Bantuan
Free Tele x

Beberapa Makanan Penyebab Kanker Ini Wajib Anda Hindari!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Beberapa Makanan Penyebab Kanker Yang Wajib Anda Hindari!

Mungkin Anda sering membaca atau mendengar makanan penyebab kanker. Kanker merupakan penyakit kompleks, dimana memiliki banyak jenis dan banyak juga faktor penyebab potensial. Meskipun kita semua belum mengetahui dengan pasti penyebab kanker itu sendiri, namun ada faktor yang berkontribusi pada perkembangan kanker.

Susunan genetik dan riwayat keluarga juga ikut berperan didalamnya. Salah satu faktor eksternal yang mungkin dapat Anda kontrol adalah kebiasaan gaya hidup Anda.

Ternyata faktor ini memiliki dampak yang besar terhadap adanya kanker. Salah satu gaya hidup yang perlu anda perhatikan adalah diet, dimana penelitian menunjukkan bahwa beberapa makanan sering kali dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena jenis kanker tertentu.

Makanan Penyebab Kanker

Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab kanker, yaitu:

  1. Daging Olahan 

Jenis daging diawetkan dengan cara pengasapan, pengasinan, pengalengan, atau pengawetan. Sebagian besar daging olahan adalah daging merah seperti sosis, daging kornet, dendeng sapi, hot dog, dan produk olahan daging lainnya. Jenis daging olahan dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara, karena menghasilkan karsinogen.

  1. Makanan yang Digoreng 

Saat makanan bertepung dimasak dengan suhu tinggi, maka akan membentuk suatu senyawa yang disebut akrilamida. Dimasak baik dengan cara digoreng atau dipanggang. Makanan seperti kentang goreng atau keripik kentang, sebuah studi pada tahun 2020 menunjukkan bahwa akrilamida dapat merusak DNA dan menyebabkan kematian sel.

Tak hanya sebagai makanan penyebab kanker, namun juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe dua dan obesitas. Hal ini dapat meningkatkan stres oksidatif dan peradangan, yang mana akan meningkatkan risiko kanker.

  1. Makanan yang Terlalu Matang

Terutama seperti daging dapat menghasilkan karsinogen, yang mana dapat meningkatkan risiko kanker dengan mengubah DNA sel anda. Sehingga sudah seharusnya anda menghindari metode memasak yang terlalu matang.

  1. Alkohol

Mengurangi asupan alkohol menjadi serendah mungkin sangat penting. Hal ini karena alkohol diklasifikasikan sebagai karsinogen grup satu. Apa itu karsinogen? Karsinogen merupakan zat yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Mengonsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena kanker hati, payudara, mulut, tenggorokan, lambung, dan usus. 

  1. Makanan Cepat Saji 

menjadi makanan penyebab kanker bukan tanpa alasan. Kegemukan tubuh menjadi salah satu penyebab banyak kanker, sehingga sangat disarankan untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji yang tinggi lemak, gula, atau pati. Hal ini untuk bantu mengontrol asupan kalori dan menjaga berat badan ideal.

Perlu anda ketahui bahwa makanan penyebab kanker seperti daging olahan, makanan yang terlalu matang, dan makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker. Hal ini karena jenis makanan ini mungkin mengandung karsinogen, yaitu senyawa yang menyebabkan kanker.

Alkohol menghasilkan karsinogen ketika proses metabolisme dalam tubuh anda. Susu, gula, dan karbohidrat olahan juga bisa meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Baca Juga: Adakah Cara Alami untuk Mencegah Kanker?

Makanan Untuk Menurunkan Risiko Kanker

Untuk menghindari risiko kanker, maka cobalah untuk menghindari mengonsumsi makanan penyebab kanker yang telah disebutkan sebelumnya. Anda bisa mulai fokus pada kebiasaan gaya hidup sehat, seperti olahraga secara teratur, kurangi stres, dan konsumsi makanan yang dapat menurunkan risiko kanker anda.

Lalu makanan apa saja yang dapat membantu menurunkan risiko kanker? Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu melawan kanker:

  1. Buah dan Sayuran

Mengonsumsi makanan kaya serat dapat membantu mencegah satu dari enam kasus kanker. Mengonsumsi buah dan sayuran setiap harinya, juga dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru, esofagus, dan beberapa jenis kanker mulut dan tenggorokan.

  1. Tomat 

Mengandung likopen dalam jumlah tinggi yang mana menawarkan perlindungan terhadap kanker prostat. Anda dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat dengan mengonsumsi tomat, baik dikonsumsi mentah, kalengan, atau diolah dengan makanan lainnya. 

  1. Wortel 

Mengandung serat, antioksidan, dan vitamin A yang tinggi membuat wortel dapat membantu menurunkan risiko kanker serviks. Kandungan serat dalam wortel juga membantu meminimalkan terkena kanker usus.

Setelah mengetahui makanan penyebab kanker dan makanan apa saja yang dapat bantu menurunkan risiko kanker. Maka, sudah seharusnya anda lebih aware terhadap makanan apa yang masuk ke dalam tubuh.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Perawatan Paliatif Kanker, Tindakan dan Terapi Yang Dilakukan Pada Pasien Kanker

 

Sumber:

1. https://www.aetnainternational.com/en/about-us/explore/fit-for-duty-corporate-wellness/cancer-causing-foods-cancer-fighting-foods.html

2. https://www.healthline.com/health/cancer/cancer-causing-foods

Bagikan artikel ini