Bantuan
Free Tele x

Pengobatan Alami di Rumah untuk Meredakan Gejala Herpes

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Aug 2022

Bagikan

Pengobatan Alami di Rumah untuk Meredakan Gejala Herpes

Terdapat pengobatan alami yang diyakini dapat membantu mengatasi masalah kulit yang disebabkan infeksi virus herpes. Perawatan alami di rumah dapat membantu meringankan gejalanya.

Agar dapat mencoba pengobatan alternatif ini, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan lainnya untuk mendiskusikan kemungkinan dosis, efek samping, dan interaksi yang akan terjadi pada diri Anda.

Baca juga: Waspadai, Ini Jenis-Jenis Virus Herpes yang Bisa Menyerang Anda

 

Pilihan Alternatif Obat Herpes Alami

Berbagai pilihan obat herpes alami dapat Anda gunakan sebagai pereda gejala herpes. Terkadang, obat herpes alami ini digunakan secara bersamaan dengan pengobatan lain.

1. Soda Kue

Pasta soda kue dapat membantu mengeringkan lesi dan mengurangi rasa gatal akibat herpes. Cara menggunakan pasta soda kue dengan mencelupkan bola kapas basah ke dalam sedikit soda kue murni dan oleskan pada luka.

2. Tepung Jagung (Maizena)

Pati jagung juga dikenal sebagai obat herpes alami yang dapat mengeringkan lesi dan mengurangi rasa gatal. Cara menggunakannya pun sama dengan soda kue, Anda hanya perlu mencelupkan bola kapas basah ke dalam sedikit tepung jagung, lalu oleskan ke area yang gatal.

3. Cuka Apel

Cuka apel dikenal karena sifat anti-inflamasi dan anti-virusnya. Agar dapat memanfaatkan khasiat dari cuka apel ini Anda dapat mencampurkannya dengan air hangat dan oleskan ke area yang terkena gejala herpes.

4. Madu

Mengoleskan madu akan sama efeknya dengan mengoleskan krim antivirus, madu ini efektif dalam mengobati herpes oral atau mulut. Biasanya, madu akan manjur jika rutin dilakukan selama 9 hari. 

5. Bawang Putih

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih memiliki sifat yang dapat mengurangi aktivitas virus, termasuk kedua jenis virus herpes (HSV-1 dan HSV-2) Allicin di dalam bawang putih adalah senyawa yang mungkin efektif melawan virus herpes. Namun, belum ada bukti yang jelas bahwa bawang putih dapat mencegah, menyembuhkan, atau mengobati penyakit herpes. 

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mengandung senyawa sulfur organik yang mudah menguap, sehingga penggunaan bawang putih juga dapat menyebabkan luka bakar ketika dioleskan pada kulit. 

Anda dapat memakan bawang putih segar dan minum kapsul bawang putih untuk mengurangi aktivitas virus herpes.

6. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah obat herpes alami yang juga sebagai bahan antivirus ampuh yang telah terbukti membantu mengatasi gejala penyakit herpes. Tea tree oil harus diencerkan dengan minyak sebelum digunakan pada sariawan atau lesi pada herpes genital.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya telah membuktikan memiliki khasiat untuk mempercepat penyembuhan luka karena dapat menenangkan luka herpes. Gel pada lidah buaya murni dapat dioleskan langsung ke hampir setiap area tubuh tanpa perlu diencerkan.

Baca juga: Manfaat dan Khasiat Jus Lidah Buaya bagi Kesehatan

8. Susu Kambing

Susu kambing juga dikenal mengandung bahan antivirus yang dapat bekerja melawan penyakit herpes. Susu kambing ini dapat langsung dipakai dengan mengoleskan ke area yang terkena.

9. Minyak Esensial Chamomile

Beberapa penelitian terbukti menunjukkan bahwa minyak esensial chamomile ini memiliki sifat menenangkan dan melawan virus yang dapat membantu mengobati HSV-2. Chamomile harus diencerkan dengan minyak pembawa agar dapat dipakai sebagai obat herpes alami.

10. Minyak Esensial Jahe

Minyak atsiri jahe sangat berpotensi membunuh virus herpes saat Anda bersentuhan. Minyak esensial jahe ini juga harus diencerkan dengan minyak pembawa sebelum dipakai.

11. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih berpotensi sebagai antivirus yang juga ampuh melawan penyakit herpes. Manfaat minyak kayu putih ini juga menenangkan dan meningkatkan penyembuhan. Cara penggunaannya harus diencerkan dengan minyak pembawa.

12. Ekstrak Lemon Balm

Minyak esensial ekstrak lemon balm ini dapat menekan wabah dan mengurangi risiko penularan penyakit herpes. Ekstrak lemon balm harus diencerkan dengan minyak pembawa agar Anda dapat merasakan khasiatnya.

Demikian perawatan alami yang dapat Anda coba di rumah. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai penyakit herpes dan pengobatannya.

Baca juga: Lakukan Cara Ini Sebagai Bentuk Pencegahan Herpes

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Healthline. 2021. 37 Home Remedies for Herpes Simplex Virus 1 and Virus 2. https://www.healthline.com/health/sexually-transmitted-diseases/home-remedies-for-herpes. Diakses pada 2022 

Medical News Today. 2022. How to treat herpes at home. https://www.medicalnewstoday.com/articles/home-remedies-for-herpes#supplements. Diakses pada 2022

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang