Mudah dan Efektif, Ini Cara Mengobati Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Mudah dan Efektif, Ini Cara Mengobati Asam Lambung Naik

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengobati asam lambung yang naik ke kerongkongan? Asam lambung yang naik ke kerongkongan akan menimbulkan berbagai gejala yang membuat Anda tidak nyaman. Ketika Anda merasakan adanya gejala asam lambung, sebaiknya segeralah untuk mengobatinya. 

Mungkin beberapa dari Anda belum tahu bagaimana cara mengobati asam lambung yang naik ke kerongkongan. Namun  Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan dijelaskan mengenai berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengobati asam lambung yang naik ke kerongkongan. 

Cara Mengobati Asam Lambung

Ketika asam lambung naik ke kerongkongan akan menimbulkan gejala berupa sensasi terbakar di dada, pahit pada mulut, sendawa terus menerus, serta mual dan muntah. Ketika Anda mengalami kondisi ini, maka lakukan beberapa cara mengobati asam lambung di bawah ini. 

  1. Hindari Makan Berlebihan

Cara mengobati asam lambung yang pertama yaitu dengan menghindari makan berlebih. Pasalnya, ketika Anda makan dengan porsi yang berlebih, maka perut Anda akan kekenyangan. Kondisi ini hanya akan menimbulkan produksi asam lambung semakin banyak. Apabila Anda terbiasa makan dalam porsi yang banyak, sebaiknya ubah dengan makan dalam porsi kecil namun sering. Jadi, Anda akan tetap kenyang walaupun makan dalam porsi kecil sekalipun. 

  1. Turunkan Berat Badan

Berat badan berlebih atau obesitas merupakan salah satu penyebab naiknya asam lambung ke kerongkongan. Oleh karena itu, salah satu cara mengobati asam lambung yaitu dengan menurunkan berat badan. Pasalnya, berat badan berlebih akan membuat lemak yang ada di perut menekan perut sehingga memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Jadi, sebaiknya Anda segera menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan tidak hanya mengobati asam lambung, namun juga mencegah berbagai penyakit lainnya seperti diabetes. 

  1. Batasi Asupan Kafein

Cara mengobati asam lambung yang naik selanjutnya yaitu dengan membatasi asupan kafein. Pasalnya dalam sebuah studi menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi dapat melemahkan sfingter esofagus, sehingga meningkatkan risiko terjadinya refluks asam lambung. Oleh karena itu, ketika Anda mengalami gejala asam lambung sebaiknya hentikan terlebih dahulu konsumsi kafein.

Baca Juga: Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung 

  1. Konsumsi Jahe

Jahe merupakan salah satu obat herbal asam lambung yang bisa Anda gunakan. Pasalnya, di dalam jahe terutama jahe merah terdapat kandungan anti peradangan yang dapat meredakan rasa mual. Selain itu, jahe juga mampu menekan bakteri penyebab naiknya asam lambung karena memiliki sifat gastroprotektif. Cara menggunakan jahe merah sebagai obat herbal asam urat bisa Anda buat menjadi wedang jahe atau susu jahe. 

  1. Konsumsi Akar Marshmallow

Selain jahe merah, Anda juga bisa menggunakan akar marshmallow untuk mengobati asam lambung yang naik ke kerongkongan. Hal ini karena akar marshmallow memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan luka pada lambung dan juga tenggorokan. Tidak hanya itu, akar marshmallow juga dipercaya dapat melindungi lambung agar terhindari dari luka yang disebabkan asam lambung. 

  1. Kunyah Permen Karet

Ternyata mengunyah permen karet dapat menjadi salah satu cara dalam mengobati asam lambung. Pasalnya, ketika Anda mengunyah permen karena akan terjadi peningkatan air liur. Peningkatan air liur ini mampu membersihkan kerongkongan dari asam. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa permen karet memiliki kandungan bikarbonat yang dapat mengurangi tingkat keasaman yang ada di dalam tenggorokan. 

  1. Konsumsi Obat Asam Lambung

Cara mengobati asam lambung ketika naik yang terakhir yaitu dengan mengonsumsi obat asam lambung. Ketika Anda merasa gejala asam lambung tidak kunjung membaik, maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. Nantinya dokter akan  memberikan obat-obat asam lambung yang sesuai dengan kondisi Anda. Beberapa obat yang umumnya diresepkan oleh dokter yaitu obat antasida, PPI dan juga antibiotik. Ketika mengonsumsinya, wajib ikuti anjuran dari dokter. 

Nah, itulah dia beberapa cara mengobati asam lambung yang naik ke kerongkongan. Apabila gejala tidak kunjung mereda atau bahkan terjadi berulang kali, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, pastikan juga Anda menghindari beberapa makan yang dapat memicu asam lambung ketika sedang kambuh.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Gunakan Obat Herbal Asam Lambung Ini Ketika Kambuh

 

Sumber:

1. Caporuscio,  Jessica. 2020. How can you stop acid reflux?

2. Carey Elea. 2019. How to Get Rid of Heartburn.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi