Bantuan

Waspadai, Berikut Ini Berbagai Macam Gejala Darah Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Mar 2022

Bagikan

gejala darah tinggi

Gejala darah tinggi seringkali tidak disadari oleh para penderitanya, sehingga bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi, sebaiknya berhati-hati dan mulai melakukan pengecekan tensi darah secara rutin. Ini karena tekanan darah yang tidak terkontrol dengan baik bisa berakibat fatal terhadap kondisi kesehatan penderitanya. Selain melakukan pengecekan tensi darah secara rutin, Anda juga perlu mengetahui beberapa gejala darah tinggi. Tahukah Anda apa saja gejala darah tinggi? Gejala darah tinggi tidak hanya mudah marah. Mari ketahui beberapa gejala darah tinggi melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Darah Tinggi? 

Darah tinggi dalam istilah medis dikenal dengan hipertensi. Hipertensi atau darah tinggi adalah suatu kondisi di mana tekanan darah pada dinding arteri terlalu tinggi. Seseorang yang terkena penyakit darah tinggi bisa dilihat dari hasil tekanan darahnya. Tekanan darah tinggi biasanya berada di atas 140/90 mm Hg, dalam kondisi yang lebih parah, tekanan darah bisa meningkat hingga 180/120 mm Hg, sedangkan dalam kondisi normal berada pada tekanan 120/80 mm Hg. Jika Anda memiliki riwayat penyakit darah tinggi, sebaiknya mulai berhati-hati dan menjaga pola makan, karena darah tinggi bisa berdampak serius seperti pembuluh darah pecah, stroke, dan penyakit jantung.

Gejala Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi pada umumnya tidak memiliki tanda-tanda khusus. Biasanya gejala darah tinggi bisa Anda sadari saat tekanan darah berada pada tekanan yang cukup tinggi yaitu 180/120 mm Hg atau beberapa di antaranya gejala bisa dirasakan pada tekanan 140/120 mm Hg. Namun meski begitu, terdapat beberapa gejala darah tinggi yang seringkali dianggap penyakit biasa, tetapi bisa juga menandakan adanya penyakit darah tinggi. Berikut beberapa gejala darah tinggi yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1.  Sakit Kepala dan Mimisan

Penyakit darah tinggi terkadang tidak menimbulkan gejala, sehingga jarang terkontrol dan disadari oleh para penderitanya. Namun dalam kondisi serius, salah satu gejala darah tinggi yang sering terjadi ialah sakit kepala dan mimisan. Sakit kepala dan mimisan bisa dialami saat tekanan darah berada pada tekanan 180/120 mm Hg. Jika Anda mengalami gejala ini sebaiknya segera lakukan tensi darah untuk mengetahui secara pasti kondisi tekanan darah Anda.

  1. Jantung Berdetak Lebih Cepat

Jantung merupakan salah satu organ pemompa darah, sehingga jika Anda memiliki tekanan darah yang relatif tinggi biasanya akan menimbulkan gejala seperti jantung berdetak lebih cepat. Jika Anda mulai merasakan jantung berdetak tidak seperti biasanya, sebaiknya mulai konsultasikan dengan dokter. Ini karena gangguan pada jantung yang dibiarkan bisa menimbulkan kematian. Sebab gangguan pada jantung bisa menyebabkan aliran darah tersumbat, kekurangan oksigen, dan matinya sel-sel di sekitar jantung.

  1. Nyeri Dada

Selain jantung berdetak lebih cepat, gejala darah tinggi selanjutnya ialah nyeri dada. Ini karena tekanan darah tinggi menyebabkan perubahan irama pada jantung sehingga dada terasa nyeri. Gejala ini cukup banyak dirasakan oleh para penderita darah tinggi. Jika Anda merasakan gejala nyeri dada, Anda bisa mengonsumsi obat Bisoprolol Fumarate untuk meredakan tensi darah dan nyeri dada. Namun sebelum mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu.

  1. Sesak Napas

Sesak napas seringkali dianggap sebagai salah satu penyakit asma. Namun dalam beberapa kondisi, sesak napas bisa jadi salah satu gejala darah tinggi. Gejala sesak napas cukup banyak dirasakan oleh mereka yang memiliki penyakit darah tinggi. Ini karena arteri tersumbat atau menyempit di paru-paru. Akibatnya salah satu sistem yang bekerja dalam membawa darah beroksigen ke sisi kiri jantung dan seluruh tubuh menjadi terpengaruh.

Melalui pembahasan di atas kini Anda telah mengetahui beberapa gejala darah tinggi. Selanjutnya Anda bisa lebih waspada saat Anda mengalami salah satu gejala darah tinggi di atas. Gejala darah tinggi yang Anda rasakan tidak boleh Anda abaikan, sebab tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah pecah dan mengancam jiwa Anda. Segera konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami salah satu gejala darah tinggi di atas.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Perhatikan, Ini Cara Menurunkan Darah Tinggi yang Bisa Anda Coba

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Backerman, James. Symptoms of High Blood Pressure. 2020. Available at: https://www.webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/guide/hypertension-symptoms-high-blood-pressure (Accessed: 25 November 2021).

Holland, Kimberly. Everything You Need to Know About High Blood Pressure (Hypertension). 2021. Available at: https://www.healthline.com/health/high-blood-pressure-hypertension (Accessed: 25 November 2021).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang