Bantuan
Free Tele x

Kondisi Ketertarikan Terhadap Orang Cerdas, Sapiosexual Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Kondisi Ketertarikan Terhadap Orang Cerdas, Sapiosexual Adalah?

Apakah Anda tahu bahwa sapiosexual adalah kondisi di mana seseorang tertarik terhadap seseorang dengan kecerdasan di atas rata-rata? Seiring dengan semakin kompleksnya perkembangan dunia, pertimbangan dalam memiliki pasangan pun akan semakin banyak. Tidak hanya berdasarkan penampilan fisik dan sikapnya saja, kini manusia melirik kecerdasan sebagai salah satu pertimbangan yang utama. 

Hal ini mungkin terdengar wajar dan tidak aneh sama sekali. Memilih pasangan yang cerdas tentu merupakan salah satu pilihan logis yang layak dijadikan pertimbangan. Akan tetapi, bagi sebagian orang, kecerdasan dalam hal ini bukan hanya menjadi nilai tambahan yang semakin meninggikan citra seseorang, akan tetapi juga menjadi sumber gairah dan faktor utama ketertarikan secara seksual. Hal inilah yang dimaksud dengan sapiosexual. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sapiosexual ini, simak terus penjelasan berikut.

Apa itu sapiosexual?

Sebelumnya Anda mungkin sudah diberitahu secara singkat mengenai sapiosexual. Namun sebenarnya, apa yang dimaksud dengan sapiosexual? Mengutip dari laman Psychology Today, Istilah sapiosexual secara terminologi didasarkan pada kata sapiens yang memiliki arti bijak, serta kata seksual. Dengan begitu, dapat diartikan bahwa sapiosexual adalah orientasi seksual oleh seseorang baik secara fisik maupun emosional, pada seseorang lainnya yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Sebagai salah satu orientasi seksual, penempatan sapiosexual adalah sejajar dengan orientasi lainnya seperti straight, biseksual, gay, dan lainnya. Dengan begitu, sapiosexual ini tidak bisa dikatakan sebagai orientasi khusus yang bersifat eksklusif. 

Saya lebih suka berkencan dengan orang pintar, apakah itu sapiosexual?

Terdapat perbedaan yang cukup penting di antara seseorang yang memiliki orientasi sapiosexual, dengan mereka yang memilih orang pintar atau cerdas sebagai teman kencan atau bahkan pasangan hidup. Dalam hal ini, perbedaannya terletak pada seberapa intens ketertarikannya. Bagi kebanyakan orang, memilih pasangan yang cerdas adalah penting untuk kelangsungan hubungan. Akan tetapi, seseorang dengan sapiosexual lebih memfokuskan pada kecerdasan pasangannya dengan derajat yang lebih kuat. 

Berdasarkan hasil survei oleh sebuah tim peneliti Australia (SapioQ), sebagian besar peserta yang berpartisipasi memang merasa tertarik baik secara romantis maupun secara seksual terhadap mereka dengan IQ sekitar 120. Lebih lanjut ditemukan bahwa ketertarikan ini akan semakin menurun apabila nilai IQ nya berada di atas 120, karena anggapan bahwa IQ yang terlalu tinggi sudah tidak lagi menarik dan tidak menjadi hal yang terlalu diinginkan dalam sebuah pasangan. Hal ini tentu tidak berlaku bagi mereka yang memiliki orientasi sapiosexual. 

Kapan seseorang dikatakan sapiosexual?

Ada beberapa ciri yang dapat mengindikasikan seorang sapiosexual. Adapun tanda-tanda seorang sapiosexual adalah sebagai berikut.

  1. Memilih pasangan yang cerdas

Ciri yang pertama dan paling utama dari seorang sapiosexual adalah bahwa ia akan terus-menerus memilih pasangan yang cerdas. Dalam hal ini, seorang sapiosexual akan merasa lebih terangsang secara seksual dengan kecerdasan, tanpa harus melakukan sentuhan ataupun hal lainnya.

  1. Lebih menyukai percakapan yang bersifat mendalam

Mengetahui seorang sapiosexual juga bisa dijelaskan melalui ketertarikannya terhadap percakapan yang bersifat intelejen dan mendalam. Menurut seorang sapiosexual, seseorang yang menarik adalah seseorang yang mampu mengekspresikan dirinya melalui tutur kata dan juga mampu mendengarkan dengan baik secara bersamaan.

  1. Merasa kecerdasan lebih seksi dibanding hal lainnya

Bagi sebagian orang, mungkin bentuk tubuh menjadi indikator utama yang menunjukkan keseksian seseorang. Akan tetapi hal ini berbeda bagi para sapiosexual. Menurutnya, seseorang bisa dikatakan seksi ketika ia memiliki kecerdasan. Seorang sapiosexual dalam hal ini lebih tertarik dengan kepercayaan, pendapat, dan nilai-nilai yang dianut oleh pasangannya dibandingkan sekedar tubuh yang seksi.

  1. Senang dengan pasangan yang mampu membuat otaknya berpikir

Seorang sapiosexual akan merasa senang apabila pasangannya mampu membuatnya berpikir, baik saat berdiskusi mengenai permasalahan atau isu yang tengah hangat, ataupun karena hal-hal kecil yang dibuat kompleks untuk membuat sang pasangan merasa penasaran. 

Itulah dia penjelasan mengenai sapiosexual serta ciri-cirinya. Meskipun sapiosexual adalah orientasi yang mengutamakan kecerdasan, perlu diingat bahwa hal ini tidak serta merta menjadikannya lebih elit dan eksklusif dibanding orientasi seksual lainnya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Raab, Diana. 2014. Sapiosexuality: What Attracts You to a Sexual Partner?. 

McDow, Candis. 2021. What Does It Mean to Be Sapiosexual?. 

WebMD. 2021. Sapiosexual: What It Means.

Bagikan artikel ini