Bantuan
Free Tele x

Cukupi Waktu Istirahat Anda, Ini Manfaat Tidur Yang Bisa Didapatkan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Jul 2021

Bagikan

Cukupi Waktu Istirahat Anda, Ini Manfaat Tidur Yang Bisa Didapatkan

Sudahkah Anda mengetahui apa manfaat tidur yangcukup? Apabila Anda memiliki waktu tidur yang kurang dari 7-8 jam, sebaiknyasegera perbaiki waktu tidur Anda. Pasalnya, waktu tidur yang cukup memilikibanyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Apa saja manfaat tidur tersebut? simakpenjelasan di bawah ini.

1.    Meningkatkan Suasana Hati

Manfaattidur yang pertama yaitu meningkatkan suasana hati. Ketika Anda mencukupi waktutidur maka akan membuat Anda menjadi lebih segar dan bahagia. Selain itu,ketika Anda tidur juga dapat meningkatkan energi sehingga ketika bangun akanmerasa lebih berenergi. Kondisi-kondisi ini akan membuat Anda tidak mudahterganggu oleh hal-hal kecil sehingga mampu menjadikan Anda lebihbahagia. 

2.    Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat tidur yang selanjutnya yaitumeningkatkan kesehatan jantung. Dengan mencukupi waktu tidur, maka Anda dapatmenghindari risiko berbagai penyakit jantung seperti serangan jantung dantekanan darah tinggi. Hal ini karena, ketika Anda tidak mencukupi waktu tidur,maka tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang membuat jantung bekerja lebihkeras. Oleh karena itu, dengan mencukupi waktu tidur, maka membuat jantungdapat beristirahat dan berfungsi dengan optimal. 

3.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur akan membantu sistem kekebalan tubuhmengeluarkan senyawa sitokin. Senyawa sitokin ini berguna untuk melindungisistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk melawanperadangan dan infeksi. Oleh karena itu, ketika waktu tidur Anda cukup, makadapat menghalangi penyakit menyerang tubuh berkat senyawa sitokin. Di sisilain, ketika Anda kurang tidur, maka senyawa peradangan dalam tubuh akanmeningkat. 

4.    Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat tidur yang selanjutnya yaitumeningkatkan daya ingat. Tidur yang cukup membuat Anda mengalami semua fasetidur diantara yaitu fase REM dan slowwave sleep yang dapat melancarkan proses mengingat. Jika Anda kekurangantidur, malah akan berdampak buruk pada daya ingat seperti sulit menerimainformasi, cenderung menafsirkan kejadian secara berbeda, dan cenderungkehilangan kemampuan untuk mengingat sebuah informasi.

5.    Memperpanjang Harapan Hidup

Ternyata, waktu tidur juga berpengaruh terhadapharapan hidup seseorang. Semakin sedikit waktu tidur seseorang, maka akansemakin berisiko mengalami kematian dini. Bahkan, dengan mengurangi waktu tidurdari 7 jam menjadi 5 jam atau kurang, maka meningkatkan risiko kematian lebihcepat. Oleh karena itu, secara tidak langsung hal ini menunjukkan tidur dapatmeningkatkan harapan hidup. 

6.    Menjaga Berat Badan

Manfaat tidur yang selanjutnya yaitu menjagaberat badan. Ketika Anda cukup tidur, maka tubuh akan menjaga keseimbanganhormon ghrelin yang membuat Anda lapar dan hormon leptin yang membuat andakenyang. Namun, ketika Anda kurang tidur maka hormon ghrelin akan meningkatsehingga Anda akan merasa lapar dan cenderung makan banyak. Hal inilah yangmembuat Anda mengalami obesitas apabila kurang tidur. 

7.    Membuat Anda Aktif Menjalani Hari

Tidur yang cukup dan berkualitas membantu Andatetap aktif sepanjang hari. Ketika Anda memiliki waktu tidur yang cukup, makaakan membuat Anda lebih produktif di tempat kerja. Orang-orang yang kurangtidur akan membutuhkan waktu lebih lama dapat menyelesaikan tugas, membuatbanyak kesalahan dan bereaksi lebih lambat. Apabila Anda hanya tidur selamasejam atau dua jam setiap per malam, sama seperti tubuh tidak tidur samasekali.

8.    Menjamin kehidupan seksual

Ternyata, tidur juga berpengaruh pada kehidupanseksual. Orang yang kurang tidur cenderung akan memiliki kehidupan seksual yangberantakan. Bahkan, kurangnya tidur akan membuat kadar testosteron pada priamenjadi rendah. Hormon testosteron berfungsi dalam memproduksi sel sperma danjuga perkembangan alat reproduksi.

9.    Membantu Pertumbuhan

Manfaat tidur yang terakhir yaitu membantupertumbuhan. Tidur dengan kualitas yang baik akan memicu tubuh melepaskanhormon yang akan mendukung pertumbuhan normal pada anak-anak dan juga remaja.Hormon yang dilepaskan tersebut akan berguna untuk memperbaiki sel-sel dan jugajaringan serta meningkatkan massa otot.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaattidur. Oleh karena itu, mulailah cukupi waktu istirahat Anda selama 7-8 jam perharinya agar mendapatkan  berbagai manfaat tidur tersebut. 

 

Referensi:

  • SurprisingReasons to Get More Sleep.(2019). Available At: https://www.webmd.com/sleep-disorders/benefits-sleep-more.(Accessed: 3 June 2021).

  • Sutton, Jandra. 10 Reasons Why Good Sleep Is Important. (2020) Available At: https://www.healthline.com/nutrition/10-reasons-why-good-sleep-is-important#9.-Poor-sleep-is-linked-to-increased-inflammation.(Accessed: 3 June 2021).
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami