak pikiran akan sulit untuk tidur dan terkadang terbangun saat malam hari. Namun, yoga dapat membantu mengurangi berbagai pikiran-pikiran negatif tersebut sehingga membantu Anda untuk tidur lebih baik. Dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa yoga dapat meningkatkan kualitas tidur hingga mengurangi kecemasan. 

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat yang selanjutnya dari yoga, yaitu meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini terjadi karena yoga mampu menurunkan berat badan membantu membentuk postur tubuh yang lebih baik. Tentu saja, badan yang ideal dan postur tubuh yang baik akan meningkatkan seseorang untuk lebih percaya diri ketika bertemu orang lain ataupun tampil di umum.

  1. Meningkatkan kebugaran

Selain bermanfaat untuk kesehatan mental, ternyata yoga juga bermanfaat untuk kesehatan fisik. Salah satu manfaat yoga, yaitu dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Hal ini karena yoga juga dapat menambah kekuatan tubuh dan memperbaiki postur tubuh menjadi lebih, bahkan yoga juga mampu meningkatkan kelenturan tubuh dan juga jangkauan gerak. Semua hal tersebut membuat kebugaran Anda menjadi lebih baik. 

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat yoga yang bisa Anda rasakan selanjutnya, yaitu menurunkan berat badan. Hal ini karena yoga dapat membantu pembakaran lemak sehingga mengurangi berat badan Anda. Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat yoga yang satu ini Anda bisa melakukan yoga jenis power yoga, hot yoga atau ashtanga. Selain itu, Anda juga perlu mengombinasikan dengan latihan aerobik atau berjalan kaki. 

  1. Mengurangi asma

Dalam sebuah studi dijelaskan bahwa penderita asma ringan hingga sedang dapat meringankan gejala asma setelah melakukan beberapa gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan seperti pranayama. Akan tetapi, manfaat yoga yang satu ini belum dapat dibuktikan melalui uji coba klinis untuk membandingkan tingkat efektivitas dengan pengobatan asma konvensional. 

  1. Melancarkan aliran darah

Manfaat yoga yang bisa Anda dapatkan terakhir, yaitu melancarkan aliran darah. Aliran darah yang lancar merupakan faktor penting dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Oleh karena itu, penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga yoga setiap pagi atau sore hari. 

Nah, itulah beberapa manfaat yoga baik bagi kesehatan mental dan juga kesehatan fisik. Walaupun manfaat yang bisa didapatkan sangatlah banyak, tetapi bagi pemula disarankan untuk tidak melakukan gerakan yoga yang ekstrem karena bisa menimbulkan cedera. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Link, Rachel. 2017. 13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science. https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga#TOC_TITLE_HDR_2
  2. John Hopkins. 9 Benefits of Yoga. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/9-benefits-of-yoga
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami