Bantuan
Bantuan

8 Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Agar Cepat Sembuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Jun 2022

Bagikan

8 Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Agar Cepat Sembuh

Sebagai ibu tentunya khawatir saat si kecil sedang sakit, terutama jika tidak tahu harus berbuat apa. Bagaimana cara mengatasi batuk agar kembali sehat?

 

Cara Mengatasi Batuk pada Anak

Dalam mengatasi anak batuk, Anda tidak boleh panik agar anak merasa tenang. Sebaiknya, Anda melakukan beberapa cara mengatasi batuk pada anak di bawah ini agar cepat sembuh.

Baca juga: Perhatikan, Ini Daftar Makanan yang Harus Dihindari saat Batuk 

1. Cukupi cairan tubuh anak

Cara mengatasi batuk pada anak yang bisa Anda lakukan pertama yaitu mencukupi kebutuhan cairan anak. Dengan mencukupi kebutuhan cairan, maka anak akan terhindar dari dehidrasi sehingga mempercepat proses penyembuhan. Apabila anak menolak minum air putih, Anda bisa memberikan buah-buahan yang mengandung air seperti semangka dan melon. Anda juga bisa membuat buah-buahan tersebut menjadi jus agar menarik minat anak untuk minum. 

2. Berikan madu

Hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu memberikan madu pada anak. Pasalnya, madu memiliki kandungan anti bakteri sehingga mampu melawan infeksi penyebab batuk. Cukup berikan satu sendok makan saja untuk anak-anak di atas 1 tahun. Hindari memberikan madu terlalu banyak karena dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak. Anda juga bisa memberikan madu yang dicampurkan ke dalam air hangat agar sekaligus memenuhi kebutuhan cairan sang anak. 

3. Berikan makanan probiotik

Memberikan makanan probiotik merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi batuk pada anak. Makanan-makanan probiotik ini akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat sehingga mampu melawan infeksi di dalam tubuh. Beberapa makanan probiotik yang bisa Anda berikan pada anak yaitu yoghurt, tempe, acar, sup miso, dan kimchi.

4. Biarkan anak beristirahat

Saat anak batuk, pastikan anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Tidur yang cukup sangat membantu proses penyembuhan batuk pada anak. Oleh karena itu, jika batuk yang dialami anak agak parah, sebaiknya izin sekolah terlebih dahulu selama 1-2 hari agar anak bisa beristirahat. Apabila batuk anak tidak kunjung membaik, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Cukupi Waktu Istirahat Anda, Ini Manfaat Tidur Yang Bisa Didapatkan

5. Buat posisi tidur yang nyaman

Agar istirahat anak menjadi lebih maksimal, Anda perlu memosisikan tidurnya dengan posisi yang nyaman. Caranya yaitu dengan memberikan bantal ekstra di bagian kepalanya. Posisi ini akan membuat saluran udara menjadi lebih terbuka sehingga lendir dapat berkurang. Hindari posisi tidur telentang karena membuat lendir akan menumpuk di tenggorokan sehingga mengganggu pernapasan anak.

Baca juga: Bunda Wajib Tahu! Ini Posisi Tidur Bayi yang Benar

6. Hindari makanan dan minuman penyebab batuk

Cara mengatasi batuk pada anak yang perlu Anda lakukan selanjutnya yaitu menghindari makanan dan minuman penyebab batuk. Beberapa makanan dan minuman penyebab batuk yaitu makanan yang digoreng, minuman manis dan minuman dingin. Lebih baik untuk memberikan anak makanan yang berkuah hangat agar gatal pada tenggorokan mereda.

7. Gunakan humidifier

Menggunakan humidifier dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi batuk pada anak. Humidifier ini mampu membuat udara menjadi lembap sehingga mencegah saluran udara tidak kering. Selama anak beristirahat, Anda bisa menyalakannya di kamar untuk mempercepat proses penyembuhan. Tidak perlu khawatir, karena alat yang satu ini dipercaya aman untuk anak.

8. Berikan obat batuk anak

Cara mengatasi batuk pada anak yang perlu Anda lakukan terakhir yaitu memberikan obat batuk anak. Dalam pemberian obat batuk ini perlu memerhatikan penyebab batuk, dosis dan sampai kapan harus diberikan. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan obat yang harus diberikan pada anak serta dosis yang tepat. 

Itulah dia beberapa cara mengatasi batuk pada anak yang bisa Anda lakukan agar cepat sembuh. Perlu diperhatikan, jika anak batuk disertai demam tinggi, sulit bernapas, tidak mau makan, hingga batuk berdarah, maka sebaiknya periksakan ke dokter. Tidak hanya itu, anak yang batuk lebih dari dua minggu juga wajib untuk diperiksakan ke dokter.

Baca juga: Bagaimanakah Etika Batuk Yang Benar?

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Kids Health. Coughing. https://kidshealth.org/en/parents/childs-cough.html

WebMD. Causes and Treatment of Coughs in Children. https://www.webmd.com/first-aid/coughs#1

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang