Bantuan
Free Tele x

Perawatan Paliatif Kanker: Tindakan dan Terapi Yang Dilakukan Pada Pasien Kanker

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Nov 2021

Bagikan

Ketahui Tindakan Perawatan Paliatif Pada Pasien Kanker

Sudahkah Anda mengetahui apa itu perawatan paliatif kanker? Perawatan paliatif itu sendiri merupakan suatu pendekatan yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas hidup pasien maupun keluarga yang menghadapi gangguan kesehatan yang dapat mengancam jiwa.

Pendekatan yang dilakukan yaitu melalui tindakan ataupun pencegahan terhadap rasa nyeri, masalah fisik, hingga spiritual pasien selama menjalani pengobatan. 

Jadi, perawatan paliatif kanker merupakan perawatan paliatif yang dilakukan terhadap pasien akhir. Pada umumnya, pasien kanker yang mendapatkan perawatan paliatif merupakan pasien yang sudah memasuki stadium lanjut.

Perawatan paliatif kanker ini bertujuan untuk membantu meringankan gejala dengan memberikan obat pereda nyeri tambahan. Selain itu, asupan nutrisi juga dipantau untuk memastikan pasien memenuhi asupan nutrisi.

Siapa yang Melakukan Perawatan Paliatif?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perawatan paliatif kanker bertujuan untuk meringankan gejala dan membantu pasien. Akan tetapi, siapakah yang melakukan perawatan paliatif tersebut?

Perawatan paliatif dilakukan oleh spesialis perawatan paliatif. Para perawat ini telah menjalani pelatihan khusus dan menerima sertifikasi dalam melakukan perawatan paliatif. 

Para perawat paliatif ini seringkali tidak bekerja sendiri, mereka akan bekerjasama dengan berbagai tim seperti dokter, ahli gizi, psikolog dan lainnya. Perawat paliatif melakukan kerjasama ini untuk dapat memberikan perawatan yang terbaik untuk mempertahankan kualitas hidup Anda dengan sebaik mungkin. 

Baca Juga: Asupan Makanan dan Minuman pada Perawatan Paliatif

Tindakan Apa Saja yang Dilakukan?

Perawatan paliatif kanker terdiri dari beberapa tindakan. Tindakan yang dilakukan oleh perawat paliatif bertujuan untuk mengintegrasikan kebutuhan pasien dalam sebuah perawatan yang harus dilakukan.

Berikut ini beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh perawat paliatif. 

  1. Tindakan Fisik

Tindakan perawat paliatif yang pertama yaitu tindakan fisik. Terkadang pasien kanker akan merasakan nyeri, kelelahan, mual muntah, sesak nafas hingga insomnia. Perawat paliatif harus dapat membantu pasien dalam mengatasi keluhan-keluhan yang sedang dialami tersebut. 

  1. Tindakan Emosional

Tidak hanya memberikan perawatan secara fisik, perawat paliatif juga harus melakukan perawatan secara emosional. Perawat paliatif harus dapat membantu pasien dan juga keluarganya dalam menangani emosi, kecemasan hingga depresi.

  1. Tindakan Spiritual

Tidak jarang pasien penyakit parah seperti kanker, cenderung lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Perawat paliatif harus dapat bertindak untuk memberikan dan menguatkan keyakinan pasien terhadap agama serta mempelajari nilai-nilai spiritual lainnya agar dapat mencapai rasa yang damai dan menerima kondisi yang sedang dialami. 

  1. Tindakan Mengasuh

Perawat paliatif akan bertindak sebagai pengasuh pasien yang menggantikan keluarga. Hal ini karena biasanya pasien dengan penyakit parah membutuhkan pengasuhan yang ekstra dan kebutuhan yang sering berubah-ubah. Seperti contoh, membantu pasien untuk makan dan memastikan pasien tidur dengan tenang. 

Jenis Terapi Paliatif Untuk Pasien Kanker

Selain tindakan yang diberikan oleh seorang perawat paliatif. Ada beberapa terapi yang dapat dilakukan kepada pasien kanker untuk dapat memperpanjang harapan hidup. Berikut ini beberapa terapi yang dapat dilakukan oleh pasien kanker. 

  1. Terapi Hewan

Terapi hewan ini dapat mengatasi stress serta perasaan cemas dan menggantikannya dengan energi positif. Tentunya hal tersebut akan berdampak pada berkurangnya rasa sakit akibat kanker. Selain itu, terapi hewan juga dapat menghilangkan kesunyian yang dihadapi oleh pasien. 

  1. Terapi Musik

Kanker tentunya membuat seseorang memiliki perasaan takut, sedih, malu dan berbagai emosi negatif lainnya. Terapi musik dalam hal ini membantu mengatasi berbagai emosi negatif tersebut. Hal ini karena musik mampu memengaruhi emosi, spiritual, dan juga fisik pasien. 

  1. Terapi Seni

Terapi yang terakhir yaitu terapi seni yang akan memberikan kesempatan kepada pasien untuk mengeksplorasi diri mulai dari melukis, menggambar, merajut, dan lainnya. Terapi seni ini bertujuan untuk meningkatkan ketenangan pada pikiran dan juga hati pasien. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai perawatan paliatif kanker. Apabila anggota keluarga Anda ada yang membutuhkan perawatan paliatif, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga dapat mencari informasi mengenai tempat perawatan paliatif di komunitas kanker yang berada di daerah Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Perawatan Paliatif Bagi Anak

 

Sumber:

1. Palliative Care in Cancer (2017)

2. Palliative Care During Treatment (2021)

Tag :
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami