Bantuan

Fungsi Serambi Kanan. Salah Satu Bagian Penting dalam Jantung

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Jun 2022

Bagikan

Fungsi Serambi Kanan. Salah Satu Bagian Penting dalam Jantung

Berperan sangat penting bagi kehidupan manusia, ada baiknya jika kita membahas mengenai fungsi serambi kanan yang terdapat pada jantung kita. Jantung terdiri dari dua serambi, yakni serambi kanan dan kiri, serta dua ventrikel, yakni ventrikel kanan dan kiri. Serambi sering disebut dengan istilah atrium atau serambi, sedangkan ventrikel juga bisa disebut dengan istilah bilik.

Ada perbedaan besar antara jantung janin dan jantung orang dewasa, yaitu jantung janin memiliki lubang pada serambi kanannya. Hal ini memungkinkan bagi darah untuk mengalir langsung ke serambi kiri. Ini sangat penting untuk kesehatan peredaran darah janin. Saat di dalam rahim, janin mengambil darah beroksigen dari ibunya. Setelah lahir, paru-paru berfungsi penuh dan lubang di antara kedua serambi jantung akan menutup.

Fungsi serambi kanan secara umum adalah untuk turut menopang jalannya sistem peredaran darah manusia. Agar bisa memahaminya secara rinci, kita akan membahas mengenai bagian-bagian jantung dan cara kerja sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular pada tubuh manusia.

 

Bagian-Bagian dari Jantung Manusia

Ukuran jantung adalah kira-kira sebesar dua genggaman tangan orang dewasa yang disatukan. Organ vital ini terletak pada bagian tengah dan sedikit condong ke sisi kiri dada Anda. Berkat pemompaan yang konsisten, jantung menjaga sistem peredaran darah Anda selalu berjalan tanpa henti.

Bagian jantung terdiri dari dinding dan ruangan-ruangannya. Ada tiga lapisan pada dinding jantung manusia. Lapisan yang terluar bernama epikardium, lalu lapisan pada bagian tengah adalah miokardium, kemudian endokardium adalah lapisan jantung yang paling dalam.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jantung memiliki empat ruang, yakni serambi kanan dan kiri, serta ventrikel kanan dan kiri. Keempat ruangan ini membentuk rongga internal jantung. Semuanya berperan penting dalam sistem peredaran darah manusia, di mana serambi menerima darah dari vena, sedangkan ventrikel mendorong darah keluar dari jantung.

 

Definisi Umum Sistem Peredaran Darah Manusia

Jantung dan pembuluh darah adalah yang membentuk sistem peredaran darah Anda. Fungsi utama sistem peredaran darah adalah menyediakan oksigen, nutrisi, dan hormon ke otot, jaringan, serta organ-organ seluruh tubuh Anda. Peran lain dari sistem ini adalah memisahkan limbah-limbah yang terdapat pada sel dan organ, untuk dibuang secara alami oleh tubuh Anda.

Sistem peredaran darah ini membantu tubuh Anda melawan penyakit dan membantu mempertahankan tubuh pada suhu normalnya. Tak hanya itu, sistem ini juga memberikan keseimbangan kimia yang tepat untuk mencapai kondisi homeostasis, atau yang bisa disebut dengan keadaan sistem yang stabil.

Sistem peredaran terdiri dari tiga komponen penting. Komponen pertama tentunya adalah jantung. Kemudian, yang kedua adalah pembuluh-pembuluh darah seperti arteri, vena, dan kapiler. Yang terakhir adalah darah itu sendiri. Sistem peredaran darah Anda juga dapat didefinisikan sebagai sistem kardiovaskular, di mana ‘kardio’ berarti jantung, dan ‘vaskular’ berarti pembuluh darah. 

 

Alur Sistem Peredaran Darah dan Fungsi Serambi Kanan Jantung Manusia

Sistem peredaran darah Anda bisa berfungsi dengan bantuan pembuluh-pembuluh darah arteri, vena, dan kapiler yang Anda miliki. Pembuluh darah ini bekerja sama dengan jantung dan paru-paru untuk terus bisa mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Dengan mengetahui alur kerja sistem peredaran darah, Anda akan benar-benar bisa memahami fungsi serambi kanan pada jantung Anda.

Pertama-tama, darah yang sudah berputar di seluruh tubuh dan berkadar oksigen rendah masuk ke serambi kanan jantung Anda. Di sini, serambi jantung Anda bertugas sebagai penerima dan pemroses pertama yang harus memompakan darah ke ruangan jantung selanjutnya.

Setelah diterima oleh serambi kanan, darah dipompa masuk ke ventrikel kanan, kemudian dialirkan melalui arteri pulmonalis utama ke paru-paru. Lalu, sel darah mengambil oksigen pada paru-paru dan pembuluh vena membawa darah yang teroksigenasi ke serambi kiri untuk disalurkan ke ventrikel kiri, di mana bagian jantung yang berotot ini memompa darah ke seluruh tubuh Anda melalui pembuluh arteri.

Itulah penjelasan lengkap mengenai sistem kardiovaskular dan fungsi serambi kanan jantung yang berperan penting di dalamnya. Tentunya, Anda dapat meminimalisir risiko terkena beberapa penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, gagal jantung, stroke, dan lain-lain. Caranya adalah menjaga gaya hidup Anda tetap sehat, seperti menjaga pola makan, rajin berolahraga, dan juga tidak merokok.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Cleveland Clinic. 2021. Circulatory System. https://my.clevelandclinic.org/health/body/21775-circulatory-system#:~:text=The%20circulatory%20system%20(cardiovascular%20system,start%20the%20circulation%20process%20over.

Lovering, Cathy. 2021. Circulatory. https://www.healthline.com/human-body-maps/circulatory-system

Sullivan, Debra. 2018. Circulatory System Diseases: What You Should Know. https://www.healthline.com/health/circulatory-system-diseases

Bagikan artikel ini