Atasi Keseleo dengan Pijat, Tepatkah?

14 Sep 2020 • Tips Kesehatan

Keseleo atau terkilir merupakan sebuah hal yang sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Kondisi yang disebut juga dengan sebutan sprained ankle ini umumnya terjadi akibat kesalahan dalam melangkah atau saat sedang berolahraga.

Seseorang yang mengalami keseleo akan merasakan nyeri yang luar biasa pada pergelangan kakinya dan disertai dengan pembengkakan.

Hal ini terjadi akibat adanya kontraksi berlebih atau cedera pada ligamen atau jaringan yang menghubungkan dua tulang.

Masyarakat beranggapan bahwa kondisi ini dapat diatasi dengan pijat tradisional. Namun, apakah solusi tersebut tepat untuk mengatasi kondisi tersebut?

Pijat Tradisional untuk Atasi Keseleo

Di Indonesia, praktik perlakuan pijat tradisional untuk kondisi keseleo sudah menjadi kebiasaan yang umum dilakukan. Namun, tidak seluruh jenis keseleo dapat diatasi dengan teknik memijat.

Teknik memijat yang salah tidak dapat membantu penyembuhan keseleo, melainkan justru dapat memperlambat proses penyembuhan. Maka dari itu, kita harus memperhatikan bagaimana kondisi dan jenis dari keseleo yang terjadi.

Prinsip Penanganan Pertama pada Keseleo

Untuk menghindari kondisi yang lebih buruk, keseleo dapat diatasi di rumah dengan prinsip PRICE. Pemberlakuan ini memerlukan waktu dua sampai 3 hari.

Protection

Upayakan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya cedera yang lebih berat. Berikan pertahanan utama untuk menjaga posisi pergelangan kaki dengan memberikan support.

Rest

Kurangi olahraga dan aktivitas fisik sehari-hari. Penggunaan tongkat untuk berjalan dapat membantu mengurangi pergerakan pada regio yang mengalami cedera. Serta atur cara berjalan agar tidak menumpu beban tubuh terlalu berat pada kaki yang mengalami cedera.

Ice

Berikan ice pack pada daerah yang mengalami pembengkakan selama 15-20 menit setiap dua sampai tiga jam. Gunakan handuk dalam pemberian ice pack untuk menghindari terjadinya ice burn.

Compression

Serupa dengan tujuan proteksi. Gunakan perban kompresi untuk membatasi pergerakan serta menekan pembengkakan.

Elevation

Sebisa mungkin menjaga bagian tubuh yang mengalami pembengkakan untuk berada di tingkat diatas jantung. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Apabila keseleo tidak kunjung sembuh dalam waktu yang cukup lama. Pasien dianjurkan untuk memeriksakan kondisi pergelangan kaki pasien untuk mengetahui penyebab dari nyeri dan pembengkakan yang terjadi.

Referensi:

  1. Sprains [internet]. Rochester: Mayo Clinic; [updated: 2018 Nov 28; cited: 2020 Jul 18]. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sprained-ankle/diagnosis-treatment/drc-20353231 
  2. Treatment, Sport Injuries [internet]. London: NHS UK; [updated: 2020 Mar 31; cited: 2020 Jul 18]. Available from: https://www.nhs.uk/conditions/sports-injuries/treatment/#:~:text=Minor%20injuries%2C%20such%20as%20mild,example%2C%20by%20using%20a%20support.