Bantuan
Free Tele x

Waspadai, Berikut Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Naik yang Perlu Diperhatikan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Jan 2022

Bagikan

Waspadai, Berikut Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Naik yang Perlu Diperhatikan

Apakah Anda tahu apa saja ciri-ciri asam lambung naik? Pada dasarnya, asam lambung berperan penting dalam proses pencernaan. Akan tetapi, ketika asam lambung naik ke kerongkongan dapat menimbulkan berbagai masalah. Namun sayangnya, mungkin masih banyak orang yang tidak tahu apa ciri-ciri asam lambung sehingga mengabaikannya. 

Apabila naiknya asam lambung tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Beberapa contohnya yaitu peradangan, penyempitan kerongkongan, bahkan kanker kerongkongan.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik Yang Perlu Diketahui

Ciri-Ciri Asam Lambung Naik

Lalu apa saja ciri-ciri asam lambung naik ke kerongkongan yang perlu diwaspadai? Berikut ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri asam lambung naik yang perlu Anda waspadai. 

  1. Nyeri dada

Ciri-ciri asam lambung naik yang perlu Anda waspadai pertama yaitu nyeri dada atau sensasi terbakar di bagian perut atas. Lama-kelamaan, sensasi terbakar ini akan naik hingga ke dada. Sensasi ini akan semakin terasa apabila Anda sedang membungkuk, berbaring dan setelah makan. Apabila kondisi ini tidak segera di tangani, maka dapat menyebabkan muncul nya GERD atau gastroesophageal reflux disease. 

  1. Panas pada kerongkongan

Ciri-ciri asam lambung naik yang lainnya yaitu sensasi panas pada kerongkongan. Hal ini disebabkan oleh rusaknya lapisan kerongkongan karena naiknya asam lambung. Kerusakan ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan juga sensasi panas di bawah kerongkongan dan dada. Seiring dengan berjalannya  waktu, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan. Pada akhirnya, kondisi ini akan menyebabkan kerongkongan mengalami luka seperti borok dan jaringan parut.

Baca Juga: Waspada, Ini Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

  1. Bau mulut

Ternyata, naiknya asam lambung dapat menyebabkan munculnya bau mulut. Hal ini dapat terjadi karena otot kerongkongan mengalami kerusakan dan pengenduran. Pada kondisi normal, otot kerongkongan akan membuka saat Anda menelan dan akan tertutup dengan rapat setelah itu. Akan tetapi, otot kerongkongan yang rusak akan tetap terbuka sehingga memungkinkan asam lambung kembali mengalir ke kerongkongan sehingga menyebabkan bau mulut. 

  1. Sulit menelan 

Ciri-ciri asam lambung naik yang perlu Anda waspadai selanjutnya yaitu sulit menelan. Hal ini karena, asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menyebabkan iritasi dan luka. Pada akhirnya bekas luka yang ada di kerongkongan ini akan membuat saluran pencernaan menyempit. Hal inilah yang membuat sulit menelan bisa ditandai sebagai salah satu ciri-ciri naiknya asam lambung. 

Baca Juga: Mudah dan Efektif, Ini Cara Mengobati Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

  1. Regurgitasi

Regurgitasi merupakan ciri-ciri asam lambung naik yang perlu Anda waspadai selanjutnya. Regurgitasi itu sendiri merupakan campuran antara makanan yang belum dicerna dengan sempurna dengan gastric juice atau getah perut yang kembali ke kerongkongan dan masuk ke dalam mulut. Bentuk regurgitasi yaitu ketika bersendawa ada sedikit muntahan yang ikut keluar. Kondisi ini akan menyebabkan munculnya rasa asam dan pahit pada bagian belakang mulut atau kerongkongan .  

  1. Sendawa

Ciri-ciri asam lambung naik selanjutnya yaitu sendawa. Pada dasarnya, sendawa merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan udara yang berlebih dari saluran pencernaan. Akan tetapi, sendawa yang terjadi secara terus menerus atau lebih dari dua kali dalam waktu yang singkat, bisa menjadi salah satu pertanda asam lambung naik. Kondisi ini sangat berkaitan dengan kerongkongan menyempit karena naiknya asam lambung. Pasalnya, ketika Anda sulit menelan maka udara yang berlebih juga tidak dapat keluar dengan lancar. 

  1. Suara serak dan sakit kerongkongan 

Ciri-ciri asam lambung naik yang terakhir yaitu suara menjadi serak dan  sakit kerongkongan. Pasalnya, ketika asam lambung naik ke kerongkongan, maka pita suara dapat mengalami iritasi, sehingga menyebabkan suara menjadi serak. Tidak hanya itu, asam lambung yang naik dapat menekan bagian belakang kerongkongan. Apabila hal ini dibiarkan, maka dapat menyebabkan kerongkongan menjadi rusak dan timbullah sakit kerongkongan. 

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri asam lambung naik yang perlu Anda waspadai. Apabila Anda mengalami berbagai ciri-ciri asam lambung naik dan terjadi secara terus menerus, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Anda juga perlu berhati-hati saat mendapatkan ciri-ciri asam lambung naik yang cukup para seperti, heartburn yang parah dan dada terasa di remas-remas. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Macgill, Markus. 2018. Everything you need to know about GERD. 
  2. Healthline. 2018. Symptoms of Acid Reflux. 
  3. Cleveland Clinic. GERD (Chronic Acid Reflux). 
Bagikan artikel ini