Bantuan

Mengenali Pengertian, Manfaat, dan Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Apr 2022

Bagikan

kebugaran jasmani

Sudahkah Anda mengetahui apa pengertian, manfaat, serta unsur-unsur kebugaran jasmani? Memahami seluk-beluk kebugaran jasmani sejatinya merupakan suatu hal yang sangat penting. Dalam hal ini, kebugaran jasmani mendorong tubuh kita agar mampu menjalankan aktivitas dengan baik dan maksimal. Lebih dari itu, kebugaran jasmani bahkan mampu menjadi penentu tingkat kesehatan dan ketahanan tubuh.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani pada dasarnya merupakan bentuk kemampuan fisik yang dimiliki oleh seseorang yang digunakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari tanpa merasa kelelahan secara berlebihan. Dengan kebugaran jasmani yang baik, seseorang tidak akan kehabisan energi secara tiba-tiba.

Memiliki kebugaran jasmani yang baik dapat diperoleh dengan cara menjalankan pola hidup yang sehat, terutama dengan rutin berolahraga. Dengan ini, tubuh akan lebih sehat dan fit, bahkan mampu terhindar dari berbagai macam penyakit. Sebaliknya, tubuh yang lebih banyak berdiam dan tidak banyak melakukan gerakan fisik akan menyebabkan tulang dan otot terasa kaku. 

Manfaat Kebugaran Jasmani

Sekilas mungkin sudah dapat tergambarkan mengenai manfaat utama kebugaran jasmani melalui penjelasan sebelumnya. Namun, untuk lebih jelasnya lagi kebugaran jasmani sejatinya memiliki banyak manfaat turunan yang tentunya baik bagi tubuh. Bahkan, manfaat kebugaran jasmani dalam hal ini tidak hanya meliputi kesehatan fisik saja, melainkan juga mampu menjaga kesehatan mental. 

Lebih lanjutnya, berikut ini adalah beberapa manfaat kebugaran jasmani yang perlu diketahui:

  • Menjaga kesehatan tulang

  • Menjaga berat badan yang ideal

  • Memperbaiki suasana hati

  • Mengurangi stres dan mencegah depresi

  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

  • Mengontrol kadar gula dalam darah

  • Menyehatkan sistem kerja otak

  • Menyehatkan kulit 

  • Meredakan rasa sakit

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Untuk mendapatkan kebugaran jasmani, ada beberapa unsur yang dapat kamu pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam rutinitas latihan atau olahraga Anda. Adapun unsur-unsur kebugaran jasmani ini, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Daya tahan

Ketika seseorang mampu menggerakkan tubuh saat beraktivitas dengan tempo yang berbeda, tetapi secara efektif dan efisien tanpa mudah merasa lelah, maka Ia dapat dikatakan memiliki daya tahan tubuh yang baik. 

  1. Kecepatan

Kecepatan pada dasarnya merupakan kemampuan tubuh dalam bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cepat. Unsur kebugaran jasmani yang satu ini dilatih dengan berlari.

  1. Kekuatan

Unsur yang kedua ini merupakan kemampuan otot dalam melawan beban tubuh atau yang diangkut oleh tubuh. Disebut pula sebagai muscle strength, unsur ini memungkinkan seseorang mengangkat beban berat dalam sekali beraktivitas.

  1. Koordinasi

Untuk dapat melakukan suatu aktivitas atau gerakan tertentu dengan efisien dan tepat, tubuh memerlukan koordinasi yang baik. Dengan ini, Anda akan mampu berkonsentrasi dengan baik meskipun tubuh digerakkan secara bergantian. 

  1. Kelincahan

Berbeda dengan unsur kecepatan, kelincahan adalah kemampuan tubuh dalam mengubah posisinya dengan cepat, tanpa mengalami cedera. Dengan unsur ini, tubuh akan sangat mudah bergerak dan berpindah tanpa adanya keraguan akan risiko terjadinya kesalahan yang berujung pada cedera.

  1. Kelenturan

Kelenturan merupakan kemampuan tubuh seseorang dalam melakukan suatu gerakan hingga maksimal. Ada beberapa faktor yang mampu mendukung kelenturan tubuh seseorang, yakni kualitas otot, struktur sendi dan ligamen, hingga faktor usia.

  1. Komposisi tubuh

Diartikan sebagai perbandingan rasio tubuh yang berlemak dan tidak berlemak, komposisi tubuh ini penting untuk menghindari penyakit tertentu. Ketika tubuh memiliki massa lemak yang tinggi, Ia akan memiliki risiko penyakit yang tinggi pula.

  1. Keseimbangan

Keseimbangan merupakan kemampuan tubuh dalam mempertahankan kondisi tetap tegap dan tidak terjatuh ketika berdiri atau melakukan gerakan fisik lainnya. Dengan keseimbangan tubuh yang baik, risiko mengalami cedera akan dapat diminimalkan.

  1. Daya ledak

Merupakan gabungan dari kecepatan dan kekuatan, daya ledak memungkinkan tubuh untuk bergerak cepat dan memiliki otot yang kuat untuk menahan beban. Dengan kata lain, daya ledak memungkinkan tubuh mengangkat beban sekaligus bergerak dengan cepat.

  1. Kecepatan reaksi

Sebagaimana namanya, kecepatan reaksi merupakan waktu reaksi tubuh saat menerima rangsangan. Berbeda dengan refleks yang cenderung terjadi secara otomatis dan tanpa kesadaran, reaksi pada dasarnya merupakan gerakan yang disadari. 

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, manfaat, dan unsur-unsur kebugaran jasmani. Untuk mendapatkan setiap unsur-unsur kebugaran jasmani di atas, Anda dapat terus berlatih dan berolahraga. Selain itu, perhatikan pula makanan yang dikonsumsi, dan tidak lupa pula untuk menjaga pola istirahat Anda dengan baik.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjaga Kebugaran Jasmani?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

BBC UK. Keeping fit and healthy through sports. https://www.bbc.co.uk/bitesize/guides/zxd4wxs/revision/2

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang