Bantuan
Free Tele x

Adakah Cara Alami untuk Mencegah Kanker?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Oct 2021

Bagikan

Adakah Cara Alami untuk Mencegah Kanker?

Secara alami untuk mencegah kanker sangat dipegaruhi oleh pilihan gaya hidup. Memilih pola hidup sehat, baik dari segi makanan sampai aktivitas sehari-hari akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Perubahan gaya hidup yang sederhana sekalipun dan dilakukan rutin akan membuat sebuah perbedaan. Dimana akan bermanfaat untuk mencegah kanker di kemudian hari. Dari apa yang Anda konsumsi, akan memengaruhi banyak aspek kesehatan termasuk risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Perkembangan kanker telah terbukti sangat dipengaruhi pola makan, dimana banyak makanan yang mengandung senyawa bermanfaat untuk membantu menurunkan pertumbuhan kanker. Jika diimbangi dengan aktivitas fisik, maka ini bisa menjadi cara untuk mencegah kanker yang paling efektif. Selain itu ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker, yaitu seperti :

  1. Konsumsi makanan sehat, membuat pilihan sehat untuk membeli bahan makanan dan waktu yang tepat untuk makan. Dikarenakan kedua hal ini baik untuk mencegah kanker. Beberapa pertimbangan yang dapat Anda mulai adalah seperti mengonsumsi banyak buah dan sayur, pertahankan berat badan yang sehat, mengurangi minuman beralkohol, membatasi daging olahan, dan konsumsi makanan yang direkomendasikan seperti brokoli, wortel, kacang-kacangan, kayu manis, kunyit, tomat, bawang putih, ikan kaya lemak dan omega.

  2. Hindari asap rokok, penggunaan semua jenis tembakau akan menempatkan Anda pada meningkatnya risiko terkena penyakit kanker. Merokok seperti yang umum diketahui, telah dikatikan dengan banyak penyakit kronis dan berbagai jenis kanker. Baik bagi perokok pasif atau aktif, termasuk memicu risiko kanker mulut, paru-paru, tenggorokan, laring, pankreas, ginjal, leher rahim, dan kandung kemih. Tak hanya merokok, namun mengunyah tembakau sering kali dikaitkan dengan kanker pankreas dan rongga mulut. Walau Anda bukan perokok, namun paparan asap dari perokok aktif bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru. Menjadi penting dari bagian pencegah kanker untuk menghindari paparan asap rokok atau berhenti untuk merokok. 

  3. Lindungi diri dari sinar matahari, kanker kulit jadi salah kanker yang umum dan mudah dicegah. Beberapa tips untuk menghindari kanker kulit ini adalah hindari sinar matahari saat tengah hari, gunakan kacamata hitam dan topi bertepi lebar, sebisa mungkin tetap berada di tempat teduh saat matahari siang sedang terik, gunakan tabir surya, dan gunakan warna cerah yang memantulkan lebih banyak radiasi ultaviolet.

  4. Aktivitas fisik yang teratur, selain bisa bantu mengontrol berat badan, melakukan aktivitas fisik secara teratur juga dapat menurunkan risiko kanker payudara. Tak hanya kanker payudara, namun juga dapat mencegah kanker usus besar. Banyak aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan adalah seperti mencuci, membersihkan kamar, menyapu, dan aktivitas fisik harian lainnya. Untuk manfaat kesehatan yang substansial, Anda dapat melakukan aerobik sedang atau aerobik berat. Dengan masing-masing 150 menit atau 75 menit seminggu. 

  5. Hindari bahan kimia yang beracun, salah satu bahan kimia yang dapat merusak DNA dalam sel adalah karsinogen. Dengan menyentuh, memakan, atau menghirupnya akan meningkatkan risiko Anda terkena kanker. Bahan kimia dalam pembasmi gulma, plastik, atau beberapa produk rumahan lainnya juga sama berisiko sehingga sangat penting untuk Anda menghindari bahan kimia untuk mencegah kanker. Meskipun tidak bisa menghindari semua bahan kimia, namun ketahuilah apa yang ada dalam produk tertentu untuk digunakan, dan sebisa mungkin untuk mengalihkan ke opsi yang lebih aman.

  6. Ketahui sejarah kanker keluarga, penting untuk mengetahui ada atau tidaknya riwayat kanker dalam keluarga. Dikarenakan adanya peluang untuk menderita kanker karena diturunkan. Tidak diperbaikinya DNA yang rusak seperti seharusnya akan memungkinkan sel berubah menjadi kanker. Maka dari itu, baik untuk mengetahui riwayat kesehatan, yang disertai tes genetik terhadap penyakit.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker sejak dini. Dengan peka sejak awal terhadap hal apa saja yang dapat menjauhkan Anda dari risiko kanker, maka dapat bantu mencegah kanker. Selain beberapa cara alami diatas, Anda juga dapat rutin memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter ahli. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali Kanker Kelenjar Getah Bening

 

Referensi :

 

https://m.merdeka.com/trending/10-cara-mencegah-kanker-yang-alami-dan-mudah-diterapkan-sehari-hari-kln.html?page=all

Tag :
Bagikan artikel ini