Waspada! Kenali Gejala Ambeien Pada Pria, Beserta Penyebabnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Dec 2021

Bagikan

Kenali Gejala Ambeien Pada Pria, Beserta Penyebabnya

Sudahkah Anda tahu apa gejala ambeien pada pria? Ambeien atau dikenal juga dengan wasir merupakan kondisi di mana terjadinya peradangan ataupun pembengkakan pada pembuluh darah sekitar anus. Pada umumnya, penderita ambeien akan merasakan berbagai rasa yang tidak nyaman sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gejala Ambeien Pada Pria

Lalu apa saja gejala ambeien pada pria? Pada dasarnya tidak terdapat perbedaan antara gejala yang dialami wanita dan pria. Hanya saja, wanita memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Berikut ini beberapa gejala ambeien pada pria yang perlu Anda ketahui. 

  1. Benjolan Pada Anus

Salah satu ciri khas dari ambeien, yaitu munculnya benjolan pada anus. Kondisi ini terjadi karena pembuluh darah yang ada di anus mengalami pembengkakan dan prolaps. Penyebab hal ini dapat terjadi yaitu karena kebiasaan mengejan yang terlalu keras sehingga benjolan ikut keluar. 

  1. Anus Bengkak

Gejala ambeien pada pria yang selanjutnya, yaitu anus bengkak. Hal ini disebabkan adanya tekanan yang besar ketika ngeden. Pasalnya, ngeden atau mengejan terlalu keras akan membuat saluran anus mendapatkan tekanan yang berlebih sehingga mendorong benjolan ambeien. Kondisi ini menyebabkan jaringan ikat yang harusnya menahan dan mendorong ambeien tetap pada tempatnya memerah dan membengkak. 

  1. Rasa Nyeri

Pada umumnya, penderita ambeien baik ambeien luar dan ambeien dalam akan mengalami rasa nyeri. Rasa nyeri yang dialami oleh penderita ambeien dalam kemungkinan disebabkan oleh prolaps. Prolaps dapat terjadi ketika benjolan yang ada di anus membengkak dan keluar dari anus. Benjolan yang keluar tersebut akan menyebabkan otot sekitar anus menjadi tidak nyaman.

  1. Berdarah Saat Buang Air Besar

Gejala ambeien pada pria yang terakhir, yaitu berdarah saat buang air besar. Keluarnya darah in berasal dari permukaan benjolan ambeien yang tergores oleh feses yang keras. Pada umumnya, gejala yang satu ini terjadi pada mereka yang mengalami kondisi sembelit parah.

Baca Juga: Harus Diwaspadai! Inilah Beberapa Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Penyebab Ambeien

Setelah mengetahui berbagai gejala ambeien pada pria maka selanjutnya adalah mengetahui mengapa ambeien bisa terjadi. Mengetahui penyebab ambeien ini dapat menjadi salah agar bisa terhindar dari ambeien.

  1. Duduk Terlalu Lama

Penyebab terjadinya ambeien yang pertama, yaitu duduk terlalu lama. Hal ini karena, saat Anda duduk terlalu lama maka pembuluh darah yang berada disekitar anus akan terisi banyak darah. Kondisi ini akhirnya membuat dingin pembuluh darah tertekan sehingga dinding pembuluh darah menjadi lebih besar. 

  1. Mengangkat Beban Berat

Penyebab ambeien pada pria yang selanjutnya, yaitu mengangkat beban yang berat. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya tekanan bagian rektum yang bisa mempengaruhi aliran darah, tentunya kondisi ini membuat  pembuluh darah menjadi bengkak. 

  1. Usia

Semakin tua umur maka risiko ambeien pun semakin meningkat. Hal ini karena pertambahan umur akan membuat pembuluh darah disekitar anus mulai menegang dan juga melemah. Sehingga wajar saja, semakin tua umur maka risiko ambeien pun semakin tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan sejak dini. 

  1. Sembelit Kronis

Penyebab ambeien yang selanjutnya, yaitu sembelit kronis. Pasalnya, penderita sembelit kronis memiliki feses yang mengeras dan sulit dikeluarkan. Ketika harus dikeluarkan maka dibutuhkan tenaga yang besar sehingga Anda pun harus mengejan dengan ekstra. Kondisi ini tentunya memicu terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah. 

  1. Menunda Buang Air Besar

Apakah Anda pernah menunda nunda buang air besar? Sebaiknya hentikan sekarang juga karena hal tersebut dapat memicu munculnya ambeien. Apabila Anda terbiasa menunda-nunda buang air besar maka feses kan menjadi lebih keras dan pergerakan usus semakin lambat. Kondisi ini hanya akan memicu terjadinya ambeien karena feses yang keras akan dinding pembuluh darah.

Nah itulah dia beberapa informasi mengenai gejala ambeien pada pria dan penyebabnya. Perlu diperhatikan, apabila ambeien yang Anda alami telah mengeluarkan darah saat buang air besar maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya, yaitu untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat dan sesuai.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mudah dan Efektif, Ini Dia Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

 

Sumber:

1. Mayo Clinic. Hemorrhoids.

2. Cleveland Clinic. Hemorrhoids.

3. Felman, Adam. 2017. What to know about hemorrhoids.

4. Jewell, Tim. 2021. Hemorrhoids.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi